Isi Cairan Wiper, Sebaiknya Jangan Hanya Sekadar Air

03/07/2019

Perawatan dan service

4 menit

Share this post:
Isi Cairan Wiper, Sebaiknya Jangan Hanya Sekadar Air
Anda pasti pernah mendapati kaca mobil tiba-tiba terkena kotoran saat berkendara. Untuk membersihkannya tentunya Anda butuh wiper yang ditunjang dengan cairan wiper. Nah cairan ini sebaiknya jangan hanya sekedar air.

Selain wiper mobil, cairan wiper juga sama pentingnya untuk mempersihkan permukaan kaca. Dengan bantuan cairan inilah kaca yang kotor atau terkena noda saat berkendara bisa dibersihkan.

>>> Apakah Perlu Mencuci Mobil Setiap Kali Terkena Air Hujan?

Namun terkadang para pemilik mobil hanya menggunakan cairan wiper dengan air bening. Airnya bisa bersumber dari air bak kamar mandi, air yang mengalir pada keran di pemukiman, atau air mineral kemasan. Padahal air saja tidak cukup lho untuk membantu wiper mobil membersihkan kotoran pada kaca.

Pakai Cairan Khusus Wiper

mengisi cairan wiper mobil

Sebaiknya gunakan cairan yang khusus untuk wiper kaca mobil

Para pengguna mobil, sebaiknya memakai cairan yang khusus diperuntukkan bagi wiper saat akan mengisi water wiper resevoir. Karena biasanya cairan khusus ini sudah mengandung zat-zat tambahan untuk membersihkan permukaan kaca.

>>> Promo menarik mobil baru ada disini

Cairan khusus tersebut, rata-rata sudah mampu untuk mengangkat kotoran, debu, maupun minyak yang menempel pada permukaan kaca. selain itu cairan tetap akan melindungi permukaan kaca sehingga tidak timbul lumut atau goresan saat wiper digunakan.

cairan wiper pada tank

Selalu cek kondisi carian wiper

Sementara kalau cairan wiper hanya menggunakan air, maka sisa-sisa air pada sela-sela karet kaca atau frame wiper, akan menimbulkan lumut yang pada nantinya akan merusak kaca atau wiper. Jangan juga terlalu banyak gunakan campuran air dan sabun, karena sisa sabun akan menbuat frame wiper korosi dan karet wiper rusak.

Yang perlu diperhatikan lainnya adalah selalu memeriksa kondisi cairan wiper pada wiper tank di mobil Anda. Pastikan kondisi cairan masih menunjukkan pada batas maksimal. Jika kurang, maka langsung isi kembali dengan cairan khusus agar cairan tidak habis saat akan digunakan. Kalau sekiranya cairan sudah kotor dengan indikasi cairan berwarna keruh, maka langsung ganti dengan cairan yang baru.

>>> Baca tips & trik menarik lainnya disini

Share this post:
Penulis
Sudah menulis di media online sejak 2009, Pras sangat berpengalaman di bidang otomotif. Pria penggemar mobil modifikasi ini sudah mencicipi berbagai jenis mobil, mulai LCGC hingga Hypercar. Ia menjadi anggota tim redaksi Cintamobil.com sejak 2019.

Berita lain

Kaca Mobil Berembun Saat Hujan, Hilangkan Dengan 4 Cara Ini

29/01/2019

Perawatan dan service

4 menit

Salah satu faktor keselamatan berkendara adalah adanya area pandang atau visibilitas yang baik. Kaca mobil berembun di saat hujan bisa menjadi masalah sebab bisa membuat visibilitas pengemudi terganggu. Tapi jangan khawatir, hal ini bisa ditangani dengan mudah asal Anda tahu caranya.

Lihat juga

Cara Menyetir Mobil Saat Hujan

28/04/2017

Pengemudian

Pastikan ketinggian air, segera matikan mesin jika jalan di depan penuh dengan air, tutup ujung knalpot dan ganjal dengan jack stand, jangan langsung menyalakan mesin jika mobil terendam adalah cara membantu Anda selamat menyetir mobil saat hujan.

Lihat juga

Mengoptimalkan Defogger: Awas Jangan Sampai Lupa Mematikannya

16/04/2018

Perawatan dan service

6 menit

Musim hujan akan segera datang, dan salah satu yang mengganggu pengemudian kaca depan berkabut yang penuh dengan kondensasi ketika kita mulai menghidupkan mobil. Mengoptimalkan defogger merupakan salah satu cara yang bisa Anda lakukan untuk mempermudah menghilangkan kabut membandel pada kaca.

Lihat juga

Review Suzuki Swift Sport 2013, Calon Mobil The Most Collectible Item In Indonesia?

09/06/2019

Editor rate:

Mobil ini didatangkan bulat-bulat dari Jepang oleh PT Suzuki Indomobil Sales di tahun 2013 demi mendongkrak image Suzuki Sport di Indonesia. Karena saat itu harga jualnya mahal dan diatas Rp 300 juta, tak heran mobil Suzuki Swift Sport 2013 ini hanya berhasil laku 24 unit saja di Indonesia. Lantas, bagaimana pendapat kami mengenai mobil ini?

Lihat juga

Harga mobil Panther terbaru Januari 2021 & Promosi

01/01/2021

Isuzu

Tentu nama Isuzu Panther masih dikenal di benak masyarakat Indonesia. Terutama ketika diperkenalkan pada tahun 1991 lalu dan mengusung tema “Rajanya Diesel”. Kemampuan yang handal serta irit bahan bakar, menjadikan mobil ini sempat melegenda di pasar otomotif tanah air. Diberikan penyegaran tahun 2013 lalu, kira-kira bagaimana kabar serta harga Isuzu Panther ini?

Lihat juga
 
back to top