Ini Sebab Ban Mobil Bisa Kempis Sendiri

01/08/2021

Perawatan dan service

3 menit

Bagi Anda yang penasaran kenapa ban mobil bisa kempis sendiri simak ulasannya di bawah ini kenapa hal itu bisa terjadi. Kira-kira apa ya penyebabnya?

Pemberi “nyawa” pada ban adalah udara atau angin yang dimasukkan ke dalamnya sehingga menjaga bentuk dan mempertahankan kinerja ban saat dikendarai. Tekanan udara pada ban wajib dijaga sesuai dengan rekomendasi pabrikan mobil supaya tidak bermasalah. Seperti mobil terasa berat saat dikendalikan lantaran ban yang kempis. 

Masalahnya, ban mobil pasti kempis dengan sendirinya seiring waktu. Supaya Anda dapat mengontrol tekanan udara ban dengan seksama  disaat PPKM seperti sekarang ini, dimana mobil cenderung jarang digunakan, berikut sebab ban mobil pasti kempis sendiri dan cara mudah mencegahnya.

>>> 8 Cara Mencegah Mobil Terbakar di Jalan

Gambar menunjukan Ban mobil

Ternyata ban mobil memiliki pori-pori 

1. Ban Mobil Memiliki Pori-pori

Bahan dasar utama ban mobil adalah karet alami yang memiliki pori-pori sangat halus dan tidak kelihatan oleh mata. Udara di area bertekanan tinggi akan selalu mengalir ke area yang tekanannya lebih rendah sehingga membuat udara di dalam ban dapat keluar lewat pori-pori ban yang sangat kecil tersebut. Apalagi jika mobil berdiam di satu posisi dalam jangka waktu lama, seperti saat parkir di rumah di masa PPKM.

2. Suhu Lebih Dingin

Hukum fisika menyatakan bahwa di dalam ruang tertutup dan volume dijaga tetap, maka tekanan gas sebanding dengan suhu gas. Di dalam ban mobil, ketika suhu dingin maka akan menyebabkan tekanan udara ban ikut turun dan kempis. Suhu dingin juga bisa membuat material karet mengalami pengerutan dimana terbentuk ruang kosong antara ban dengan pelek yang menyebabkan udara di dalam ban keluar dengan sendirinya.

3. Pentil Ban Rusak

Pentil ban memiliki fungsi sebagai penghubung antara alat pengisi udara dengan ban. Masalahnya, jarum pentil bisa mengalami kerusakan yang membuat udara dapat melewatinya. Pentil juga menempel pada pelek mobil sehingga karet pentil yang bersinggungan dengan pelek bisa robek dan membuat ban bocor. Apalagi jika ternyata lubang pelek sebagai dudukan pentil juga bermasalah seperti membentuk sudut tajam atau rusak karena berkarat.

4. Ban Mobil Bocor Halus

Ada kemungkinan ban mobil bocor halus sehingga udara keluar meskipun sangat lambat. Seperti pada ban tubeless yang terlihat tidak bocor namun ternyata mengeluarkan angin karena ada benda asing menusuk telapak ban. Atau lepasnya tambalan pada ban dalam mobil pada ban non-tubeless sehingga membuat udara bisa menyelinap keluar.

>>> Begini Cara Menjaga Harga Jual Kembali Mobil Bekas Tetap Tinggi

Gambar menunjukan Ban mobil

Cek tekanan ban mobil Anda secara berkala

5. Pelek Mobil Rusak

Agar ban tidak robek dari rim pelek pada saat bekerja, bagian samping ban dikelilingi kawat baja yang disebut bead dan tertahan pada pelek saat diisi udara. Pelek mobil yang rusak pada dudukan ban tersebut membuat ban tidak mampu menempel rapat dengan pelek sehingga udara keluar. Penyebab pelek rusak antara lain karena mobil sering menghantam lubang di jalan dengan kecepatan tinggi. Sebab lainnya adalah pelek berkarat dan menimbulkan lubang, terutama pada pelek besi atau non alloy.

6. Cara Mencegah Ban Kempis Sendiri

Melihat pentingnya tugas ban dan risiko kempis sendiri, pemilik mobil disarankan untuk mengecek tekanan angin ban setidaknya seminggu sekali. Tidak ada salahnya Anda menyimpan alat pengukur tekanan udara ban sekaligus kompresor portabel untuk mengisinya dan memastikan tekanan udara ban sesuai rekomendasi pabrikan. Di waktu bersamaan, sempatkan pula untuk mengecek kondisi fisik ban, pentil, dan pelek dari potensi kebocoran atau masalah lainnya.

Waktu servis berkala, ban memperoleh pemeriksaan rutin oleh petugas Auto2000. Diskusikan dengan mereka jika merasa tekanan angin ban terlalu cepat berkurang sehingga dapat dicari sumber masalahnya. Meskipun aturan PPKM masih berlaku, Anda bisa order layanan THS – Auto2000 Home Service untuk servis berkala di rumah.Pelanggan dapat memesan melalui Auto2000 Digiroom dengan memasukkan kode promo THSPEDULI untuk mendapatkan promo menarik. Kemudahan lain dari Auto2000 Digiroom adalah Anda dapat membeli ban dari menu PURNA JUAL -> AKSESORIS, lanjut memilih ban yang sesuai. Tersedia banyak promo penjualan termasuk diskon langsung di momen tertentu.

>>> Sejarah Toyota Kijang Kapsul (Bagian 1), Legenda yang Penuh Inovasi

Rahmat menjadi jurnalis otomotif media daring sejak 2014 silam. Tercatat Rahmat bergabung dengan tim redaksi Cintamobil.com sejak 2019 hingga saat ini. 

Lulusan jurusan Sastra Indonesia ini sejak awal kuliah memang bercita-cita menjadi seorang jurnalis. Sebelum berkiprah di media yang berfokus di Industri otomotif, Rahmat terlebih dulu menulis untuk sebuah majalah sebuah media lokal di Kota Tangerang Selatan.

Setelah setahun lamanya menulis untuk sebuah majalah lokal akhirnya ia berpindah menulis untuk sebuah media daring otomotif. Tepatnya di tahun 2014 ia mulai menulis berkaitan dengan industri otomotif nasional dalam dan juga luar negeri. 

Setelah lulus kuliah di tahun 2017 ia memutuskan untuk keluar dari dunia kewartawanan yang selama ini menghidupinya. Ia mencoba peruntungan dunia marketing mobil bekas. Tak lama berselang ia mencoba peruntungan bekerja di Cintamobil.com pada posisi yang sama. Tak lama setelah itu Rahmat dipindahkan ke tim redaksi Cintamobil.com

Orang bijak pernah berkata rumah bukan sebuah tempat, melainkan perasaan. Sejauh manapun Anda melangkah rumah adalah tempat untuk kembali. Kira-kira seperti itulah yang menggambarkan nasib Rahmat yang akhirnya bisa kembali ke dunia penulisan. 

 
back to top