Ini Lho Beda Paint Protection Film (PPF) V-KOOL Dengan Coating

08/04/2021

Perawatan dan service

5 menit

Share this post:
Banyak cara melindungi bodi mobil Anda, salah satunya adalah dengan menggunakan Paint Protection Film (PPF) lansiran V-KOOL, lantas apa bedanya dengan coating?

Memiliki mobil dengan kondisi bodi yang selalu mengkilap dan indah, siapa pun pasti suka. Banyak cara untuk melakukannya. Beberapa melakukan coating di bodi mobil dan lainnya ada yang memilih Paint Protection Film (PPF). Menurut , selama ini masih banyak pemahaman yang salah antara PPF dan coating, terutama dikalangan masyarakat umum.

Gambar V-KOOL PPF

Apa beda PPF V-KOOL dengan Coating biasa?

"Banyak yang menggangap coating dan PPF V-KOOL itu hal yang sama, padahal jelas berbeda. Coating itu menggunakan bahan kimia pada bodi, contoh seperti waxing atau nano ceramic. Sementara kalau PPF itu kita benar-benar melapisi bodi dengan plastik yang tebal dan bening, makanya dikenal juga dengan istilah laminating," ucap Lianto Winata, Chief Operating Officer PT V-KOOL Indo Lestari dalam keterangan resminya dikutip Cintamobil.com.

Gambar Logo V-KOOL PPF

V-KOOL PPF punya banyak kelebihan

Paint Protection Film (PPF) kini merupakan tren baru yang digemari banyak kalangan di dunia otomotif untuk kategori perlindungan pada cat mobil. Hal itu karena PPF lebih mampu melindungi mobil dari goresan benda tajam seperti kerikil dan benturan. Selain itu, PPF V-KOOL juga bisa mempertahankan warna mobil tetap indah dan membuat mobil terlihat kilap wet-look untuk waktu yang lama. Lantas apa sesungguhnya yang membedakan coating dan PPF V-KOOL?

>>> Peran Penting Kaca Film Saat Musim Hujan

Perbedaan Coating vs PPF

PPF berfungsi untuk melindungi cat dari kerusakan fisik dengan lapisan film yang tebal dan transparan. Fungsi lain adalah merawat warna mobil secara permanen. Sementara itu, coating hanyalah untuk perawatan warna sementara saja. "Lebih mudah diartikan coating itu bukan paint protection tapi color protection, karena fungsinya menjaga warna mobil tetap cerah namun hanya sementara saja. Jadi saat tersengol benda atau ketika mencuci mobil kemungkinan bodi mengalami baret tetap ada, sedangkan laminating PPF ini karena dibungkus dengan film, maka bodi terlindungi dari baret halus dan warna mobil juga tetap cerah, makanya PPF itu fungisnya melindungi dan menjaga keorisinilan warna mobil," papar Lianto.

Gambar V-KOOL PPF

V-KOOL PPF tidak merusak cat

Penggunaan zat kimia yang dioleskan ke bodi pada proses coating dan poles memungkinkan lapisan cat orisinal bisa terkikis, dan kemungkinan permukaan cat untuk baret dan rusak masih akan tetap terjadi karena coating yang sangat tipis dan dalam bentuk cairan tidak bisa melindungi kendaraan terhadap kerusakan fisik. Sedangkan untuk laminating PPF sendiri, sifatnya benar-benar membungkus seluruh bagian bodi mobil dengan lapisan film. Dengan demikian, proses PPF memiliki daya tahan yang lebih lama karena bentuknya fisik berupa lapisan film yang tebal. Beda dengan waxing atau coating yang menggunakan bahan kimia sehingga mobil dalam jangka waktu tertentu wajib terus mendapat perawatan agar tampilan tetap kinclong.

Gambar pemasangan V-KOOL PPF

V-KOOL PPF dipasang oleh instalatur profesional

V-KOOL PPF dibuat dari bahan thermoplastic urethane (TPU) yang mampu melindungi cat kendaraan dari goresan benda tajam, baik tipis maupun dalam. Goresan kerikil, pemudaran warna oleh paparan sinar ultraviolet, jamur, hingga abrasi pun bisa diatasi. Banyak merk PPF lainnya yang meng-klaim menggunakan bahan TPU juga tapi dijual sangat murah. Bahan TPU sendiri memiliki beberapa macam grade, tentunya jika PPFnya dijual murah, maka bisa dipastikan bahwa bahan TPU yang digunakan bukanlah kelas premium, sedangkan yang digunakan oleh V-KOOL PPF adalah bahan TPU yang paling premium dan paling bagus dari semuanya. Bahan TPU yang premium tentunya akan lebih jernih, kuat, terlihat alami dan lebih kilap jika dibandingkan dengan bahan TPU yang kelas menengah ke bawah dan bahan-bahan lainnya.

Lebih Detail V-KOOL PPF

Produk ini memiliki ketebalan 8 mil (0.2032 mm) dan dirancang untuk melindungi cat kendaraan dari kerusakan karena zat korosif. Selain itu, perlindungan sempurna terhadap sinar ultraviolet, panas matahari, dan air membuat warna tidak cepat pudar. Kejernihan PPF juga mampu semakin memperkuat warna asli kendaraan dan membuatnya berkilau, bahkan kendaraan akan terlihat alami seakan-akan tidak dipasang apa-apa namun wet-look seperti sesudah baru di coating setiap harinya. Selain itu, daya tahan V-KOOL PPF pun lebih lama dibandingkan dengan coating kimia dengan garansi selama 10 tahun.

Gambar pemasangan PPF V-KOOL

Bahan Premium ini diklaim lebih unggul dari merek lain

Terlepas dari bahan premium V-KOOL PPF yang lebih unggul dari merk lain, kualitas pemasangan juga merupakah hal yang sangat penting. Spesialis pemasang PPF di V-KOOL adalah spesialis yang sudah dilatih oleh V-KOOL Internasional. Mereka memiliki skill yang sangat tinggi sehingga bisa memasang PPF di kendaraan Anda dengan sangat rapih bahkan bisa dikatakan pemasangan V-KOOL PPF adalah yang paling rapih di seluruh Indonesia. Hal tersebut juga terbantu oleh setiap V-KOOL PPF Outlet harus memiliki standard tempat pemasangan yang tinggi, sehingga bisa dipastikan setiap kendaraan yang pasang V-KOOL PPF di kerjakan di tempat yang sangat layak dan khusus setaraf dengan standar International.

>>> Kaca Film V-KOOL Terbantu Marketplace di Masa Pandemi

Mengawali karir sebagai jurnalis otomotif pada 2014, setahun kemudian Arfian menjadi test driver di sebuah tabloid otomotif nasional. Bergabung di Cintamobil.com sejak 2018, kini ia menjadi Managing Editor Cintamobil.com

About Arfian

Lulusan kampus Trisakti angkatan 2009 ini sebenarnya salah jurusan saat kuliah. Karena ia mengambil jurusan Ekonomi Akuntansi mengikuti kemauan ayahnya dibanding mengambil kuliah teknik maupun komunikasi yang menjadi minatnya. Namun, passion menulis dan ketertarikannya akan mobil membawanya melamar menjadi jurnalis otomotif.

Gayung pun bersambut, pada tahun 2014 di mana sebelum Arfian wisuda, ia sudah diterima bekerja di Motorplus Weekly. Motorplus Weekly adalah sebuah tabloid dwi mingguan yang mengulas tentang sepeda motor. Lho kok sepeda motor? Yes, karena saat Arfian melamar pekerjaan di anak grup Kompas Gramedia tersebut, hanya posisi itu yang tersedia.

Setelah lulus kuliah Arfian bekerja di sana selama tiga tahun sebagai reporter. Bekerja menjadi jurnalis khusus sepeda motor Arfian jalani dengan semangat dan senang hati. Tak terhitung berapa kali ia menemui narasumber, berkunjung ke bengkel maupun sekadar mencoba sepeda motor baru dari jenis scooter hingga motor besar.

Di tengah perjalanan karirnya, Motorplus Weekly memiliki satu anak usaha lagi yakni Otoplus weekly yang berpusat di Surabaya, Jawa Timur. Melihat potensi dan passion yang dimiliki Arfian, Editor in Chief Motorplus saat itu, Alm Achmad ‘Feol’ Riswan menugaskan secara khusus Arfian untuk mengisi kolom otomotif roda empat.

Arfian ditugaskan untuk test drive mobil di tabloid Otoplus tersebut mulai tahun 2016. Sampai saat ini sudah ratusan kendaraan baik berjenis truk, bus, hingga mobil sport yang Arfian coba. Kegemarannya menulis dengan detail, terstruktur dan teknis membuat ia memiliki pembaca setia dan dipercaya untuk menjadi test driver di tabloid tersebut. 

Sejak tahun 2018 Arfian bergabung di Cintamobil.com sebagai Content Writer dan menjadi Senior Content Writer setahun kemudian. Di tahun 2021 ia dipromosikan menjadi Editor, dan dengan kinerja yang baik di tahun 2021 ini pula ia dipromosikan kembali menjadi Managing Editor untuk website ini.

Roles

Managing Editor, Cintamobil.com

Workplace

Jakarta, Indonesia

Education

2009 - 2014 Trisakti University, Bachelor Degree, Accounting

2006 - 2009 54 Senior High School

2003 - 2006 109 Junior High School

Experience

2014 - 2016 Motorplus & Otoplus, Kompas Gramedia

2018 Content Writer Cintamobil.com

2019 Senior Content Writer Cintamobil.com

2021 Managing Editor Cintamobil.com

Awards

2020 - 3rd Winner, Best Online Write Up Activity & Industry News, Warta Citra Adiwahana

2020 - 2nd Winner, Mitsubishi Journalist Writing Competition - Artikel Online Terbaik

2021 - 1st Winner, Best Online Product Review, Warta Citra Adiwahana

 
back to top