Velg Penyok pada Mobil, Diganti atau Direparasi?

08/08/2021

Perawatan dan service

3 menit

Share this post:
Velg penyok memang masih bisa digunakan tetapi membuat kenyamanan berkendara berkurang, bahkan bisa membahayakan. Apa saja bahaya jika velg mobil Anda penyok?

Sebagai penopang beban kendaraan, velg mobil menjadi komponen penting yang harus terus dijaga fungsinya. Pasalnya jika velg rusak, roda kendaraan akan tidak berfungsi dengan baik, bahkan bisa membahayakan keselamatan. Umumnya, kerusakan velg meliputi velg penyok, retak, dan pecah. Jika velg sudah memberikan tanda kerusakan, ada baiknya segera diperbaiki atau ganti velg baru.

Penyebab Velg Mobil Penyok

velg penyok

Ada beberapa penyebab velg penyok

Ada banyak penyebab mengapa velg mobil bisa penyok, mulai dari kerusakan pabrikan hingga kelalaian pemilik. Berikut ini penyebab velg mobil rusak sehingga Anda bisa lebih antisipasi.

  • Kualitas velg mobil kurang baik

Biasanya untuk kebutuhan modifikasi, velg yang kokoh dan keren banyak dipilih. Namun, jangan lupakan untuk tetap memprioritaskan material dan ukuran velg yang tepat agar ban bisa tetap aman digunakan. Pastikan untuk teliti saat membeli velg saat modifikasi.

  • Mobil digunakan untuk mengebut

Penyebab lain yang membuat velg mobil cepat rusak adalah kecepatan yang digunakan. Jika mobil sering dibawa ngebut, berisiko menghantam lubang yang tak terlihat sehingga ban dan velg menjadi penyok.

>>> Ini Sebab Ban Mobil Bisa Kempis Sendiri

Bahaya Velg Penyok Pada Mobil

velg pecah

Velg yang penyok berisiko pecah

Agar perjalanan tetap nyaman, periksa kualitas velg secara teratur. Mobil dengan velg yang penyok akan memberikan sensasi yang tak nyaman. Pasalnya saat velg mobil penyok, suspense dan laju kendaraan jadi nggak nyaman.

Bahaya lain saat velg penyok adalah membuat setir terasa bergetar, khususnya jika dikendarai dengan kecepatan tinggi. Jika velg terlanjur penyok dan Anda terpaksa mengendarai mobil, pastikan kemudi dengan hati-hati dan pelan-pelan saat di tikungan.

>>> Indonesia Bakal Lahirkan 15 Juta Kendaraan Listrik pada 2030

Memperbaiki Velg yang Penyok

Mungkin Anda bertanya bagaimana cara memperbaiki velg yang penyok? Ada beberapa alternatif untuk memperbaikinya sebelum menggantinya dengan yang baru.
Untuk beberapa jenis velg racing, Anda bisa memukul-mukul bagian penyok dengan balok kayu karena velg racing relative lebih lunak sehingga mudah diluruskan. Sementara untuk velg bawaan pabrik yang lebih keras, panaskan terlebih dahulu sebelum dipukul dengan balok kayu.

Jika velg mobil penyok parah, Anda bisa mereparasi ke bengkel spesialis reparasi. Biasanya teknisi akan menggunakan rim repair machine atau mesin pres untuk memperbaiki bentuknya kembali. Namun, jika ingin lebih aman berkendara, ada baiknya segera ganti karena dapat mempengaruhi keseimbangan rotasi pada ban, bahkan berisiko velg pecah. Itu dia informasi singkat mengenai velg penyok. Semoga bermanfaat!

>>> Baca artikel tentang tips & trik seputar otomotif hanya di Cintamobil.com

Lulus dari jurusan jurnalistik, wanita kelahiran Tangerang ini mengawali kariernya sebagai content writer tujuh tahun lalu. Memiliki hobi nonton dan berselancar di media sosial, saat ini aktif sebagai penulis lepas di Cintamobil.com.
 
back to top