Ini Penyebab Rem Bisa Blong, Penting untuk Anda Ketahui

Share this post:
Ini Penyebab Rem Bisa Blong, Penting untuk Anda Ketahui
Sistem pengereman merupakan bagian dari keamanan. Jika rem kendaraan tidak dirawat secara berkala, bisa membahayakan nyawa Anda di jalan ketika berkendara.

Saat kita jarang merawat rem mobil, maka sudah pasti akan muncul masalah-masalah pada sistem pengereman mobil yang salah satunya adalah rem blong. Rem yang blong adalah kondisi dimana rem tidak bisa berfungsi sama sekali. Nah, kasus rem blong inilah yang sering menjadi penyebab utama dari kecelakaan yang terjadi di jalanan.

>>> Review Tesla Model X 2019: SUV Premium Mewah Ramah Lingkungan

Rem blong membahayakan

Bahaya jika Anda tidak merawat rem secara berkala

Sumber penyebab rem blong bermacam-macam. Mulai dari minyak rem yang habis sampai kanvas dan piston rem yang rusak. Piston atau kanvas rusak atau aus umumnya karena faktor usia. Untuk mencegahnya lakukan pemeriksaaan berkala setelah kendaraan menempuh jarak 10.000 km.

>>> Tertarik membeli mobil baru, Cek koleksi dan harganya di sini!

Menjaga kualitas rem mobil secar berkala

Anda harus merawat kualitas rem mobil secara berkala

Faktor lain penyebab rem blong adalah tersumbatnya selang minyak rem. Biasanya, mobil penumpang memakai sistem pengereman dengan tekanan fluida dari minyak rem dalam mekanisme pengereman. Nah, kondisi minyak rem dan selang minyak yang berukuran kecil sangat penting untuk selalu dicek.

Penyebab lainnya adalah, seal piston master mengalami aus. Ada beberapa penyebab selain faktor usia, yaitu kualitas minyak rem yang sudah tak bagus karena sudah kadaluarsa atau sudah terkontaminasi karena terlalu sering membuka tutup tabung minyak.

Karena itulah Suzuki Indonesia menyarankan untuk menguras dan mengganti minyak rem setiap setiap enam bulan atau maksimal 1 tahun sekali.

>>> Tips dan trik lainnya ada disini

Rahmat Fajar Nugraha
Share this post:

Berita lain

Hati-Hati Pasang Kampas Rem Racing, Keselamatan Anda Taruhannya

03/10/2019

Perawatan dan service

3 menit

Aplikasi komponen dengan spesifikasi racing atau high performance memiliki risiko yang tak boleh disepelekan. Terlebih komponen racing tersebut adalah kampas rem yang sangat berpengaruh terhadap keselamatan Anda

Lihat juga

Trik Ketika Pakai Rem Tangan Tapi Masih Merosot Saat Berhenti di Tanjakan

10/09/2019

Pengemudian

5 menit

Ketika rem tangan tidak pakem dan mobil tetap merosot di jalan menanjak, maka Anda perlu memperhatikan teknik-teknik berkendara berikut ini.

Lihat juga

Rem ABS Bermasalah, Berikut Empat Penyebabnya

01/09/2019

Perawatan dan service

5 menit

Anti-lock Braking System (ABS) adalah fitur keselamatan yang sangat krusial, dan menjadi poin penting dalam pemilihan mobil. Jika rem ABS bermasalah, ada beberapa hal yang menyebabkan kerusakan ABS, apa saja?

Lihat juga

Ganti Pelek Lebih Besar, Jangan Lupa Buat Ganti Rem Mobil

11/07/2019

Perawatan dan service

4 menit

Ganti rem mobil dengan sistem rem yang memiliki kinerja lebih baik, memang sepatutnya dilakukan ketika Anda telah melakukan modifikasi pelek dengan memakai pelek ukuran lebih besar dari pelek standar.

Lihat juga

Teknik Pengereman Mobil dengan ABS, Injak Penuh!

08/07/2019

Pengemudian

4 menit

Ketika dilakukan pengereman mendadak, sebaiknya Anda sudah mengetahui bagaimana teknik pengereman mobil dengan ABS. Karena sistem ini mampu menjaga roda tidak mengunci dan Anda tetap masih bisa bermanuver menghindari objek di depan.

Lihat juga