Ini Bahan Alami untuk Kabin Mobil Anda Agar Tetap Wangi

13/12/2019

Perawatan dan service

3 menit

 Ini Bahan Alami untuk Kabin Mobil Anda Agar Tetap Wangi
Menggunakan bahan alami untuk kabin mobil sangat baik untuk kesehatan. Selain kesehatan, cara ini juga direkomendasika agar menyehatkan keuangan Anda.

Pasti Anda sebagai pengguna mobil pernah kedapatan menemukan kondisi mobil yang Anda gunakan berbau tidak mengenakan. Terlebih jika mobil yang Anda gunakan dalam keadaan kotor. Keadaan seperti ini tentunya membuat perjalanan Anda ketika berkendara akan merasa tidak nyaman.

>>> Review Toyota Fortuner G VNT 2014: Big SUV Bekas Terkenal Awet dan Tangguh di Jalan

Gambar menunjukan kabin mobil yang bau

Kabin mobil yang mengeluarkan aroma tidak sedap tentunya sangat menggangu perjalanan Anda

Biasanya kita untuk menyegarkan aroma kabin mobil mengandalkan parfum. Tetapi sayangnya ketika parfum habis yang tertinggal adalah alkohol yang gampang menguap. Tentunya hal itu tidak baik untuk kesehatan Anda. Sebaiknya aroma parfum tersebut bisa diganti menggunakan bahan-bahan yang lebih alami. Mulai dari rempah-rempah, bunga, hingga biji-bijian.

Berikut bahan alami yang bisa membuat kabin mobil Anda jadi lebih segar dan mengusir aroma tidak sedap yang bisa Anda gunakan.

Langkah pertama bahan alami yang bisa Anda coba, letakan beberapa biji kopi di bagian tempat inginkan. Langkah ini dicoba karena kopi dipercaya mampu menyerap segala sesuatu yang berhubungan dengan aroma tidak mengenakan dan membuat aroma lebih mengenakan.

Selanjutnya yang bisa Anda coba irisan daun pandan. Selain alami, bahan ini dapat menghilangkan bau tak sedap dan menghindarkan Anda menggunakan opsi pemakaian pewangi kimiawi yang tidak baik untuk kesehatan. Tidak hanya itu, kesehatan kantong juga tak terkuras akibat seringnya mengganti parfum mobil.

>>> Pilihan mobil bekas berkualitas terlengkap ada di sini

Gambar menunjukan Bunga kenaga

Bunga kenanga bisa menjadi opsi wewangian alami untuk kabin mobil Anda

Kemudian bunga melati atau (Jasminum Officinale). Kembang ini bisa Anda dapatkan dengan mudah di pasar tradisional. Cara menggunakannya cukup ditebar secukupnya di bawah jok mobil penumpang. Nantinya kabin mobil Anda akan mengeluarkan aroma wangi dari kembang tersebut. Untuk informasi tambahan, kembang ini sendiri digunakan juga sebagai aromaterapi untuk mengobati gangguan saraf dan kecemasan.

Kembang lainnya yang bisa Anda gunakan sebagai bahan alami ialah Kenanga atau (Canangium Odoratum). Kembang ini mengeluarkan aroma wangi yang mengandung beberapa unsur penting sebagai insektisida alami. beberapa komponen tersebut antara lain eugenol, linalool, dan geranio. Sebaiknya ketika Anda memilih kembang ini, pilihlah yang sudah berwarna kuning.

Terakhir bahan alami untuk kabin mobil yang bisa Anda coba ialah sereh. Bahan ini sendiri mengandung minyak atsiri yang berguna untuk memperkuat dan meningkatkan fungsi sistem saraf. Hal ini terjadi karena bahan ini mudah mengeluarkan minyak dan teroksidasi dengan udara. Makin teroksidasi, kian segar baunya. Untuk mengaplikasinya Anda cukup ambil sekitar 25 tangkai dan lalu patahkan, selanjutnya bisa Anda simpan di bawah jok. Nantinya ketika AC difungsikan aroma segar akan memenuhi ruang kabin mobil Anda. 

>>> Tips dan trik menarik lainnya cek disini

Sejak kuliah, Rahmat telah bercita-cita menjadi seorang jurnalis. Sarjana Sastra Indonesia ini mulai menjadi jurnalis sejak 2013 dan terjun di media otomotif setahun kemudian. Rahmat bergabung dengan tim redaksi Cintamobil.com sejak 2019.
 
back to top