Ini Komponen Mobil yang Membutuhkan Service Berkala, Kira-kira Apa Saja?

27/10/2019

Perawatan dan service

4 menit

Share this post:
Ini Komponen Mobil yang Membutuhkan Service Berkala, Kira-kira Apa Saja?
Semakin hari pasti komponen pada mobil akan semakin memburuk, baik karena pemakaian normal maupun karena usia pakai yang terlalu lama.

Mobil merupakan salah satu kendaraan yang kita gunakan sehari-hari untuk menunjang mobilitas kita di jalan. Pastinya membutuhkan perawatan agar tidak mengalami penurunan kondisi. Untuk tetap menjaga kondisinya tetap prima dan nyaman digunakan kita harus melakukan servis berkala.

Berikut ini adalah beberapa komponen pada mobil yang biasanya harus dilakukan pemeriksaan dan perbaikan secara berkala seperti yang dilansir dari laman Auto2000.

>>> Intip juga daftar mobil-mobil terbaru yang baru saja dirilis di sini

1. Kaki-kaki

Kaki-kaki  mobil

Kaki-kaki mobil harus Anda perhatikan kondisinya

Kondisi jalanan di Indonesia hanya sedikit yang benar-benar mulus. Kebanyakan kondisi jalanan yang ada terdapat lubang atau permukaannya bergelombang. Ini membuat kaki-kaki mobil rentan rusak, biasanya komponen yang oblak karena bekerja keras lewat jalan yang kasar.

Kaki-kaki mobil seperti ball joint, tierod, stabilizer dan booshing memiliki usia pakai hingga 100.000 km atau sekitar 5 tahun. Namun, kondisi jalan yang rusak atau karakter pengemudi yang berkendara kasar mempercepat waktu penggantian atau perbaikan.

>>> Ini Langkahnya, Simak 5 Tips Merawat Ban Tubeless Mobil

2. Balancing dan Spooring

Balancing dan Spooring kaki-kaki

Perawatan spooring dan balancing juga jangan sampai terlewat 

Servis berkala yang perlu Anda lakukan selanjutnya yaitu spooring dan balancing. Mobil yang sering melewati jalan rusak atau berlubang dapat mengakibatkan presisi roda mobil cepat berubah.

Banyak bengkel yang menawarkan jasa spooring dan balancing dengan harga yang sangat bervariatif. Spooring merupakan proses pada mobil untuk kembali meluruskan kedudukan empat roda mobil seperti awal. Prosesnya meluruskan dua roda depan agar kembali seperti sedia kala.
Lalu balancing, yang secara arti untuk menyeimbangkan kembali. Tujuan balancing yaitu menyeimbangkan kembali putaran masing-masing roda supaya tidak ada yang berat sebelah. Biasanya ini akan dilakukan setelah penggantian ban atau velg.

>>> Ada rencana ingin ganti mobil baru? Tenang, simak daftar harga lengkapnya di sini, siapa tahu cocok

3. Air Condition (AC)

seorang sedang menyesuaikan AC Mobil

Terakhir AC mobil atau Air Conditioner

Penyejuk udara ini bakal bekerja keras saat mobil digunakan siang hari yang panas terik. Pengemudi atau penumpang bakal mengatur suhu kabin sedingin mungkin. Permasalahan yang sering terjadi yaitu bagian kompresor.

Service AC secara rutin sangat dianjurkan, seperti ganti pelumas, refigeran, dan pembersihan. Biasanya service ini dilakukan setahun sekali atau setiap 10.000 km (dalam kota) hingga 20.000 km (luar kota). Servis rutin membuat kerja kompresor jadi enteng dan umur kompresor akan lebih panjang.

>>> Ikuti tips otomotif menarik lainnya hanya di situs Cintamobil.com

Share this post:
Rahmat Fajar Nugraha
Penulis
Rahmat Fajar Nugraha
Sejak kuliah, Rahmat telah bercita-cita menjadi seorang jurnalis. Sarjana Sastra Indonesia ini mulai menjadi jurnalis sejak 2013 dan terjun di media otomotif setahun kemudian. Rahmat bergabung dengan tim redaksi Cintamobil.com sejak 2019.

Berita lain

Agar Senantiasa Lancar, Berikut Tips Perawatan Pintu Geser Manual Pada MPV

18/10/2019

Perawatan dan service

3 menit

Meski minim perawatan, pintu geser manual juga perlu diperhatikan kondisi komponennya

Lihat juga

Kaca Mobil Anda Baret? Tenang, Perawatannya Tidak Mahal Kok

14/10/2019

Perawatan dan service

4 menit

Kaca mobil Anda baret memang sangat menggangu secara fungsi dan estetika. Namun tak perlu khawatir, Anda dapat menghilangkan baret tersebut dengan mudah dan tanpa biaya mahal.

Lihat juga

Kelebihan dan Kekurangan Suzuki Ciaz, Sedan Nyaman yang Minim Perawatan

13/09/2019

Jual beli

5 menit

Kelebihan dan kekurangan Suzuki Ciaz yang saat ini akan kami bahas semoga berguna. Terutama bagi Anda yang sedang mencari sedan harga terjangkau dan minim perawatan.

Lihat juga

Ingin Coating Mobil Tahan Lama, Begini Cara Perawatannya

07/08/2019

Perawatan dan service

3 menit

Saat ini, coating menjadi salah satu metode populer untuk menjaga kilap cat untuk mempercantik tampilan mobil. Nah, bagaimana cara merawat coating agar tahan lama?

Lihat juga

Masa Garansi Habis, Perawatan di Bengkel Resmi Atau Umum?

Bila Anda berencana membeli mobil bekas berusia lebih dari 5 tahun maka perawatan menjadi wajib hukumnya agar kondisi tetap prima. Namun mengingat masa garansi habis, lebih baik perawatan di bengkel resmi atau umum?

Lihat juga