Ini Komponen yang Wajib Diganti Setelah Mobil Menerjang Banjir

07/01/2020

Perawatan dan service

5 menit

Share this post:
Ini Komponen yang Wajib Diganti Setelah Mobil Menerjang Banjir
Walau mungkin sukses saat mobil menerjang banjir yang terjadi di Jakarta beberapa waktu lalu, namun pemilik mobil sebaiknya mengganti sejumlah komponen ini.

Ketika bencana banjir di Jakarta beberapa waktu lalu, mungkin Anda menyaksikan sejumlah mobil nekat menerabas banjir. Sebagian sukses melewati genangan air tersebut meski ketinggian air sudah sampai pada kap mesin mobil itu.

Walau kelihatannya baik-baik saja, namun tentu ada beberapa komponen mobil yang berpengaruh setelah dipaksa menerobos genangan air yang cukup tinggi. Dan jika hal ini kejadian pada mobil Anda, maka ada sejumlah komponen yang sebaiknya diganti baru setelah mobil menerjang banjir.

1. Suspensi

suspensi mobil setelah banjir

Sebaiknya ganti karet-karet suspensi mobil Anda untuk menghindari karat

Suspensi mobil terdiri atas beberapa komponen, diantaranya as roda, tie rod dan ball joint. Komponen-komponen ini pun sering kali diberikan karet pelindung yang didalamnya terdapat pelumas. Saat mobil dipaksa menerabas banjir, maka air akan masuk ke sela-sela karet dan melunturkan pelumas. Jika kondisi ini dibiarkan maka nantinya akan menimbulkan karat pada komponen tersebut. Jadi sebaiknya ganti karet-karet pada sistem suspensi dengan yang baru lalu kembali berikan pelumas untuk komponen tersebut.

>>> Amankah Mobil Listrik Ketika Menghadang Banjir?

2. Rem

isi minyak rem mobil setelah banjir

Bersihkan piringan rem dan ganti pula minyak rem

Selain suspensi, bagian mobil yang terkena dampak paling besar saat mobil menerjang banjir adalah roda termasuk rem. Karena itu bongkar komponen ini kemudian bersihkan dan pastikan tidak ada sisa lumpur dari banjir yang terselip disela-sela komponen rem. Selain itu, Anda juga sepatutnya mengganti minyak rem dengan yang baru. Karena dikhawatirkan minyak rem akan tercampur dengan air yang pada akhirnya bakal merusak komponen rem.

>>> Promo mobil baru yang menarik ada disini

3. Radiator

air radiator setelah banjir

Kuras radiator dan bersihkan dari sisa kotoran serta lumpur, lalu isi dengan water coolant yang baru

Karena ukurannya yang cukup besar dan posisinya di bagian depan, maka radiator juga menjadi komponen yang terdampak saat mobil menerjang banjir. Karenanya pasca banjir, bersihkan radiator dengan air bertekanan tinggi untuk merontokkan sampah, kotoran, dan lumpur. Kemudian kuras juga air radiator dan ganti dengan water coolant yang baru. Ini agar proses pendinginan mobil kembali berlangsung normal untuk mencegah mobil over heat.

>>> Ini Cara Lindungi Mobil dari Kerusakan Akibat Banjir dari Asuransi Astra

4. Filter Udara

filter udara mobil setelah banjir

Filter udara yang basah harus diganti dengan yang baru

Jika menerabas banjir dengan ketinggian air yang lebih dari ketinggian roda mobil tersebut, maka bisa dipastikan air akan mengenai pula filter udara di mesin. Oleh sebab itu, selepas mobil melewati banjir, segera matikan mesin dan ganti filter udara. Ini karena filter sudah basah terkena banjir. Jika dipaksakan tetap terpasang, kerusakan water hammer dapat terjadi di ruang mesin mobil Anda.

>>> Pilihan mobil bekas berkualitas terlengkap ada disini

5. Sekring

sekring mobil setelah banjir

Periksa kondisi kotak sekring dan sebaiknya ganti semua sekring dengan yang baru

Posisi kotak sekring biasanya ada pada bagian atas mesin atau dekat setir. Namun kalau mobil menerjang banjir dengan ketinggian air lebih dari kap mesin, maka sekring juga berpotensi terkena air. Walau terlindung dalam kotak plastik, namun jika debit air yang masuk ke mobil cukup besar, bukan tidak mungkin sekring juga akan kemasukan air. Karenanya disarankan ganti semua sekring sehingga terhindar risiko konsleting akibat sekring basah.

>>> Layanan 24 Jam Mitsubishi Layani Korban Banjir di Jakarta dan Sekitarnya

6. Oli

oli mesin mobil setelah banjir

Pastikan oli mesin, oli transmisi, dan oli gardan juga diganti

Ini yang paling sering direkomendasikan oleh pihak bengkel manakana mobil Anda sehabis terkena banjir. Kuraslah semua pelumas yang ada di mobil Anda. Baik oli mesin, oli transmisi, maupun oli gardan. Karena oli yang tercampur air banjir, akan mengakibatkan gesekan antar komponen yang memicu terjadinya keausan komponen tersebut. Risikonya? Anda harus siap perbaikan ketiga komponen tadi dengan biaya yang lebih tinggi dari sekedar ganti oli.

>>> Tips dan trik menarik lainnya ada disini

Share this post:
Penulis
Sudah menulis di media online sejak 2009, Pras sangat berpengalaman di bidang otomotif. Pria penggemar mobil modifikasi ini sudah mencicipi berbagai jenis mobil, mulai LCGC hingga Hypercar. Ia menjadi anggota tim redaksi Cintamobil.com sejak 2019.

Berita lain

Jangan Takut Beli Mobil Bekas Banjir, Asalkan...

06/01/2020

Jual beli

5 menit

Banjir memang memberikan dampak materi tersendiri, sebab ongkos perbaikan bisa mahal sekali. Namun, Anda jangan takut beli mobil bekas banjir, asalkan...

Lihat juga

Banjir Bikin Elektrik Power Steering Rusak? Begini Cara Mengeceknya

05/01/2020

Perawatan dan service

5 menit

Ketika mobil terendam banjir maka akan menimbulkan efek negatif terhadap beberapa komponen, termasuk membuat elektrik power steering rusak. Lalu bagaimana cara mengecek kerusakan pad akomponen yang satu ini?

Lihat juga

Mobil Kepergok Banjir, Cari Jalan Lain atau Mantap Terjang

03/01/2020

Pengemudian

3 menit

Ada dilema saat mobil kepergok banjir. Mau putar balik dan cari jalan lain, atau nekat menerjang banjir. Mana harus dipilih sebab masing-masing punya risiko?

Lihat juga

Review Toyota Land Cruiser 1960: Si Legendaris Hardtop FJ40, Rajanya 4x4

16/08/2019

Editor rate:

Dari seluruh jajaran Sport Utility Vehicle (SUV) yang dijual di Indonesia, Toyota Hardtop adalah sosok paling fenomenal. Performanya yang tangguh sudah diakui paten oleh banyak penggiat hobi Off-Road. Apakah Anda tertarik ingin memilikinya? Mari kita simak bersama kelebihannya dalam review Toyota Land Cruiser 1960.

Lihat juga

Daftar Harga Chevrolet Trailblazer & Promo terbaru Oktober 2020

01/10/2020

Chevrolet

Pihak General Motors (GM) Indonesia secara resmi merilis generasi terbaru dari Chevrolet Trailblazer di bulan Februari 2017. Bukti keseriusan Chevrolet Indonesia nyatanya membuahkan hasil dengan menyabet dua gelar “Best SUV Diesel 2017” serta “Best High SUV Diesel”. Bahkan, versi Facelift-nya sudah diluncurkan pada GIIAS 2018, Agustus lalu. Kira-kira berapa harga Chevrolet Trailblazer ini?

Lihat juga