Ini Sebabnya Servis Berkala 1.000 Km Pertama Penting Dilakukan

03/02/2021

Perawatan dan service

3 menit

Bagi Anda pemilik mobil baru penting untuk melakukan servis berkala satu bulan atau 1.000 km pertama. Mengapa demikian? Simak jawabannya di bawah ini.

Awal tahun bisa menjadi alasan yang tepat untuk Anda membeli mobil baru. Banyak dealer mobil tawarkan banyak promo menarik yang bisa dimanfaatkan. Setelah memilih mobil baru impian Anda, yang tak boleh ketinggalan tentunya servis berkala satu bulan atau 1.000 km pertama penting dilakukan.

Tak semua pabrikan memberikan servis berkala pada 1.000 km pertama. Khusus untuk Anda yang telah membeli mobil baru Toyota di Auto2000 pada awal tahun 2021, jangan lupa untuk melakukan servis berkala internal (SBI) atau servis  berkala pertama ketika pemakaian telah melewati 1.000 km atau satu bulan pertama, tergantung mana yang tercapai lebih dahulu. Setelah itu, barulah Anda menjalankan servis berkala setiap enam bulan atau 10.000 km, tergantung mana yang tercapai lebih dahulu.

>>> Flush Oli Matic Secara Berkala Membuat Transmisi Otomatis Tetap Prima

Gambar menunjukan Servis berkala

Servis secara berkala penting dilakukan

Deteksi Dini Kerusakan

Mengapa servis berkala di awal pemakaian kendaraan menjadi menu penting dan tidak boleh diabaikan? Pertama, servis berkala memastikan bagian-bagian mobil berfungsi optimal setelah digunakan dalam kurun waktu satu bulan dari penyerahan. 

Berikutnya, lewat servis berkala Anda juga dapat mendeteksi dini kondisi mobil, sehingga bila ada kerusakan tidak bertambah besar dan menjalar ke komponen lainnya. Kerusakan bisa langsung diperbaiki dan Anda terhindar dari pengeluaran biaya perbaikan yang besar.

Yang tidak kalah penting, servis berkala 1.000 km merupakan salah satu pertimbangan pemberian garansi karena syarat utama garansi adalah servis  berkala secara rutin di bengkel Auto2000.

>>> Kendaraan Pribadi Belum Uji Emisi? Siap-siap Kena Sanksi

Komponen Rusak Akan Diganti Gratis

Saat servis berkala satu bulan pertama, dilakukan pemeriksaan secara detail seluruh komponen bergerak di mobil. Bagian pertama yang dicek meliputi fungsi dari seluruh komponen interior atau ruang kemudi, seperti sistem kemudi, sistem keamanan, fungsi kelistrikan, AC, lampu interior, seat belt, dan head unit. 

Setelah itu, pengecekan dilanjutkan ke bagian eksterior, meliputi bodi, pintu, dan fungsi penunjang seperti lampu mobil dan wiper. Berlanjut ke bagian mesin, akan ada pemeriksaan oli mesin, kondisi fan belt, volume air radiator, minyak rem, fluida-fluida lainnya, dan pengecekan fungsi mesin secara umum serta sistem penggerak dan bagian sasis kendaraan. 

Manfaat pengecekan tersebut sangat terasa mengingat saat ini sedang musim hujan dengan cuaca yang tidak menentu sehingga mobil selalu dalam kondisi prima dan mengurangi kekhawatiran timbul masalah teknis.

>>> Review Toyota Vios GR-S 2021: Lebih Dari Sekadar Jubah Sporty

Gambar menunjukan Servis berkala

Anda bisa mendapatkan penggantian komponen yang dirasa rusak secara gratis

Jika terdeteksi ada kerusakan, tentu akan segera dilakukan penggantian spare parts secara gratis. Tentu untuk komponen yang dijamin oleh garansi Toyota dan bukan kerusakan akibat salah perlakuan oleh Anda. Tidak ada biaya yang harus dikeluarkan oleh Anda alias gratis untuk pemeriksaan menyeluruh tersebut.

>>> Jangan Asal Pilih, Ketahui Tips Membeli Mobil untuk Wanita

Sejak kuliah, Rahmat telah bercita-cita menjadi seorang jurnalis. Sarjana Sastra Indonesia ini mulai menjadi jurnalis sejak 2013 dan terjun di media otomotif setahun kemudian. Rahmat bergabung dengan tim redaksi Cintamobil.com sejak 2019.
 
back to top