Jaga Kondisi Power Steering, Perhatikan Lima Hal Ini

03/01/2020

Perawatan dan service

3 menit

Share this post:
Jaga Kondisi Power Steering, Perhatikan Lima Hal Ini
Power steering kini sudah jadi fitur wajib pada mobil keluaran terbaru, masalah pada komponen ini akan sangat menyulitkan pengendara ketika mengemudikan mobil. Agar kondisi power steering selalu prima, perhatikan lima hal ini.

Jadi fitur krusial pada mobil modern, power steering hadir untuk meringankan kerja pengemudi saat memutar setir. Khususnya saat mobil dalam kondisi statis, atau ketika ingin memarkirkan kendaraan.

>>> Tindakan preventif ini dapat membuat umur power steering panjang, apa saja?

Jika kondisi power steering bermasalah, setir akan terasa sangat berat dan akan menyulitkan pengemudi saat mobil diam atau saat ingin melakukan parkir. Agar kondisinya selalu prima, perhatikan lima hal ini.

1. Hindari jalanan rusak

Kondisi jalan yang rusak dan berlubang

Jalan berlubang bisa menggangu kinerja power steering

Pertama-tama, sebisa mungkin hindari jalanan rusak dan berlubang. Karena guncangan keras seperti itu dapat menggangu, bahkan merusak beberapa komponen power steering seperti poros rack steer atau boot rack steer.

Jika memang harus melewati jalan rusak, usahakan kecepatan mobil tidak terlalu tinggi agar tidak menghantam lubang terlalu keras dan membuat kinerja power steering terganggu.

>>> Temukan pilihan mobil dengan kondisi dan harga terbaik di sini

2. Jangan putar setir secara penuh dalam waktu lama

Posisi setir mobil yang tidak lurus

Setir yang diputar dalam jangka waktu lama akan menambah beban power steering

Selain itu, jangan putar setir secara penuh dalam waktu lama. Ini biasanya terjadi ketika terjebak macet di jalanan berbelok, atau saat sedang parkir. Memutar setir terlalu lama akan menambah beban pada power steering, karena berisiko meningkatkan suhu serta merusak karet pada sistem hidrolik.

3. Hindari jalanan banjir

Selain jalan rusak, ada baiknya hindari juga genangan air, atau banjir. Beberapa komponen power steering elektrik (EPS) banyak yang menggunakan kelistrikan, dan  akan rentan bermasalah jika terkena atau terendam air.

>>> Tips & trik perawatan mobil lainnya bisa dilihat di sini

4. Perhatikan tekanan angin dan ban

Memeriksa tekanan angin ban mobil

Tekanan angin yang tidak sesuai juga dapat membuat kerja power steering semakin berat

Ban yang kurang angin juga dapat membuat beban kerja power steering jadi semakin berat, baik itu power steering hidrolik. Untuk itu, sebelum berkendara perhatikan tekanan angin ban mobil Anda terlebih dahulu.

5. Lakukan pengecekan rutin

Last but not least, Anda juga harus melakukan pengecekan rutin di bengkel resmi atau bengkel langganan Anda untuk mengantisipasi kerusakan power steering yang bisa terjadi secara mendadak. Jika selalu dirawat dan dicek secara rutin, kondisi power steering akan selalu prima dan akan memperpanjang usia pemakaiannya.

>>> Tips & trik otomotif lainnya hanya ada di Cintamobil.com

Share this post:
Bergabung di Cintamobil sejak 2019, Derry adalah seorang penyuka kecepatan tulen. Pengalaman di salah satu situs motorsport global membuatnya khatam soal dunia balap. Masih mengejar gelar Sarjana, Derry juga sering memacu adernalin dengan go-kart.

Berita lain

Kenapa Posisi Setir Mobil Wajib Lurus Saat Parkir, Ini Jawabannya

07/12/2019

Pengemudian

3 menit

Saat ini dikenal terdapat dua jenis power steering pada setir mobil yang paling populer digunakan. Pertama hidrolik atau sistem konvensional dan kedua elektrik.

Lihat juga

Selain Demi Keselamatan, Ini Posisi Tangan di Setir Mobil yang Baik Buat Kesehatan

27/11/2019

Pengemudian

5 menit

Anda wajib mengetahui posisi tangan di setir mobil yang baik untuk kesehatan. Karena ternyata hal ini berhubungan juga dengan keselamatan Anda selama berkendara.

Lihat juga

Setir Terasa Bergetar? Cek 5 Komponen Ini

14/10/2019

Perawatan dan service

4 menit

Getaran pada setir saat berkendara tak hanya sangat mengganggu namun juga bisa menjadi tanda bahwa ada yang tidak beres pada komponen suspensi Anda. Untuk itu cek komponen berikut ini saat Anda mulai merasa setir bergetar.

Lihat juga

Gejala Kerusakan Power Steering Elektrik Serta Penyebabnya

01/01/2020

Perawatan dan service

3 menit

Hadir sebagai fitur yang memudahkan pengemudi, teknologi power steering berkembang dengan hadirnya fitur EPS (Electronic Power Steering). Jauh lebih modern, apa saja gejala serta penyebab kerusakan power steering elektrik?

Lihat juga

Cara Memeriksa dan Menambah Oli Power Steering

21/08/2017

Perawatan dan service

2 menit

Semua mobil memiliki sistem power steering hidrolik yang membantu pengemudi untuk memutar setir dengan ringan. Jadi pemilik harus selalu ingat memeriksa ketinggian oli power steering dan menambahkannya kalau diperlukan

Lihat juga