Ini Dia 5 Hal Yang Harus Segera Dilakukan Setelah Membeli Mobil Bekas

05/03/2019
Mendapatkan mobil bekas idaman memang membuat hati menjadi senang, namun bukan berarti tidak ada yang harus segera dilakukan pada mobil Anda, so ini dia 5 hal yang harus segera dilakukan setelah membeli mobil bekas.

Hati dan perasaan Anda pasti gembira ketika sudah menemukan mobil bekas idaman Anda, ibarat menemukan sang pujaan hati atau pasangan hidup. Namun, bukan berarti setelah membeli sebuah mobil bekas, Anda tenang-tenang saja dan seolah tidak ada lagi PR (Pekerjaan Rumah) terhadap mobil bekas yang baru saja Anda miliki tersebut. Apalagi, jika mobil bekas yang Anda baru saja beli usianya sudah 10 tahun atau lebih. Karena, apapun yang namanya mobil dalam kondisi bekas pasti ada saja ketidaksempurnaan yang ada. Untuk mengeliminir hal tersebut, maka Anda dapat melakukan tips dari kami, ini dia 5 hal yang harus segera dilakukan setelah membeli mobil bekas

1. Ganti Oli & Engine Flushing

Ilustrasi ganti oli mobil

Ganti oli mobil Anda seusai membeli mobil bekas untuk mengetahui kondisi mesin dengan sebenar-benarnya

Melakukan Engine Flushing Mesin VW Golf 2.0 FSI

Lakukan juga engine flushing agar gram-gram sisa gesekan komponen mesin turut terbuang dan membuat oli yang baru diganti tidak lekas rusak

Hal pertama yang termasuk dalam 5 hal yang harus dilakukan setelah membeli mobil bekas adalah Anda harus segera ganti oli dan seluruh cairan mekanikal. Hal ini harus dilakukan untuk mengetahui kondisi mesin mobil yang sebenarnya. Karena ada saja pedagang mobil bekas nakal yang menggunakan spesifikasi oli yang lebih kental dari rekomendasi pabrikan agar saat calon pembeli ingin test drive atau sekadar mendengarkan suara mesin mobil incarannya jadi terkecoh karena halusnya suara mesin. Segera ganti oli sesuai dengan buku manual dan lakukan engine flushing.

>>> Baca juga: Inilah 3 Jenis Perbaikan Dengan Biaya Terbesar Pada Mobil Bekas

2. Lakukan Spooring

Tampak Spooring Daihatsu Terios TS

Jika dana untuk meremajakan atau reparasi kaki-kaki masih kurang, lakukan spooring terlebih dahulu

Tampak Pelek New Honda Mobilio E CVT 2019

Perbaikan kaki-kaki mobil secara total memakan biaya besar, jadi spooring dulu saja

Perbaikan kaki-kaki termasuk dalam 3 hal perbaikan paling memakan biaya dalam mobil bekas, maka jika uang Anda masih kurang untuk melakukan reparasi maka kami menyarankan Anda untuk minimal spooring atau wheel alignment terlebih dahulu, Hal ini dilakukan agar mobil Anda nyaman untuk digunakan, serta tidak ada gejala setir 'narik' kekiri atau kekanan. Makanya, kami sangat menyarankan spooring ini dilakukan, dan memasukkannya ke list 5 hal yang harus dilakukan setelah membeli mobil bekas.

>>> Temukan mobil bekas impian Anda disini

3. Poles Bodi Mobil & Detailing Interior

Tampak Bruder Auto Detailing sedang mengerjakan All New Mazda CX-5

Agar semakin puas, lakukan detailing atau minimal poles bodi mobil

Mobil yang baru saja Anda beli mungkin terlihat kinclong bodinya, apalagi jika pemilik mobil sebelum Anda melakukan perawatan dengan baik, atau Anda membeli mobil Anda di showroam yang biasanya mobil yang akan dijual 'dirapihkan' terlebih dahulu agar menarik peminat calon pembeli. Namun, kami sangat menyarankan Anda untuk melakukan poles bodi mobil dan melakukan detailing interior terhadap mobil Anda. Tujuannya, selain mengembalikan atau mengangkat kilau cat seperti sediakala, juga untuk membersihkan interior mobil Anda. 

>>> Ini pendapat kami mengenai All New Nissan Livina 2019 tipe termewah

4. Pasang Sarung Jok & Karpet Set

Karpet mobil aftermarket

Pasang karpet agar kotoran mudah untuk dibersihkan

Hal keempat yang termasuk dalam 5 hal yang harus segera dilakukan setelah membeli mobil bekas adalah pasang sarung jok & karpet set. Ini dilakukan karena tidak semua mobil bekas telah dilengkapi dengan sarung jok dan karpet set. Di pasaran sendiri tersedia banyak sekali pilihan sarung jok dan juga karpet set, dari mulai harga Rp 500 ribuan hingga Rp 2 jutaan tergantung dari kualitas dan bahan yang dipilih. Juga untuk karpet set, mulai Rp 100 ribuan sampai Rp 700 ribuan juga ada. Hal ini dilakukan agar proses pembersihan interior mobil Anda jadi lebih mudah.

>>> Baca juga tips perawatan otomotif lainnya disini

5. Lakukan Personalisasi

Tampak Toyota Fortuner pakai pelek Gramlight Rays

Ganti pelek adalah salah satu bentuk personalisasi

Terakhir dalam 5 hal yang harus segera dilakukan setelah membeli mobil bekas adalah melakukan personalisasi terhadap mobil Anda. Banyak hal yang dapat dilakukan dalam menentukan personalisasi mobil, salah satu contohnya adalah memasang atau upgrade sistem audio supaya menambah rasa betah Anda ketika dijalan, atau bisa juga mengganti pelek mobil agar tampilannya menarik, atau minimal mengganti kaca film yang lebih berkualitas agar mobil Anda semakin nyaman untuk dipakai pada kondisi panas terik.

>>> Ikuti terus informasi menarik seputar otomotif hanya di situs Cintamobil.com

Arfian Alamsyah

Ulasan anda

Apakah artikel ini bermanfaat untuk Anda?
7

berita lain