Jaga Mobil Anda dari Maling dengan 4 Sistem Keamanan Tambahan ini

Share this post:
Jaga Mobil Anda dari Maling dengan 4 Sistem Keamanan Tambahan ini
Dengan semakin rentannya tindak kejahatan yang terjadi di seluruh dunia, membekali kendaraan dengan sistem pengaman tambahan perlu dilakukan. Sistem keamanan tambahan bisa mencegah pencurian serta membuat kendaraan menjadi susah untuk dibobol.

Dalam beberapa kasus pencurian kendaraan bermotor yang terjadi, kurangnya sistem keamanan menjadi salah satu penyebab mudahnya pencuri membobol dan melakukan pencurian. Meskipun produsen otomotif telah meningkatkan sistem keamanan kendaraan, berikut beberapa sistem keamanan tambahan yang bisa Anda pakai untuk menjaga kendaraan Anda.

1. Penghalang sinyal Faraday untuk key-fob

Meningkatnya perkembangan teknologi juga mengakibatkan penjahat semakin mencari akal untuk mematahkan sistem keamanan mobil, contohnya kunci keyless. Menurut pakar industri, 96% dari mobil baru rentan terhadap taktik penyusupan sistem mobil yang menggunakan keyless entry. Banyak sistem anti-pencurian mobil dapat dengan mudah dilewati dan dengan menggunakan perangkat sederhana, seperti RFID (Radio Frequency Identification).

Gambar yang menunjukan sebuah kunci keyless sebuah mobil yang sedang berada di atas dompet anti signal

Meskipun terkesan sepele, dompet ini mampu menghindari peretas mengambil alih mobil

Karena itu, menggunakan keyfob yang bisa berfungsi sebagai dompet dan penghambat sinyal bisa menangkal sistem peretas yang digunakan untuk mengambil alih mobil Anda. Penghambat sinyal adalah solusi berbiaya rendah yang baik untuk mencegah peretasan mobil ini bisa Anda beli dengan kisaran harga mulai dari Rp. 75 ribu, bahkan lebih murah.

>>> Kenali sistem keamanan mobil ketika Anda parkir

2. Kunci kemudi

Cara lain untuk mencegah pencurian adalah menggunakan kunci kemudi. Meskipun dianggap sebagai sistem keamanan gaya lama, tapi kunci kemudi bisa menjadi penghalang yang cukup ampuh terhadap teknik pencurian.

Gambar yang menunjukan sebuah kunci kemudi yang sedang mengunci setir mobil

Kunci kemudi bisa membuat penjahat urung melaksanakan niatnya

Pertama kali dibuat dan langsung mendapatkan kepopuleran pada tahun 1980an dan 90an, kunci kemudi masih menjadi cara yang sangat efektif untuk menghalangi pencurian. Tidak mahal, tapi efektif. Kunci kemudi saat ini bisa dibeli dengan harga Rp. 100 Ribuan untuk yang biasa dan mulai dari Rp. 200 Ribuan untuk kunci kemudi yang sudah bagus,

3. Sistem pelacak

Memasang sistem pelacak pada mobil bisa menjadi pembeda antara hilangnya mobil atau melihatnya lagi. Sistem pelacak sangat berguna untuk melacak kembali mobil yang dibawa oleh pencuri dengan bantuan GPS, sehingga persentase kendaraan ditemukan menjadi lebih besar.

Gambar yang menunjukan sebuah smartphone yang sedang melacak mobil truk

Sistem pelacak bisa menentukan posisi kendaraan Anda

Sistem pelacak langsung berfungsi sesaat setelah mobil Anda dicuri atau beberapa waktu ketika Anda baru tersadar bahwa mobil Anda sudah tidak ada. Meskipun mobil Anda sudah menghilang selama beberapa hari, masih adanya pelacak yang terpasang di mobil akan memudahkan Anda menemukan mobil Anda. Dengan harga mulai dari Rp. 250 ribuan, mobil Anda selalu berada dalam bayang-bayang GPS.

>>> Tips perawatan lainnya bisa Anda dapatkan disini

4. Dashcam

Bagi yang sering menonton aksi kejar-kejaran polisi Amerika atau kejadian tabrakan di jalanan mungkin sudah tidak asing lagi dengan dashcam. Sama seperti CCTV, dashcam memiliki kegunaan untuk merekam semua kejadian yang terjadi di depan mobil. Hasil rekaman bisa Anda dapatkan dengan melihat sistem memori dashcam atau langsung terhubung ke internet.

Beberapa alasan Anda harus menggunakan dashcam

Dashcam memiliki keunggulan utama yaitu mencegah terjadinya penipuan dimana pejalan kaki atau pengendara sepeda dengan sengaja menabrakan diri ke mobil untuk meminta ganti rugi. Mulai dari Rp 250 Ribuan, Anda bisa memasang dashcam ke kaca depan dan merekam kejadian yang terjadi di depan mobil Anda.

Mencegah terjadinya tindak pencurian maupun kecelakaan yang mengancam jiwa perlu dilakukan untuk keselamatan diri sendiri. Menggunakan sistem keamanan tambahan bisa membantu Anda sebagai pencegah tindak kejahatan. Biasanya, pencuri akan mengurungkan niatnya ketika melihat adanya sistem keamanan yang ditambahkan untuk mobil.

>>> Dapatkan tips otomotif lainnya disini

Share this post:
 
back to top