Jadi Desain Khas BMW, Darimana Asal Desain Gril Kidney Milik BMW?

05/04/2019
Ini adalah salah satu fitur paling unik di dunia otomotif, desain abadi yang mengidentifikasi BMW sebagai BMW. Dikenal dengan nama yang berarti ginjal, desain gril kidney menjadi andalan semua BMW selama lebih dari 85 tahun.

BMW terbaru yang menampilkan desain khas gril kidney adalah X7 yang baru saja diluncurkan. Menunjukan SUV besar yang garang dengan tampilan depan masih menggunakan ‘gril ginjal’ yang terkenal. Tetapi dari mana desain gril kidney berasal? Untuk mengetahui hal tersebut kita harus kembali ke Bruchsal, sebuah kota kecil di Jerman selatan, sekitar 300 km barat Munich.

gril depan BMW Seri 8 berwarna biru

Menjadi bagian dari BMW, sejarah gril kidney berawal 85 tahun lalu

Cerita awal tentang sejarah gril khas BMW ini sepertinya tanpa jawaban pasti. Namun berdasarkan cerita yang berkembang, sejarah gril kidney tampaknya dimulai di Bruchsal pada tahun 1930 ketika dua bersaudara Rudolf dan Fritz Ihle memulai bisnis ‘pembinaan’ mobil mereka.

>>> 5 Modifikasi Mobil Bekas untuk Angkat Performa

Model bisnis mereka sederhana. Lihat mobil dan desain yang ada, dan bukan badan yang lebih baik untuk mereka. Mobil-mobil donor mereka dating dari berbagai model, mulai dari Dixi, Ford, Fiat, DKW, dan Steyr. Dan Dixi-lah yang menarik untuk kisah ini.

mobil klasik Austin 7 berwarna cokelat

Austin 7 yang dikembangkan oleh Austin Motor Company

Sejarah BMW sebagai produsen mesin pesawat terbang dan sepeda motor sebelum mengarah ke industri mobil terdokumentasikan dengan baik. Perluasan tersebut terjadi pada tahun 1928, ketika BMW membeli Automobilwek Eisenach yang sedang berjuang, sebuah perusahaan yang bekerja sama dengan Austin Motor Company untuk membangun model Austin 7 yang populer kala itu, Dixi 3/15.

>>> Dapatkan semua mobil BMW dengan penawaran menarik hanya di sini

Sementara itu, Ihle bersaudara terus merancang dan membangun bodi untuk BMW Dixi 3/15 yang lebih ramping dan lebih bergaya daripada yang ditawarkan oleh mobil donor. Dan salah satu fitur yang paling khas dari mobil tersebut dikenal sebagai Ihle Sport Typ 600 adalah gril bifurkasi, alias gril ginjal.

Ihle Sport Typ 600 berwarna biru

Ilhe Sport Typ 600 mendapatkan gril kidney di bagian depan

Meskipun dibangun di atas BMW 3/15 yang diproduksi pada 1929, namun penampilan pertama desain ginjal baru diperkenalkan pertama kali pada tahun 1934, pada saar BMW 303, mobil pertama yang dirancang dan dibangun oleh BMW diperkenalkan pertama kali kepada publik pada Berlin Motor Show 1933.

>>> Temukan informasi seputar teknologi otomotif terlengkap disini

Namun tampaknya tidak ada seorang pun yang 100% yakin dengan sejarah ini. BMW pun tidak pernah menyebutkan asal-usul desain gril kidney dalam sejarah perusahaannya. Namun menekankan bahwa BMW 303 adalah mobil pertama yang menampilkan ‘gril ginjal’.

BMW 303 berwarna hitam dan cokelat

BMW 303 yang pertama kali menampilkan 'gril ginjal' milik BMW

Ihle bersaudara meninggalkan bisnis otomotif pada 1940-an. Namun bisnis mereka masih berkembang hingga saat ini. Masih berbasis di kota Bruchsal, hari ini Fahrzeugbau Ihle memproduksi mobil dan wahana untuk taman hiburan. Sedangkan gril yang khas dan mungkin dirancang oleh Ihle menjadi bagian dari setiap BMW.

>>> Baca tips Cintamobil.com lainnya hanya ada di sini!

Padli Nurdin

Ulasan anda

Apakah artikel ini bermanfaat untuk Anda?
0

berita lain