Jaga Kesehatan Mobil Selama #DiRumahAja

12/05/2020

Perawatan dan service

3 menit

Share this post:
Jaga Kesehatan Mobil Selama #DiRumahAja
Lama tidak dipakai berkendara dan hanya di parkir #DiRumahAja bisa membuat mobil rusak. Perhatikan hal-hal berikut agar kesehatan mobil tetap terjaga!

Tidak seperti Ramadhan tahun sebelumnya dimana terjadi peningkatan aktivitas persiapan lebaran hingga mudik ke kampung halaman, Ramadhan tahun ini kita harus lebih banyak di rumah. Pandemi virus Corona (COVID-19) mengikuti anjuran pemerintah dan melaksanakan kebijakan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB).

Salah satu efek dari kebijakan PSBB yaitu mobil jarang dipakai, bahkan tidak terpakai dalam waktu lama. Itu bikin hemat biaya operasional bahan bakar. Namun salah jika Anda beranggapan mobil tak pernah dipakai lama tidak akan rusak. Justru karena tidak dipakai akan muncul beragam masalah baru, seperti aki soak, ban kempes, hingga masalah rem cakram.

Berikut beberapa tips penting menjaga kesehatan mobil selama #DiRumahAja!

1. Jaga kebersihan mobil

Pastikan mobil selalu terjaga kebersihannya, baik bagian eksterior dan interiornya. Cuci bila perlu kalau terlalu kotor dan dekil. Sedangkan di bagian interior, bersihkan kabin dari berbagai sampah, kotoran, hingga remah makanan.

Foto sedang mencuci mobil

Meski jarang dipakai mobil harus dijaga kebersihannya

2. Cek kondisi area sekitar mesin

Lihat apakah ada tanda-tanda area tersebut menjadi sarang hewan pengerat seperti tikus mengingat hewan tersebut rawan merusak komponen kelistrikan seperti kabel.

3. Jalankan mobil sejenak

Sempatkan untuk menjalankan mobil walau sejenak, misalnya keliling komplek atau di sekitar rumah. Tujuannya agar profil tapak ban yang sudah lama diam kembali normal karena berganti area tumpuan. Selain itu menjalankan mobil berguna mengecek fungsi komponen-komponen penting seperti power steering, fungsi rem, fungsi kelistrikan meliputi lampu-lampu, wiper, power windows dan audio sistem.

Masih ada lagi manfaat yang lain, menjalankan mobil berguna untuk mengetahui seberapa normal kinerja AC mobil. Angin masih berhembus normal atau tidak, kabin masih dingin atau tidak.

>>> Ngabuburit #DiRumahAja Pastikan Aki Mobil Anda Prima

Foto menunjukkan saat mengemudi

Sesekali, bawa mobil jalan-jalan untuk menjaga kesehatan mobil Anda

Cara-cara di atas sederhana untuk dilakukan, tapi bermanfaat besar dalam menjaga kesehatan mobil selama #DiRumahAja. Masih ada cara lain?

>>> Tips & trik menarik lainnya Anda bisa temukan disini!

Share this post:
Penulis
Satu-satunya anggota redaksi yang berbasis di Jawa Tengah. Bergabung di Cintamobil.com sejak 2017 sebagai Content Writer. Saat ini, kerap menulis berbagai informasi seputar lalu lintas dan perkembangan transportasi di Indonesia.

Berita lain

Masih Bingung DFSK Mobil Buatan Mana? Ini Penjelasan Lengkapnya

10/05/2020

Jual beli

8 menit

Mungkin Anda satu dari beberapa orang yang kerap menanyakan DFSK mobil buatan mana sih? Nah kali ini ada penjelasan lengkapnya termasuk kelebihan mobil ini nih!

Lihat juga

Car Care Kit Auto2000 Buat yang Ingin Merawat Mobil Saat #DiRumahAja

10/05/2020

Perawatan dan service

5 menit

Ketika bingung ingin melakukan perawatan kednarana tapi tidak ada alat yang emmadai, maka bisa dicoba Car Care Kit Auto2000 yang produknya cukup lengkap.

Lihat juga

Program Lebaran Scuto: Pembelian Paket Laminating Mobil Gratis Layanan Glass Coating

09/05/2020

Event - Promosi

5 menit

Scuto Indonesia menggelar program lebaran 2020, yakni dengan melakukan program pembelian paket laminating mobil gratis layanan glass coating, begini caranya

Lihat juga
 
back to top