Ini Penyebab Rem Bisa Blong, Penting untuk Anda Ketahui

07/10/2019
Sistem pengereman merupakan bagian dari keamanan. Jika rem kendaraan tidak dirawat secara berkala, bisa membahayakan nyawa Anda di jalan ketika berkendara.

Saat kita jarang merawat rem mobil, maka sudah pasti akan muncul masalah-masalah pada sistem pengereman mobil yang salah satunya adalah rem blong. Rem yang blong adalah kondisi dimana rem tidak bisa berfungsi sama sekali. Nah, kasus rem blong inilah yang sering menjadi penyebab utama dari kecelakaan yang terjadi di jalanan.

>>> Review Tesla Model X 2019: SUV Premium Mewah Ramah Lingkungan

Rem blong membahayakan

Bahaya jika Anda tidak merawat rem secara berkala

Sumber penyebab rem blong bermacam-macam. Mulai dari minyak rem yang habis sampai kanvas dan piston rem yang rusak. Piston atau kanvas rusak atau aus umumnya karena faktor usia. Untuk mencegahnya lakukan pemeriksaaan berkala setelah kendaraan menempuh jarak 10.000 km.

>>> Tertarik membeli mobil baru, Cek koleksi dan harganya di sini!

Menjaga kualitas rem mobil secar berkala

Anda harus merawat kualitas rem mobil secara berkala

Faktor lain penyebab rem blong adalah tersumbatnya selang minyak rem. Biasanya, mobil penumpang memakai sistem pengereman dengan tekanan fluida dari minyak rem dalam mekanisme pengereman. Nah, kondisi minyak rem dan selang minyak yang berukuran kecil sangat penting untuk selalu dicek.

Penyebab lainnya adalah, seal piston master mengalami aus. Ada beberapa penyebab selain faktor usia, yaitu kualitas minyak rem yang sudah tak bagus karena sudah kadaluarsa atau sudah terkontaminasi karena terlalu sering membuka tutup tabung minyak.

Karena itulah Suzuki Indonesia menyarankan untuk menguras dan mengganti minyak rem setiap setiap enam bulan atau maksimal 1 tahun sekali.

>>> Tips dan trik lainnya ada disini

Rahmat Fajar Nugraha

Ulasan anda

Apakah artikel ini bermanfaat untuk Anda?
0

berita lain