Ini Dia Jenis-Jenis Wiper Mobil yang Biasa Digunakan

26/05/2021

Perawatan dan service

3 menit

Share this post:
Wiper mobil memiliki beragam jenis sehingga memiliki kelebihan dan kekurangan serta membutuhkan perlakuan serta perawatan yang berbeda satu sama lain.

Mengenal wiper mobil menjadi penting untuk mengetahui jenis wiper yang terpasang pada mobil Anda. Karena beda jenis, maka beda pula kelebihan, kekurangan, perlakuan serta perawatan wiper tersebut. Ya, wiper memang bertugas untuk menyapu air dan kotoran yang mendarat di kaca mobil semisal ketika hujan. Wiper biasanya diletakkan di kaca depan dan kaca belakang mobil. Berikut akan dijelaskan jenis-jenis wiper mobil yang sering digunakan.

1. Refill

Kalau “sapuan” wiper sudah kurang optimal, berarti tiba saatnya untuk melakukan penggantian. Ada dua pilihan, ganti wiper utuh atau hanya ganti karet wiper saja. Nah, kalau Anda memilih untuk mengganti perangkat wiper hanya pada bagian karetnya saja berarti memilih wiper jenis refill yang harganya lebih ekonomis

gambar wiper

Bilah wiper jenis refill untuk menggaanti bilah wiper yang rusak

Umumnya, wiper jenis refill bersifat universal sehingga harus menyesuaikan ukuran panjang karetnya dengan ukuran panjang rangka wiper agar saat dipasang tetap berfungsi optimal. Belakangan, wiper jenis refill sudah ada yang tersedia sesuai dengan merek dan jenis mobil.

>>> Ini Wiper Canggih yang Pas Buat Mobil Offroad

2. Full Frame

Wiper jenis full frame memadukan karet wiper dengan rangka logam yang kokoh. Tidak heran jika banyak mobil yang dilengkapi wiper jenis full frame karena rangka logam yang kokoh memberikan tekanan pada wiper untuk membersihkan air dan kotoran yang terdapat di kaca.

gambar wiper

Wiper standar versi full frame dengan rangka logam 

Namun rangka logam dapat menggores kaca mobil saat karet wiper sudah mulai menipis. Maka selalu perhatikan kondisi kesehatan bilah wiper jenis full frame agar tidak membahayakan pengemudi saat dibutuhkan. 

3. Frameless

Frameless adalah wiper mobil yang menganut bingkai plastik dan mempunyai bilah karet dengan permukaan yang lebih halus dibandingkan jenis wiper yang lainnya sehingga cara kerjanya lebih bagus daripada wiper yang lain.

gambar wiper

Wiper frameless

Wiper jenis frameless tanpa rangka meminimalkan risiko kaca tergores. Namun saat karet wiper jenis frameless menipis Anda harus menggantinya secara utuh agar bisa berfungsi dengan optimal untuk menyapu air dan kotoran dari kaca mobil.

4. Hibrida

Wiper kaca mobil ini memiliki keunikan tersendiri sebab memadukan wiper konvensional dan wiper flat-blade. Jika melihat tampilannya sekilas, wiper mobil versi hibrida mirip wiper konvensional sebab memakai frame logam. Komponen braket dan pegangan plastik membantu menghasilkan pembersihan kaca yang optimal.

gambar wiper

Wiper hibrida = wiper konvensional + wiper full blade

Rangkanya dibungkus plastik dan dilengkapi karet sebagai spoiler udara agar aerodinamis. Kelebihan wiper mobil jenis hibrida adalah kuat, ringan, aerodinamis, dan mampu menghasilkan sapuan kotoran dan air yang lebih optimal.
>>> Awas! Pakai Wiper Kurang Tepat Bisa Bikin Kaca Mobil Baret

Sudah makan asam garam jadi wartawan, mulai dari wartawan kampus sejak 1988, dan jadi wartawan bidang otomotif sejak 1995. Pernah menulis untuk beberapa media top mulai dari koran, majalah dan tabloid. Tahun 2021 ia menulis untuk Cintamobil.com.

Sejak usia 3 tahun sering diajak ayah untuk membantu mengurus mobil dinas semisal membawakan alat kerja, minyak, fluida dan suku cadang. Akhirnya otomotif menjadi bagian hidup. 
Selepas kuliah dan sebelum wisuda, bergabung menjadi reporter tabloid Otomotif yang berada dalam naungan Kelompok Kompas Gramedia dengan bidang utama penulisan roda empat. Kemudian pindah ke Liputan6 dan mengisi berita untuk desk internasional. Lalu tahun 1998 bergabung dengan majalah Mobil Motor, majalah otomotif tertua di Indonesia (terbit sejak tahun 1970). 
Kemudian tahun 2003, pindah ke majalah Motor Trend (edisi Indonesia). Tahun 2009 kembali ke majalah Mobil Motor dan tahun 2014 mudik ke majalan Motor Trend. Pada tahun 2020 mengisi Otoblitz.net dan mulai tahun 2021 menulis untuk Cintamobil.com. 

Awards

  • 2003: Juara 1, Lomba Menulis General Motors Indonesia (Review Produk) 
  • 2007:  Juara 1, Lomba Menulis General Motors Indonesia (Review Teknologi)
 
back to top