Mari Bersihkan Interior Mobil Sembari Menunggu Buka Puasa

20/04/2021

Perawatan dan service

2 menit

Mari Bersihkan Interior Mobil Sembari Menunggu Buka Puasa
Untuk mengisi waktu menunggu berbuka, ada beberapa cara bersihkan interior mobil yang bisa Anda lakukan.

Menunggu waktu berbuka puasa alias ngabuburit, baiknya memang melakukan kegiatan yang bermanfaat. Salah satu kegiatan bermanfaat yang bisa dilakukan adalah membersihkan interior mobil yang Anda miliki agar tetap nyaman saat digunakan. Saat berpuasa, sebagian orang mungkin mengurangi mobilitas berkendaranya sehingga terkadang kebersihan interior mobil luput dari perhatian. 

Biasanya kotoran yang sering dijumpai di dalam mobil adalah bekas rokok, remah-remah makanan, ataupun karpet mobil yang lembab. kalau tak dibersihkan bau tidak sedap bakal muncul dan mengganggu kenyamanan berkendara.

Lalu bagaimana cara membersihkan interior mobil yang benar?

Mulai dari alas

karpet mobil adalah step pertama dalam pembersihan interior

Karpet mobil adalah langkah pertama dalam pembersihan interior 

Tips bersihkan interior yang pertama adalah mulai dari bagian alas atau karpet mobil. Karpet yang lembab akan menyebabkan bau tidak sedap pada mobil. Keluarkan karpet-karpet pada mobil, cuci dengan air mengalir, beri cairan pembersih dan jangan lupa untuk menyikatnya. Jemur hingga benar-benar kering. Sebelum memasang karpet kembali, gunakan vacuum atau sikat untuk membersihkan alas kabin pada mobil.

Membersihkan dasbor

Pentingnya membersihkan dashboard mobil

Dashboard mobil perlu dibersihkan saat membersihkan interior 

Selanjutnya membersihkan bagian dasbor. Gunakan kain bersih dan kering serta cairan pembersih untuk mengelap bagian dasbor. Sebaiknya gunakan kain berbahan microfiber agar tidak merusak permukaan dasbor. Untuk bagian di sudut-sudut dasbor bisa gunakan kuas kecil agar lebih mudah membersihkannya.

>>> Meski Praktis, Ada Bahaya Meletakkan Barang Di Atas Dashboard

Bersihkan lapisan jok mobil

Tips bersihkan interior berikutnya adalah lapisan jok. Untuk membersihkan lapisan jok, sesuaikan jenis lapisan jok pada mobil Anda apakah kulit atau bahan kain. Jika menggunakan lapisan kain bersihkan permukaan jok terlebih dahulu baru kemudian seka dengan lap yang dibasuh air hangat secara perlahan. Baru kemudian seka dengan lap kering. 

Sedangkan bila menggunakan lapisan kulit, lap bagian jok menggunakan cairan pembersih khusus jok berbahan kulit. Lakukan dalam keadaan pintu mobil terbuka agar jok cepat kering.

>>> Bahayakah Membersihkan Mobil Pakai Antiseptik untuk Cegah Virus Corona?

Plafon mobil

Selanjutnya ke bagian plafon mobil. Perlu kehati-hatian ketika membersihkan bagian plafon mobil karena bahan pelapis plafonnya yang rentan rusak dan sobek. Seperti jok, sesuaikan jenis lapisan plafon pada mobil, apakah berbahan beludru atau kain berserat. Masing-masing ada caranya. 

Membersihkan plafon mobil dengan vacuum cleaner

Membersihkan plafon mobil dengan vacuum cleaner

Jika berbahan beludru, gunakan cairan khusus pembersih interior mobil. Semprotkan sedikit pada lap microfiber. Lalu usapkan searah pada plafon baru kemudian seka lagi menggunakan lap microfiber lain yang masih kering. Sedangkan jika berbahan kain, cukup gunakan lap microfiber yang telah dibasahi air dan cairan pembersih. 

Perhatikan filter AC

Membersihkan filter AC

Membersihkan filter AC untuk menjaga kenyamanan interior 

Tips membersihkan bagian dalam mobil yang terakhir yakni perhatikan kondisi filter AC. AC yang kotor akan menyebabkan bau tidak sedap pada mobil. Bersihkan filter AC dengan sikat agar udara bersih dalam mobil tetap terjaga. Jangan ragu untuk mengganti filter AC dengan yang baru  jika dirasa sudah tidak berfungsi dengan baik. Cek juga komponen evaporator AC. Penyebab lain AC mobil menimbulkan bau yang tidak sedap adalah komponen evaporator yang kotor dan berlendir. 

>>> Agar Interior Lebih Segar, Yuk Bersihkan Kisi-Kisi AC

Menyukai dunia menulis di bangku SMP hingga serius menggeluti dunia SEO sejak tahun 2011. Penggemar berat FC Barcelona, konser musik, dan eksplorasi alam, kini menulis SEO di Cintamobil.com sejak Maret 2021.
 
back to top