Cara Merawat Mobil Bermesin Turbo

04/05/2021

Perawatan dan service

3 menit

Bagi Anda yang berencana membeli mobil bermesin turbo seperti Toyota Raize. Simak tips di bawah ini cara merawatnya agar performanya selalu baik.

PT Toyota-Astra Motor (TAM) akhir pekan lalu (30/3) luncurkan Toyota Raize untuk melengkapi pilihan di segmen SUV. Toyota Raize dirancang tidak hanya memberikan kenyamanan, dengan dukungan inovasi teknologi mobil bermesin turbo.

>>> Daftar Harga Toyota Raize dan Daihatsu Rocky yang Dapat Diskon PPnBM

Gambar menunjukan Buku manual

Buku manual kendaraan berisi panduan tertulis

Sebagian kalangan masih ragu mengenai perawatan mobil bermesin turbo, termasuk calon pengguna All New Raize Turbo yang mengandalkan dapur pacu 1.000 cc turbo 3-silinder bertenaga 98 PS dan torsi 140 Nm. 

Sebenarnya perawatan mesin ini tidaklah serepot yang dibayangkan sepanjang pelanggan rutin menjalankan servis berkala sesuai rekomendasi. Selain itu, ada beberapa hal harus diperhatikan oleh pemiliknya, simak tipsnya di bawah ini dari Auto2000.

1. Pelajari Buku Manual Kendaraan

Buku manual kendaraan berisi panduan tertulis dan gambar dalam bentuk ilustrasi sederhana dan mudah dipahami. Buku manual berisi informasi penting seperti garansi, keselamatan kendaraan, instruksi instalasi, identifikasi masalah, instruksi pengaturan, spesifikasi produk serta instruksi perawatan dan pemecahan masalah. Dengan membaca buku manual, Anda dapat mempelajari cara merawat dan memperlakukan mobil turbo yang benar.

2. Gunakan Bahan Bakar yang Tepat

Mesin turbo membutuhkan bahan bakar dengan nilai oktan tinggi mengingat rasio kompresi ketika pembakaran sangat tinggi. Asupan bahan bakar yang tidak tepat, seperti nilai oktan di bawah rekomendasi, akan membuat pembakaran tidak berlangsung sempurna yang membuatnya kehilangan tenaga dan menyebabkan knocking atau ngelitik. Dalam jangka panjang jika diabaikan bisa merusak mesin. Kondisi ini juga akan menghasilkan residu pada gas buang yang akan menempel di turbin jika didiamkan akan merusak komponen turbo.

>>> Harga Beda Tipis, Toyota Raize Bakal Senggol Rush?

Gambar menunjukan Oli mesin

Wajib mengunakan oli yang sesuai kebutuhan mesin

3. Perhatikan Kondisi Oli Mesin

Komponen turbo mendapatkan pelumasan dari oli yang sama dengan oli yang dipakai untuk melumasi komponen mesin. Mengingat kinerja turbo yang terbilang berat karena sanggup berputar hingga 25.000 – 30.000 rpm, wajib digunakan oli yang sesuai kebutuhan untuk memastikannya tetap bekerja dengan baik dan menjaga daya tahan turbo. Gunakan oli yang sesuai rekomendasi pabrikan dan rutin menggantinya waktu servis berkala.

4. Ganti Filter Udara Secara Berkala Sesuai Buku Pedoman Service

Turbo menghisap udara dari luar untuk dimampatkan ke dalam ruang bakar mesin. Selalu perhatikan kondisi filter udara untuk memastikannya bekerja optimal menyaring kotoran supaya tidak ikut terbawa. Segera ganti kalau filter udara terlalu kotor karena akan menghambat aliran udara dan jangan dibersihkan karena akan membuat elemennya rusak mengingat kuatnya dorongan turbo. Sama dengan oli mesin, pastikan untuk selalu mengganti saringan udara sesuai ketentuan waktu servis berkala.

>>> Inilah Sumber Potensi Kerusakan Power Steering Elektrik

Sejak kuliah, Rahmat telah bercita-cita menjadi seorang jurnalis. Sarjana Sastra Indonesia ini mulai menjadi jurnalis sejak 2013 dan terjun di media otomotif setahun kemudian. Rahmat bergabung dengan tim redaksi Cintamobil.com sejak 2019.
 
back to top