Ini Cara Memilih Air Radiator yang Sesuai Jenis Mobil Anda

09/03/2020

Perawatan dan service

5 menit

Ini Cara Memilih Air Radiator yang Sesuai Jenis Mobil Anda
Cara memilih air radiator yang tepat buat sistem pendinginan mesin mobil Anda ternyata harus memperhatikan beberapa hal. Seperti teknologi yang terdapat pada air radiator itu, sampai memperhatikan warna air radiator.

Ketika harus mengisi ulang air radiator, mungkin Anda sedikit kebingungan. Mana kira-kira air radiator yang cocok dengan mobil Anda. Karena di toko perlengkapan dan aksesoris mobil, dijual begitu banyak merek dan jenis air radiator mobil.

Lalu bagaimana cara memilih air radiator yang tepat buat kendaraan Anda? Tim Cintamobil.com akan memaparkan berapa tipsnya berikut ini.

1. Lihat Spesifikasinya

Gambar menunjukkan radiator coolant pada mobil

Sesuaikan air radiator dengan spesifikasi mesin mobil Anda

>>> Pintarlah Pilih Ban Untuk Mobil Pada Musim Hujan

Dipasar suku cadang dan aksesoris mobil, banyak sekali merek dan jenis air radiator. Namun perlu Anda ketahui, saat akan memilih mana yang cocok dengan mesin kendaraan Anda di iklim tropis seperti Indonesia sebaiknya pilih yang jenis radiator coolant. Selain itu perlu diperhatikan pula spesifikasi air radiator tersebut.

  • Inorganic Additive Technology (IAT)

Air radiator yang menggunakan IAT biasanya dipakai untuk kendaraan produksi tahun tua. Air radiator ini pun wajib diganti tiap dua tahun sekali atau 38.000 kilometer.

  • Organic Acid Technology (OAT)

Sementara itu untuk air radiator mobil yang mengandung OAT biasanya dikeluarkan oleh pihak General Motors. Air radiator ini wajib diganti setiap 5 tahun atau ketika mobil menempuh jarak 80.000 kilometer

  • Hybrid Organic Acid Technology (HOAT)

Kalau air radiator yang satu ini sebenarnya sama saja karakternya dengan yang mengandung OAT. Interval penggantiannya pun serupa.

>>> Apakah Anda sudah tahu cara merawat mobil yang benar? Klik sini untuk simak beberapa tips merawat mobil dari ahli Indonesia

2. Dari Warnanya

warna air radiator

Cara memilih air radiator juga bisa disesuaikan dari warnanya

>>> Pilihan mobil bekas berkualitas paling lengkap klik disini

Anda sering kebingungan untuk mengetahui cara memilih air radiator yang paling tepat mengingat warna dari cairan pendingin ini bermacam-macam? Nah kami beri tahu alasannya mengapa ada banyak macam warna air radiator.

  • Air Radiator Hijau

Dikutip dari Droto, Untuk radiator coolant dengan warna hijau biasanya digunakan oleh pabrikan Mazda, Suzuki, Wuling, dan DFSK.

  • Air Radiator Merah Muda

Untuk air radiator warna merah muda seringnya dipakai oleh Toyota dan Daihatsu.

  • Air Radiator Biru

Kalau warna air radiator yang biru acap kali dipakai oleh Honda, Mitsubishi, Nissan, dan Datsun.

>>> Tips dan trik menarik lainnya seputar mobil ada disini

Penulis
Sudah menulis di media online sejak 2009, Pras sangat berpengalaman di bidang otomotif. Pria penggemar mobil modifikasi ini sudah mencicipi berbagai jenis mobil, mulai LCGC hingga Hypercar. Pras menjadi anggota tim redaksi Cintamobil.com sejak 2019.
 
back to top