Inilah Cara Paling Sederhana Namun Efektif Menghilangkan Karat Mobil

01/12/2018

Perawatan dan service

4 menit

Share this post:
Inilah Cara Paling Sederhana Namun Efektif Menghilangkan Karat Mobil
Meskipun karat merupakan masalah yang umum terjadi pada kendaraan, termasuk mobil, bukan berarti Anda lantas bisa menyepelekannya. Mengingat bahwa logam merupakan komponen terbesar dari sebuah mobil, keberadaan karat jelas jadi masalah yang wajib diwaspadai dan menghilangkan karat mobil menjadi wajib hukumnya. Apalagi karat bukan hanya bisa mengganggu penampilan saja, tapi bahkan juga merusak fungsi komponen mobil yang “diserang”.

Foto karat menyerang mobil

Bermula dari karat, bodi mobil akhirnya keropos

Tak peduli mobilnya merek apa dengan harga berapa, karat bisa jadi masalah yang sangat serius. Bukan hanya berpengaruh pada penampilan, karat juga bisa menyerang komponen kendaraan yang mengakibatkan terganggunya fungsi komponen tersebut. Marketing Manager PT Terang Parts Indonesia (Protera Protection), Hendrik Susilo pernah menuturkan, karat di mobil seperti rayap yang ada di rumah. Keberadaannya bisa menggerogogi semua bagian dan bisa sangat berpengaruh pada keselamatan bekendara.

"Karat bisa membuat mobil bolong dimana-mana (bolong). Selain itu bisa mempengaruhi safety. Selain itu dilihat mata juga tidak enak kalau bolong-bolong, selain itu biaya perawatannya lebih besar lagi," kata Hendrik seperti dikutip dari Detik, (10/5/2017).

Oleh karena itu sebelum semuanya terjadi, karat harus segera dihilangkan. Dan Anda bisa melakukannya sendiri dengan bahan-bahan yang bisa ditemukan di dapur? Dengan begitu, Anda bisa langsung menyingkirkan karat begitu Anda melihatnya tanpa harus membawanya ke bengkel dulu.

1. Bersihkan Pakai Cuka

Foto cakram direndam air cuka

Cuka mengandung asam asetat yang ampuh buat menyingkirkan karat

Bahan dan alat yang digunakan untuk menghilangkan karat mobil menggunakan cuka adalah air, sikat, lap khusus, dan pastinya cuka. Jangan lupa untuk mencampur cuka dengan air agar encer terlebih dahulu, ya! Kandungan asam sitrat atau asam asetat pada cuka punya efek ampuh untuk menyingkirkan karat.

Apabila bagian mobil yang terkena karat bisa Anda bongkar, maka lepaskan lebih dahulu bagian tersebut dan rendam bagian yang berkarat di dalam air cuka selama 1 sampai 2 hari. Jika ternyata karat masih menempel, Anda bisa rendam lagi sampai karatnya hilang. Gunakan sikat dan lap khusus untuk membantu menghilangkan karat secara lebih efektif.

>>> Pertolongan Pertama Pencegah Karat pada Mobil: Mengenal Karat

2. Singkirkan Karat dengan Lemon atau Jeruk Nipis

Foto air jeruk siap diminum

Tak hanya baik untuk dikonsumsi manusia, lemon juga bisa dipakai menghilangkan karat

Jika selama ini Anda hanya menggunakan jeruk nipis atau lemon untuk membersihkan noda pada pakaian, sekarang Anda juga bisa memanfaatkan kedua buah tersebut untuk menghilangkan karat mobil. Pertama, taburi permukaan bagian yang berkarat dengan garam terlebih dahulu, kemudian rendam di dalam air jeruk nipis atau air lemon. Gunakan bola penggosok alumunium untuk mengikis sisa-sisa karat.

>>> Ingin membeli mobil baru? Lihat saja listingnya di Cintamobil.com

3. Mobil Bebas Karat dengan Baking Soda

Foto baking soda untuk bahan roti

Baking soda, alternatif lain menghilangkan karat dengan bahan pembuat roti

Tidak ada persediaan lemon atau cuka di dapur? Jangan khawatir, karena Anda punya solusi lainnya! Adalah baking soda, yang juga memiliki kandungan bahan aktif untuk membantu menyingkirkan karat dari mobil Anda. Caranya pun sangat mudah, karena Anda hanya perlu mempersiapkan sikat atau lap khusus yang sudah dibasahi di dalam campuran air baking soda untuk menyikat atau menggosok bagian yang terkena karat di mobil Anda. Praktis, bukan?

>>> Kenali, Bagian-bagian di mobil ini rawan berkarat

Pentingnya Pelindung Anti Karat untuk Mobil

Meskipun masalah karat perlu diwaspadai karena bisa jadi problem serius jika dibiarkan saja atau tidak segera ditangani, rupanya banyak mobil yang tidak seluruhnya dilapisi dengan pelindung anti karat. Bahkan hal ini pun ditemukan pada mobil keluaran baru. Padahal, lapisan anti karat berguna untuk mencegah terjadinya pengeroposan pada komponen logam mobil. Selain itu, pelapis anti karat pun berfungsi sebagai peredam guna meminimalisir suara bising di dalam kabin saat kendaraan melaju di jalanan.

Foto seorang pekerja sedang melakukan rust proofing

Rust Proofing, memastikan mobil terlindungi dari segala macam karat

Untungnya, sekarang Anda sudah bisa melakukan tindakan pencegahan dari berbagai masalah yang disebabkan oleh karat pada mobil dengan menggunakan pelindung cat serta pelapis anti karat yang bisa ditemukan di pasaran dengan bebas dan mudah. Penggunaan lapisan anti karat pun sebaiknya dilakukan secara menyeluruh, apalagi untuk bagian bodi dan sasis mobil. Selain itu, sebaiknya Anda pilih produk pelapis anti karat yang berbahan dasar solvent sehingga memiliki daya tahan yang lebih panjang dan tidak mudah terkikis ketika mobil dicuci. Hal tersebut berbeda dengan lapisan pelindung anti karat untuk mobil yang berbahan dasar air, karena lapisan tersebut pun akan lebih mudah terkikis ketika sering dicuci.

>>> Punya mobil, sayang kalau tak baca tips dan triknya di Cintamobil.com

Share this post:
Fatchur Sag
Satu-satunya anggota redaksi yang berbasis di Jawa Tengah. Bergabung di Cintamobil.com sejak 2017 sebagai Content Writer. Saat ini, kerap menulis berbagai informasi seputar lalu lintas dan perkembangan transportasi di Indonesia.

Berita lain

Tips Mencegah Karat dan Memilih Anti Karat Mobil Terbaik

Tips Mencegah Karat dan Memilih Anti Karat Mobil Terbaik

16/04/2020

Perawatan dan service

3 menit

Tak ada besi yang tak berkarat. Namun Anda bisa mencegah proses pengkaratan lebih lama dengan mencegah karat serta memilih cat anti karat mobil terbaik untuk kendaraan Anda.

Lihat juga
Hati-Hati, Empat Hal Ini Dapat Memicu Karat Mobil

Hati-Hati, Empat Hal Ini Dapat Memicu Karat Mobil

12/12/2019

Perawatan dan service

4 menit

Karat mobil, mendengar kalimat ini saja Anda tentu was-was apalagi jika hal tersebut mulai menggerogoti bodi mobil Anda secara perlahan. Tentu Anda ingin tahu apa yang memicu karat muncul di mobil Anda, memangnya apa saja sih?

Lihat juga
4 Cara Tak Biasa Merawat Mobil Agar Bisa Panjang Umur

4 Cara Tak Biasa Merawat Mobil Agar Bisa Panjang Umur

23/06/2020

Perawatan dan service

5 menit

Melakukan servis berkala mungkin sudah lumrah didengar oleh para pengendara dalam merawat mobil. Namun ada juga cara merawat mobil agar panjang umur.

Lihat juga
4 Cara Merawat Mobil Mesin Diesel

4 Cara Merawat Mobil Mesin Diesel

07/09/2020

Perawatan dan service

4 menit

Merawat mobil secara berkala merupakan keharusan bagi Anda pemilik kendaraan. Maka dari itu perhatikan tips di bawah ini cara merawat mobil mesin diesel.

Lihat juga
Tips Merawat Mobil yang Sudah Dicoating Setelah Lama Tak Dipakai

Tips Merawat Mobil yang Sudah Dicoating Setelah Lama Tak Dipakai

27/06/2020

Perawatan dan service

4 menit

Merawat mobil yang sudah dicoating ternyata tetap diperlukan meski mobil lama tak terpakai dan diam di garasi selama PSBB berbulan-bulan. Apa saja perawatannya?

Lihat juga
 
back to top