Ini Fungsi Headrest Jok Mobil yang Belum Anda Ketahui

Share this post:
Ini Fungsi Headrest Jok Mobil yang Belum Anda Ketahui
Fungsi headrest jok mobil ternyata bukan sekedar sebagai sandaran bagian belakang kepala. Namun komponen pada interior mobil ini dapat membantu mencegah cidera kepala dan menyelamatkan Anda ketika terjadi kecelakaan.

Setiap jok mobil pasti dilengkapi dengan sandaran kepala alias headrest. Sesuai namanya, headrest berfungsi sebagai sandaran kepala bagian belakang untuk pengemudi maupun penumpang.

Namun tahukah Anda kalau sebenarnya ada fungsi headrest jok mobil lainnya selain sebagai sandaran kepala. Bahkan mungkin sebagian besar pemilik mobil belum mengetahuinya.

Karena itulah, kali ini Cintamobil.com akan membahas mengenai fungsi dari sandaran kepala pada jok mobil yang mungkin belum Anda ketahui. Dan sebenarnya seberapa penting sih peran komponen kendaraan ini di mobil Anda. Berikut ulasannya!

1. Mencegah Cidera Leher

Menahan beban kepala

Headrest akan menahan kepala dari cidera leher

Jusri Pulubuhu dari Jakarta Defensive Driving Consulting (JDDC) menyebutkan, jika headrest dapat mengurangi resiko cedera leher saat seseorang yang berada di mobil terlibat dalam kecelakaan. Biasanya saat terjadi tabrakan dari depan atau belakang, kepala seseorang akan terlempar ke arah depan kemudian berbalik lagi ke belakang.

Jika kecelakaan yang dialaminya sangat keras, maka ayunan kepala dari depan untuk kembali lagi ke belakang akan sangat kencang pula. Ketika kepala kembali mendarat ke belakang inilah yang ditahan oleh headrest untuk kembali ke posisi semula sebelum terjadi tubrukan.

>>> Perhatikan Hal Ini Sebelum Memanaskan Mobil

Jika tidak ada headrest, maka posisi kepala akan mendongak ke atas dan membuat tengkuk patah. Banyak pemilik mobil yang melepas headrest dengan berbagai alasan. Padahal hal tersebut sangat membahayakan si pengemudi maupun penumpang.

2. Jangan Asal Pasang

pemasangan headrest

Gunakan headrest dengan benar

Sebagian pengguna mobil juga tak sadar akan pentingnya fungsi headrest jok mobil ini. Keberadaanya tetap dipertahankan, namun ketinggiannya tidak diatur secara tepat. Dengan alasan agar lebih nyaman saat tidur di perjalanan, terkadang headrest diturunkan atau ditinggikan yang tidak sesuai ketinggian kepala.

Padahal seharusnya headrest jok dipasang sejajar dengan ketinggian telinga saat pengemudi atau penumpang duduk tegak. Tidak boleh terlalu rendah dan tidak boleh terlalu tinggi. Jika terlalu rendah maka itu sama saja Anda tidak memakai headrest sehingga resiko cidera leher akan lebih besar saat terjadi kecelakaan.

>>> Cari mobil bekas berkualitas dan banyak pilihan? Di sini tempatnya

3. Pemecah Kaca Mobil

alat untuk memecah kaca

Cara pecahkan kaca mobil dengan headrest

Fungsi headrest jok mobil lainnya adalah bisa digunakan sebagai alat pemecah kaca mobil saat dalam keadaan darurat. Misalnya ketika mobil terlibat dalam kecelakaan dan tidak memungkinkan keluar dari pintu mobil, mobil terbakar, atau mobil tenggelam dalam air.

>>> Dapatkan berbagai tips perawatan terbaru di Cintamobil.com

Agar bisa dipakai sebagai pemecah kaca, maka headrest bisa dilepas. Caranya dengan menekan tombol kecil yang ada di pangkal headrest. Copot sampai gagang headrest berupa besi panjang terlepas dari jok mobil. Kemudian selipkan besi tersebut diantara kaca dan trim pintu. Lalu tekan headrest ke bawah sekuat tenaga sampai kaca pecah. Anda pun bisa keluar dari mobil tanpa harus membuka pintu.

Nah sudah tahu kan fungsi dari headrest di jok mobil Anda, jangan digunakan sembarangan ya...!

>>> Temukan tips & trik menarik lainnya seputar mobil

Share this post:
Penulis
Sudah menulis di media online sejak 2009, Pras sangat berpengalaman di bidang otomotif. Pria penggemar mobil modifikasi ini sudah mencicipi berbagai jenis mobil, mulai LCGC hingga Hypercar. Pras menjadi anggota tim redaksi Cintamobil.com sejak 2019.
 
back to top