Ini Cara Bersihkan Lumpur pada Ban Mobil yang Benar

Share this post:
Ini Cara Bersihkan Lumpur pada Ban Mobil yang Benar
Ketika Anda telah melewati kondisi jalan yang beragam inilah masalah pada ban sering muncul. Yakni ban menjadi kotor atau banyak sisa lumpur yang menempel pada ban. Oleh karena itu, ada baiknya Anda mengetahui cara bersihkan lumpur pada ban mobil.

Ban adalah komponen yang cukup vital pada sebuah kendaraan, termasuk mobil. Karena ban merupakan komponen yang langsung bersentuhan dengan permukaan jalan saat bergerak. Jadi sepertinya mustahil jika sebuah kendaraan bisa bergerak tanpa dilengkapi dengan ban.

Oleh karena itulah, merawat ban sama pentingnya dengan merawat mesin. Karena terkadang saat berkendara, Anda tidak hanya melewati jalan beraspal mulus dan rata, namun juga menjumpai jalan yang berlubang, genangan air, banjir, atau lumpur.

>>> Baca juga: Cara Merawat Ban Serep

Ketika Anda telah melewati kondisi jalan yang beragam inilah masalah pada ban sering muncul. Yakni ban menjadi kotor atau banyak sisa lumpur yang menempel pada ban. Oleh karena itu, ada baiknya Anda mengetahui cara bersihkan lumpur pada ban mobil.

Karena jika sisa-sisa kotoran tersebut dibiarkan, maka kotoran dan lumpur tadi dapat mengganggu kinerja serta usia pakai dari ban itu sendiri. Sebaliknya, jika Anda membersihkan dengan cara yang salah, daya tahan ban mobil Anda juga akan berkurang.

Untuk itulah kali ini tim Cintamobil.com akan membagikan tips cara bersihkan lumpur pada ban mobil yang baik dan benar.

Segera Bersihkan

Segera bersihkan lumpur pada ban

Jangan tunggu sampai besok

Tips pertama untuk menyingkirkan kotoran atau lumpur di ban adalah dengan segera membersihkannya. Setelah Anda melewati jalan becek atau berlumpur, maka sesegera mungkin bersihkan ban mobil Anda. Jangan tunggu sampai keesokan harinya. Jangan sampai noda lumpur mengering sehingga menjadi lebih sulit untuk dibersihkan.

>>> Perhatikan Kadar PH Sabun Saat Cuci Mobil

Gunakan Air Bertekanan Tinggi

Air bertekanan tinggi

Semprotkan air ke noda

Cara bersihkan lumpur pada ban mobil yang bisa Anda lakukan sendiri adalah dengan menggunakan air bertekanan tinggi. Semprotkan air tersebut ke bagian-bagian ban yang meninggalkan noda lumpur. Dengan air bertekanan tinggi, maka noda-noda lumpur akan rontok dari permukaan ban. Pastikan semua noda lumpur rontok dengan sendirinya ketika Anda menyemprotkan air.

>>> Cek harga Wuling Almaz terbaru disini

Jangan Gunakan Sabun

Gunakan cairan khusus ban

Hati-hati bahaya sabun

Jika ada noda lumpur yang membandel, sebaiknya jangan gosok permukaan ban dengan sabun cuci piring atau sabun cuci pakaian. Gunakanlah cairan khusus untuk pembersih ban, atau jika terpaksa tidak ada cairan khusus ban, maka Anda dapat gunakan sabun cuci mobil. Setelah menggunakan sabun atau cairan pembersih ban, langsung segera bilas dengan air bersih sampai permukaan ban bebas dari sisa-sisa sabun.

Menggunakan sabun cuci piring untuk membersihkan ban akan membuat komponen pada ban rusak yang menyebabkan ban menjadi keras. Jika dibiarkan lebih lama lagi, maka ban yang mengeras ini akan mengganggu kenyamanan berkendara. Sebaliknya, jika ban dicuci dengan sabun khusus tetapi masih ada sisa-sisa sabun yang tertinggal, maka akan membuat ban memuai. Jika sudah seperti ini maka kinerja ban juga akan terganggu.

Akan lebih baik jika Anda membersihkan lumpur yang menempel pada ban hanya dengan air bersih saja. Gosok perlahan permukaan ban yang masih berlumpur dengan sikat halus dan air yang mengalir. Tindakan ini malah akan memperpanjang usia pakai ban.

>>> Temukan listing mobil bekas terbaik hanya di Cintamobil.com

Jangan Lupakan Ruang Fender

bersihkan ruang fender

Fender juga harus dibersihkan

Selain permukaan ban itu sendiri, cara bersihkan lumpur pada ban mobil adalah dengan memperhatikan pula bagian ruang fender. Karena biaasanya lumpur yang menempel pada ban, meninggalkan bercak juga di bagian fender. Jika tidak dibersihkan, maka noda-noda itu akan jatuh ke ban saat lumpur mengering.

>>> Baca tips Cintamobil.com lainnya di sini!

Share this post:
Penulis
Sudah menulis di media online sejak 2009, Pras sangat berpengalaman di bidang otomotif. Pria penggemar mobil modifikasi ini sudah mencicipi berbagai jenis mobil, mulai LCGC hingga Hypercar. Pras menjadi anggota tim redaksi Cintamobil.com sejak 2019.
 
back to top