Ini Cara Mengetahui Posisi Lubang Tangki Bahan Bakar Tanpa Harus Keluar Mobil

Share this post:
Ini Cara Mengetahui Posisi Lubang Tangki Bahan Bakar Tanpa Harus Keluar Mobil
Mengetahui posisi lubang tangki bahan bakar sangatlah mudah, Anda tinggal melihat indikatornya pada panel indikator di mobil Anda. Dengan demikian Anda tak perlu repot lagi lihat ke spion atau keluar mobil hanya untuk memastikan dimana posisi lubang tangki bahan bakar tersebut.

Setiap kendaraan tentu butuh bahan bakar untuk menggerakkan mesinnya. Persediaan bahan bakar di kendaraan ini pun ditampung dalam sebuah tangki. Kapasitas tangki ini berbeda-beda tergantung jenis mobilnya. Begitu pun dengan posisi lubang tangki bahan bakar pada setiap mobil yang tidak selalu sama, ada yang di kiri ada pula yang di sebelah kanan.

Tapi tentunya, seiring dipergunakannya kendaraan tersebut, isi bahan bakar pada tangki juga akan berkurang. Disaat inilah Anda butuh mengisi ulang bahan bakar di SPBU (Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum) terdekat dengan lokasi Anda.

Adakalanya para pemilik mobil suka lupa dengan posisi lubang tangki bahan bakar di mobilnya. Apakah di sebelah kiri atau sebelah kanan. Apalagi jika yang Anda gunakan bukanlah mobil Anda sendiri, misalnya mobil sewaan atau mobil kantor.

>>> Tidak Semua Kendaraan Cocok Menggunakan Pertalite

Untuk mengetahui posisi lubang pengisian bahan bakar ini, pengemudi harus keluar mobil terlebih dahulu. Repot bukan. Padahal ada lho cara sederhana untuk mengetahui dimana posisi lubang tangki bahan bakar mobil yang sedang Anda kendarai.

Lihat di Panel Indikator

cukup lihat dari panel indikator

Simbol kecil tapi sangat berguna bagi pemilik mobil

Untuk mengetahui apakah lubang pengisian bahan bakar ada di sebelah kiri atau kanan, Anda tinggal melihat posisi indikator bahan bakar di panel indikator. Pada panel yang menyatu dengan indikator kecepatan tersebut, terdapat pula indikator bahan bakar. Cirinya ada logo dispenser SPBU.

Jika diperhatikan, logo tersebut terdapat gambar selang untuk pengisian bahan bakar yang biasa ada di SPBU. Selang itulah yang menunjukkan dimana posisi lubang tangki bahan bakar mobil yang sedang Anda gunakan.

>>> Ingin membeli mobil baru? Dapatkan daftar lengkapnya di sini

posisinya bisa dilihat di panel indikator

Posisi gambang selang dispenser SPBU menunjukkan posisi lubang tangki

Jika posisi selang ada di sebelah kanan, maka letak lubang tangki ada di sebelah kanan. Sebaliknya, jika posisi selang mengarah ke kiri, maka posisi lubang tangki ada di sebelah kiri.

"Dengan hanya melihat simbol tersebut pada panel indikator, pengemudi tidak harus sibuk melihat spion, atau bahkan membuka pintu dan turun dari kendaraan untuk memastikan posisinya," kata Saiful Anwar, Wakil Kepala Bengkel Plaza Toyota Pemuda Jakarta.

>>> Mau tau tips merawat mobil Anda lainnya? Semua ada di Cintamobil.com

Perhatikan Tanda Panah

perhatikan segitiga kecil di indikator

Ada segitiga kecil yang menunjukkan posisi lubang tangki

Pada beberapa mobil baru, selain logo dispenser SPBU, sebagai penunjuk lokasi tangki bisa dilihat dari posisi tanda panah berbentuk segitiga yang letaknya bersampingan dengan logo dispenser SPBU tersebut. Segitiga yang mengarah ke sebelah kanan berarti posisi tangki ada di sebelah kanan. Begitu pun jika posisi segitiga mengarah ke kiri maka posisi lubang tangki ada di sebelah kiri.

Dengan mengetahui posisi lubang tangki bahan bakar ini, Anda tidak perlu repot lagi ketika mampir ke SPBU untuk mengisi bahan bakar. Cukup lihat ke panel indikator, dan Anda bisa tentukan dimana keberadaan lubang tangki tersebut.

>>> Tips & trik tentang mobil lainnya bisa ditemukan di Cintamobil.com

Share this post:
Penulis
Sudah menulis di media online sejak 2009, Pras sangat berpengalaman di bidang otomotif. Pria penggemar mobil modifikasi ini sudah mencicipi berbagai jenis mobil, mulai LCGC hingga Hypercar. Pras menjadi anggota tim redaksi Cintamobil.com sejak 2019.
 
back to top