Ini Bagian - bagian Mobil yang Perlu Perhatian Khusus Selama Musim Hujan

Ini Bagian - bagian Mobil yang Perlu Perhatian Khusus Selama Musim Hujan
Musim hujan, beberapa bagian mobil memerlukan perhatian khusus agar tidak berdampak pada kondisi mobil dan keselamatan pengendara. Berikut ulasannya!

Foto mobil melaju di jalan saat hujan

Tak sama berkendara saat hujan dengan saat cerah

Saat musim hujan tiba, tentu cuaca akan semakin sulit ditebak. Bagi Anda yang berkendara dengan mobil, meski tidak khawatir kehujanan, tetapi ada beberapa bagian mobil yang membutuhkan perlindungan khusus selama musim hujan agar Anda tidak mengalami masalah saat menggunakannya. Berikut ini beberapa bagian mobil yang perlu perhatian khusus, diantaranya :

1. Kaca dan wiper

Bagian terpenting yang perlu perhatian dan perlindungan khusus saat memasuki musim hujan adalah kaca dan wiper mobil. Kaca merupakan bagian penting yang memungkinkan penumpang dan pengemudi dapat melihat kondisi jalan di depannya. Saat hujan, pandangan Anda tentu dapat terhalang karena adanya aliran air hujan di permukaan kaca. Penting bagi Anda untuk memberi perhatian khusus pada kaca dengan rutin membersihkannya agar kejernihan kaca tetap terjaga. Kaca mobil yang terkena air hujan dan tidak dibersihkan dengan baik dapat menyebabkan kaca mobil Anda berjamur.

Selain kaca, wiper menjadi bagian mobil yang tak kalah penting saat musim hujan. Wiper berfungsi untuk menyingkirkan air sehingga pandangan Anda tidak terhalang air hujan. Anda perlu memberikan perhatian khusus dan memastikan wiper mobil Anda dalam kondisi normal. Bila karet wiper mulai pecah dan mengeras, Anda perlu segera menggantinya. Karet wiper yang mengeras, selain tidak dapat membersihkan aliran air hujan dengan sempurna juga justru dapat membuat kaca menjadi rusak tergores.

>>> Ini Tips Mengganti Wiper Mobil Saat Musim Hujan

2. Lampu mobil

Hujan yang deras disertai cuaca yang mendung tentunya akan mengganggu jarak pandang Anda saat mengemudikan mobil. Penggunaan lampu tentu merupakan hal penting yang dilakukan untuk meningkatkan visibilitas. Saat kondisi hujan dan cuaca buruk, lampu mobil harus terus menyala, selain membantu pandangan pengemudi, lampu yang menyala dapat membantu pengendara lain menyadari keberadaan kendaraan Anda, sehingga mengurangi kemungkinan kecelakaan. Saat memasuki musim hujan, Anda perlu memastikan seluruh lampu mobil Anda dapat menyala dan dalam kondisi baik. Bagian reflektor atau penutup lampu harus pula dipastikan dalam kondisi bersih agar cahaya lampu yang dihasilkan dapat terpancar dengan maksimal.

>>> Agar Perjalanan Lebih Aman, Tips Memilih Jenis Lampu Saat Musim Hujan

Foto lampu mobil tampak cemerlang

Lampu mobil bersih cemerlang membantu visibilitas yang lebih baik

3. Ban dan velg

Bagian mobil yang membutuhkan perlindungan khusus selama musim hujan selanjutnya adalah bagian ban dan velg. Kedua bagian ini merupakan bagian mobil yang memiliki interaksi langsung dengan permukaan jalan. Agar Anda tetap dapat berkendara dengan aman di musim hujan, sebaiknya perhatikan baik - baik kondisi ban dan velg mobil Anda. Bila kedalaman pola ban Anda sudah dangkal atau ban mulai halus permukaannya, Anda sebaiknya harus segera melakukan penggantian. Kondisi ban yang seperti ini dapat menurunkan daya cengkeram ban saat melewati jalan yang basah saat musim hujan.

>>> Baca juga tips perawatan penting untuk mobil Anda di sini

4. Rem

Rem merupakan bagian mobil yang sangat penting saat mobil digunakan berkendara. Rem berfungsi untuk mengurangi kecepatan bahkan menghentikan laju mobil Anda. Sebagian besar rem mobil menggunakan tipe rem cakram, di mana memerlukan perawatan khusus saat musim hujan. Cakram rem yang basah akan menjadi licin dan membuat rem gagal untuk bekerja. Saat musim hujan, tidak ada salahnya bila Anda selalu memastikan kondisi kampas rem masih dalam kondisi baik dan cakramnya masih cukup tebal. Bila keduanya mulai menipis, Anda tentunya harus segera menggantinya agar Anda tetap dapat berkendara dengan aman dan nyaman di musim hujan.

>>> Perbedaan Rem Non ABS Dan ABS Serta Kelebihan Dan Kekurangannya

Foto rem cakram mobil terlihat jelas

Rem mobil harus selalu dalam kondisi baik

>>> Tips terlengkap seputar mobil bisa ditemukan di Cintamobil.com

Penulis
Satu-satunya anggota redaksi yang berbasis di Jawa Tengah. Bergabung di Cintamobil.com sejak 2017 sebagai Content Writer. Saat ini, kerap menulis berbagai informasi seputar lalu lintas dan perkembangan transportasi di Indonesia.
 
back to top