Ini Yang Terjadi Jika Anda Meninggalkan Anjing di dalam Mobil pada Panas Terik

02/07/2019

Perawatan dan service

2 menit

Cuaca yang mulai memasuki musim panas membuat beberapa daerah mulai jarang disinggahi hujan. Karena itu, suhu di dalam kabin juga meningkat dengan cepat. Lalu, apa yang terjadi jika Anda meninggalkan anjing di dalam mobil ketika panas terik di siang hari?

Banyak pengemudi yang membawa anjing ketika berkendara. Namun sayangnya, sebagian pengemudi tidak memperhatikan kondisi hewan peliharaannya dan meninggalkan anjing di dalam mobil. Dilansir dari Quartz, tetapi masalah yang dialami bisa merusak fungsi tubuh anjing meskipun hanya sebentar mengalami kepanasan.

>>> Banyak pilihan mobil bekas berkualitas disini

Ketika seekor anjing mulai kepanasan, maka ia akan menghilangkan panas tersebut dengan meningkatkan detak jantungnya dan membuka kaliper di kulit. Anjing yang kepanasan akan terengah-engah menghilangkan panas melalui selaput lendir dari mulut dan hidungnya, dan mungkin menjilat tubuhnya untuk mendinginkannya melalui penguapan.

anjing berwarna cokelat dan putih di dalam mobil 
Hindari meninggalkan anjing atau binatang peliharan lain di dalam mobil

Berbeda dengan manusia, anjing tidak bisa berkeringat. Dan saat panas meningkat, fungsi tubuh anjing mulai rusak. Anjing memasuki masa-masa kritis dimana jantung mulai mengalami kegagalan dan memompa lebih sedikit darah yang akhirnya tidak membawa panas. Tekanan darah menurun, terjadi penumpukan darah di dalam organ, dan tubuh menjadi syok.

>>> Suka Membawa Hewan Peliharaan Dalam Mobil? Simak Tips Membersihkan Kotoran Hewan di Mobil

Ketika suhu internal anjing mencapai 44 Celsius, peredaran darah akan gagal dan menyebabkan gagal ginjal, kekurangan oksigen di dalam otak, hingga pendarahan internal. Dan kondisi tubuh anjing akan semakin memburuk ketika suhu tubuh semakin panas. Kondisi ini lebih mudah terjadi karena pada suhu luar 37 Celsius, temperature dalam mobil bisa mencapai 177 Celsius.

Pada titik ini, bahkan jika Anda dapat mengembalikan kerusakan fisik dan menyelamatkan nyawa anjing, kemungkinan besar anjing Anda telah mengalami kerusakan otak yang dapat menyebabkan perubahan kepribadian, kehilangan persepsi sensorik dan masalah kognitif. Jadi, kepanasan pada anjing tidak hanya menjadi masalah sementara. Anjing yang kepanasan akan mengalami kerusakan mengerikan pada tubuhnya.

>>> Semua tips perawatan mobil paling akurat hanya ada di sini

cuaca panas dari dalam kabin mobil berwarna cokelat
Cuaca yang panas membuat suhu kabin meningkat dengan cepat

Pada hari yang panas, jagalah anjing Anda tetap tenang dengan memastikan suhu di dalam mobil tetap terjaga dengan baik. Jika Anda melihat tanda-tanda kepanasan setelah Anda meninggalkan anjing di dalam mobil, basahi handuk dan letakkan di punggung anjing, atau langsung basahi punggung dan sisi tubuhnya agar mereka merasa dingin.

>>> Tips terlengkap seputar mobil bisa ditemukan di Cintamobil

Penulis
Pria asal Minang ini menjadi salah satu tim pelopor eksistensi Cintamobil.com di Indonesia dan bergabung sejak 2017. Dengan bekal ilmu SEO yang mumpuni, Padli menjadi salah satu spesialis SEO di Cintamobil.com.
 
back to top