Ini Triknya Biar AC Mitsubishi All New Pajero Sport Lebih Cepat Dingin

16/11/2019
Membuat AC Mitsubishi All New Pajero Sport ternyata tidak terlalu sulit. Antara lain dengan memasang extra fan yang soketnya ternyata sudah disediakan oleh pihak pabrikan.

Mitsubishi All New Pajero Sport memang memiliki banyak penggemar. Tampilannya yang kekar, mesin yang bertenaga, serta kemampuan off road dan on road, membuat mobil ini jadi mobil serba bisa.

Tapi ternyata, pada beberapa tipe All New Pajero Sport belum dilengkapi extra fan. Padahal komponen ini bisa membantu membuang panas dari kondensor dan radiator lebih cepat. Sehingga AC Mitsubishi All New Pajero Sport lebih dingin.

>>> Niat Beli Mitsubishi Pajero Sport Bekas? Hati-hati 3 Hal Ini

Nah, sekarang coba deh cek All New Pajero Sport milik Anda. Apakah sudah dipasangkan extra fan atau belum? Kalau belum, berikut tips pasang extra fan Mitsubishi All New Pajero Sport:

1. Lepas Cover Kondensor

Mitsubishi All New Pajero Sport engine

Copot penutup kondensor berbahan plastik hitam

Untuk membuat AC Mitsubishi All New Pajero Sport lebih dingin ternyata tak perlu bongkar bemper atau gril depan loh. Pertama-tama cukup buka kap mesin, jangan lupa pasang besi penyangga kap mesinnya. Kemudian buka cover plastik yang menutupi bagian atas kondensor tersebut dengan mengendurkan semua bautnya.

>>> Promo mobil baru Mitsubishi lainnya ada disini

2. Siapkan Extra Fan

extra fan mobil

Ada banyak merek extra fan untuk All New Pajero Sport

Setelah kondensor terlihat, maka sebaiknya Anda sudah menyiapkan extra fan khusus untuk mobil ini. Ada beberapa merek aftermarket yang bisa Anda pilih, tinggal sesuaikan dengan dana yang tersedia. Jangan lupa, siapkan juga mur dan baut, relay, serta kabel soket penghubung untuk extra fan.

3. Pasang Extra Fan dan Soketnya

soket AC Pajero Sport

Jangan lupa pasangkan dengan soket yang sudah tersedia di dekat mesin

Setelah semua peralatan tersedia, pasangkan extra fan di bagian depan kondensor. Pemasangannya tidak perlu membongkar bagian mesin lainnya. Jangan lupa untuk merekatkan bracket extra fan dengan bagian rangka bodi menggunakan mur dan baut yang disediakan pada paket pembelian extra fan. Lalu sambungkan soket extra fan dengan soket yang sudah disediakan di bagian mesin All New Pajero Sport.

>>> Pilihan mobil bekas Mitsubishi Pajero Sport paling lengkap ada disini

4. Pasang Relay

kotak sekring Pajero Sport

Pasang relay pada kotak sekring

Jika extra fan Mitubishi All New Pajero Sport sudah terpasang dengan kokoh, selanjutnya tinggal pasang relay. Caranya, buka kotak sekring yang lokasinya ada di dekat aki. Buka penutup kotak dengan cara melepaskan dari pengaitnya. Lalu pada soket kosong sebelah kanan, disediakan soket untuk relay extra fan. Jika ragu, Anda bisa membaca diagram yang ada pada kotak sekring atau di buku petunjuk manual. Cukup masukkan kaki-kaki relay pada soket tersebut, kemudian tutup kembali kotak sekring.

5. Tes Extra fan

Dasboard Pajero Sport

Setelah pasang extra fan, ac jadi lebih cepat dingin

Setelah semua terpasang dengan baik, coba nyalakan mesin mobil dan hidupkan AC. Jika extra fan berputar maka semua bekerja dnegan baik. Setelah extra fan terpasang, maka AC Mitsubishi All New Pajero Sport akan lebih cepat dingin dari sebelum dipasang extra fan.

>>> Tips dan trik lainnya baca disini

Prasetyo Adhi

Ulasan anda

Apakah artikel ini bermanfaat untuk Anda?
10

berita lain