Inspirasi Civic Nouva Modifikasi, Dari Retro Hingga Milik 'Dilan'

21/10/2021

Perawatan dan service

4 menit

Share this post:
Honda Civic Nouva modifikasi jamak ditemukan, dengan tampilan bergaya widebody, desain retro, serta peningkatan performa racing yang bisa menjadi inspirasi.

Model yang terkenal pada medio 1990-an ini memang tak lekang oleh zaman. Honda Civic Nouva modifikasi masih sering terlihat, setidaknya di skena modifikator Tanah Air. Modelnya klasik dan spare part yang masih banyak ditemukan menjadi salah satu alasan popularitas mobil ini. Disebut juga dengan Honda Civic EF, mari kita intip beberapa inspirasi Civic Nouva modif berdasarkan pengalaman perawatan dan servis mobil di bawah ini.

Gaya Retro

Retro style is back. Termasuk fashion, tampilan retro kembali muncul dan digemari oleh lintas generasi. Tak sedikit penggemar mobil klasik atau mobil tua ingin mempertahankan kesal original dengan menampilkan modifikasi gaya retro. Salah satunya terlihat dari modifikasi milik Sendy Rachmawanto yang dilansir oleh kustomfest.com ini.

Sendhy menyebutkan bahwa modifikasi yang diberikan pada Civic EF keluaran tahun 1990 ini merupakan penyegaran yang signifikan. Pasalnya ia menjelaskan bahwa mobil ini berada dalam kondisi 50% ketika ia dapatkan. Karena itu, Civic Nouva modifikasi ini mengalami kustom eksterior, interior, mesin, audio, dan undercarriage.

Civic Nouva retro berwarna abu-abu
Civic Nouva modifikasi gaya retro dengan kelir abu-abu

Bagian luar dibuat mulus dengan kelir berwarna abu-abu. Lengkapi dengan lampu depan kotak dan aksen hitam yang masih dipertahankan pada mobil ini. Bagian interior modif Honda Civic ini menggunakan model semi bucket untuk menawarkan tampilan yang lebih sporty.

Bagian mesin mendapatkan peningkatan untuk menyesuaikan dengan kondisi saat ini, termasuk menggunakan mesin milik Civic Ferios 1997 yang lebih bertenaga. Sedangkan pengerjaannya membutuhkan waktu 2 tahun, jelas Sendhy. Hal ini dikarenakan beberapa part aftermarket asli Jepang, atau JDM (Japan Domestic Market) memiliki harga yang cukup mahal.

>>> Begini Referensi Modifikasi Mobil Civic Biar Makin Kece

Interior klasik dan velg racing

Demam Civic Nouva juga terpampang pada tunggangan aktor remaja yang sudah beranjak dewasa, Iqbaal Ramadhan. Pemeran Dilan dalam film trilogi Dilan ini ternyata juga menggunakan model Civic Nouva keluaran tahun 1990. Bahkan ia tak segan-segan memperlihatkan bagaimana ia memodifikasi mobil yang diberi nama Geulis tersebut.

Video yang diunggah pada akun YouTube aktor berusia 21 tahun tersebut memperlihatkan bagaimana ia mengganti velg Civic Nouva miliknya. Ia menggantinya dengan velg white sport courage R14 demi menghadirkan tampilan racing pada mobil lawas ini.

Sedangkan di bagian dalam, Iqbaal sepertinya tak melakukan ubahan banyak demi mempertahankan tampilan klasik mobil ini. Head unit standar yang dibuat clean tanpa banyak perubahan. Namun kenyamanan di dalam kabin ditingkatkan, dimana ia menggunakan kursi Recaro LX yang menawan.

Ubahan mesin untuk performa racing

Modifikasi baru dari Ricky Dianto ini mengubah Honda Civic Nouva jadul sebagai monster di trek balap. Dilansir dari Interport Auto, Ricky menyebutkan bahwa pemilihan Civic Nouva dilakukan karena mobil ini merupakan sedan front-wheel drive yang ditakuti di arena balap dan sudah mendapatkan suspensi double wishbone demi handling yang mengagumkan.

Ubahannya dimulai dari suspensi baru untuk meningkatkan handling dan performa. Selanjutnya, Ricky melakukan swap mesin dengan memasukkan mesin K20 milik Honda Civic Type R 2007. Bukan hanya mesin, tapi elektrikal, harness, ECU, hingga AC dibawa utuh ke Civic Nouva. Hal ini dilakukan karena sistem wiring dari Civic FD2 Type R sudah menggunakan teknologi CAN bus yang terintegrasi.

Ini pula yang harus diperhatikan jika Anda melakukan modifikasi mesin maupun kelistrikan. Pasalnya masalah pada kabel maupun instalansi yang setengah-setengah berpotensi mengakibatkan malfungsi maupun kerusakan mesin yang lebih besar di kemudian hari. Tentu saja hal ini membuat pengerjaan menjadi lebih rumit dan butuh kehati-hatian tinggi.

Civic Nouva widebody

Tampilan gagah dari Civic Nouva modifikasi ini diperkenalkan pada ajang Indonesia Modification Expo (IMX) 2020 silam. Ini adalah body kit yang dirilis oleh Musa Tjahjono, Head of Designer dari West Coast Custom dengan Pengepul Mobil. Menghasilkan Civic Nouva yang menawan bertajuk 9000 Miles Collaboration.

Honda Civic Nouva modifikasi berwarna abu-abu
Civic Nouva modifikasi dengan gaya widebody

Jacky Suwandi dari Pengepul Mobil mengungkapkan bahwa mobil ini menggunakan desain 2D hingga 3D untuk mempertahankan originalitas bodykit Civic Nouva. Ubahan yang diberikan terdapat pada front lip, bumper depan dan belakang, side skirts, wide body fender dan fender belakang. Suspensinya menggunakan coilover Aragosta di depan dan Bodycon di belakang.

Ia menyebutkan ubahan pada bagian mesin menggunakan swap engine melalui mesin Honda K20 type R yang ditemukan pada Accord Euro. K20 yang sudah berteknologi i-VTEC mendapatkan proses alur dari cam variable ke camshaft masukin, termasuk katup pembuangan. Bagian head knalpot juga diubah dengan konfigurasi 4-2-1.

Harga Honda Civic Nouva

Civic Nouva memang sudah berumur 30 tahun, sehingga mobil ini dibanderol cukup terjangkau dibandingkan edisi terbarunya. Sebelumnya, mobil ini bisa didapatkan dengan banderol mulai dari Rp 30 jutaan hingga Rp 45 jutaan.

Namun berkat popularitas yang semakin tinggi, ditambah dengan meningkatkan harga mobil bekas di Indonesia, banderol Civic Nouva pun ikut terdongkrak. Harga untuk model tahun 1988 saat ini bisa didapatkan mulai dari Rp 45 jutaan hingga Rp 55 jutaan. Sedangkan harga Civic Nouva 2 pintu keluaran tahun 1990 dibanderol dengan harga mulai dari Rp 50 jutaan hingga Rp 60 jutaan.

Berdasarkan tips merawat dan servis mobil, untuk memiliki mobil ini, jangan lupa untuk mempersiapkan dana tambahan guna memperbaiki komponen-komponen maupun spare part yang sudah termakan usia. Beberapa part yang kemungkinan besar patut diperhatikan yaitu bagian mesin hingga kaki-kaki yang bisa dibilang cukup mahal.

Pertanyaan Sering Diajukan

Berapa harga Honda Civic terbaru di Indonesia?
Harga Honda Civic dimulai dari Rp 512 jutaan untuk model hatchback sebagai model termurah, dan Civic Type R sebagai model termahal dibandarol Rp 1,2 miliar.
Berapa harga Honda Civic Nouva bekas saat ini?
Sebelumnya mobil ini bisa didapatkan dengan banderol Rp 30 jutaan saja. Tapi harga Honda Civic Nouva bekas meningkat hingga dalam kisaran Rp 40 jutaan hingga Rp 60 jutaan.
Apa saja model Honda Civic saat ini?
PH Honda Prospect Motor meluncurkan tiga model Honda Civic, yaitu Civic Hatchback, Civic Turbo, dan Civic Type R sebagai model termahal.

Pria asal Minang ini menjadi salah satu tim pelopor eksistensi Cintamobil.com di Indonesia dan bergabung sejak 2017. Dengan bekal ilmu SEO yang mumpuni, Padli menjadi salah satu spesialis SEO di Cintamobil.com.

Pertemuannya dengan Cintamobil terjadi pada Oktober 2017, kala Auto Portal sedang mencari penulis-penulis baru untuk mengisi laman berita dan tips di website Cintamobil.com. Masih berkutat dengan kepenulisan, ia mencoba ranah baru; yaitu menulis di bidang otomotif dengan pengetahuan yang bisa dibilang minim.
Mempelajari dunia otomotif memang bukan hal mudah. Tapi sedikit demi menggali informasi dan mulai mengenal penggiat dan media otomotif yang selalu memberi masukan, hingga akhirnya ia mengarungi lebih dalam dunia ‘petrolhead’ ini. Dan bulan demi bulan berlalu. Dari feelance, Padli akhirnya resmi bergabung dengan Cintamobil.com sebagai Content Writer pada bulan Desember 2018.
Berkenalan dengan nama-nama ‘gaek’ di ranah otomotif Tanah Air, ia mulai ditantang dengan lajur baru; fokus pada SEO (Search Engine Optimization) guna meningkatkan trafik dan kualitas website menjadi ‘mainan’ baru. Sampai saat ini, titelnya sebagai SEO Editor di Cintamobil.com menjadi tantangan terbaru mulai digeluti pemuda yang juga menyukai film dan buku ini.

 
back to top