Ini Kunci Menghindari Jamur di Bodi Mobil

14/07/2019

Perawatan dan service

4 menit

Jamur di bodi mobil harus dihindari, karena bukan hanya merusak penampilan mobil jika dilihat dari luar, tapi juga bisa merusak permukaan cat mobil. Apalagi jika jamur sudah muncul, maka sulit untuk menghilangkannya.

Pernahkah Anda menemui permukaan cat pada bodi mobil timbul bercak-bercak putih ukuran kecil namun dalam jumlah yang cukup banyak? Jika ya, mungkin itu pertanda bodi mobil Anda tumbuh jamur.

>>> Waspada, Ada 5 Cairan Berbahaya untuk Mobil

Seperti layaknya kulit pada manusia, jamur di bodi mobil juga bisa muncul akibat permukaan cat mobil yang lembab dan kotor. Selain kurang sedap dipandang, munculnya jamur ini lama kelamaan akan menyebabkan permukaan cat mobil rusak. Karena itulah jamur perlu dihindari agar tidak muncul di permukaan cat.

1. Rajin Dibersihkan

mencuci mobil

Jangan malas mencuci mobil dengan air bersih

>>> Promo mobil baru yang menarik klik disini

Jamur di bodi mobil bisanya muncul karena permukaan cat kotor dan lembab. Penyebabnya Anda terlalu malas untuk membersihkan mobil, apalagi jika sehabis terkena hujan atau melintasi jalan banjir.

Oleh sebab itu, setelah berkendara di tengah guyuran hujan, sebaiknya Anda langsung mencuci mobil dengan menggunakan air bersih. Pastikan seluruh permukaan bodi dan sela-sela eksterior lainnya dibasuh dengan air bersih untuk merontokkan kotoran yang menempel. Terlebih lagi jika Anda habis menerjang banjir atau melintas di jalan berlumpur.

2. Jangan Lupa Lap Kering

mengelap mobil

Pastikan seluruh permukaan dan sela-sela bodi kering

>>> Cari mobil bekas berkulitas disini

Selain rajin mencuci bersih, jangan lupa untuk melakukan finishing dengan mengelap permukaan eksterior mobil hingga benar-benar kering. Pastikan sela-sela pintu atau kaca juga tak luput untuk di lap hingga kering. Karena jika dibiarkan lembab, selain jamur bagian-bagian ini juga bisa timbul korosi.

Mulai sekarang jangan malas untuk membersihkan mobil kesayangan Anda ya... Jangan sampai jamur di bodi mobil terlanjur muncul, karena jika sudah muncul maka perlu perawatan ekstra untuk menghilangkannya.

>>> Tips & trik lainnya baca disini

Penulis
Sudah menulis di media online sejak 2009, Pras sangat berpengalaman di bidang otomotif. Pria penggemar mobil modifikasi ini sudah mencicipi berbagai jenis mobil, mulai LCGC hingga Hypercar. Pras menjadi anggota tim redaksi Cintamobil.com sejak 2019.
 
back to top