Ini Alasannya Servis Mobil Harus Dilakukan Secara Rutin

06/09/2020

Perawatan dan service

4 menit

Share this post:
Ini Alasannya Servis Mobil Harus Dilakukan Secara Rutin
Setiap pabrikan menganjurkan agar para pemilik mobil melakukan servis mobil secara rutin. Rupanya ada alasan di balik itu semua. Simak penjelasannya berikut.

Setiap pabrikan pasti telah menetapkan jadwal servis berkala pada setiap mobil yang dijualnya. Hal itu dilakukan untuk mengingatkan para pemilik mobil agar tak lupa melakukan servis. Tujuannya agar kondisi mobil tetap prima sepanjang waktu. 

Selain memastikan kondisi mobil prima, rupanya ada sederet alasan lain di balik kewajiban pemilik mobil melakukan servis mobil rutin di bengkel. Berikut Cintamobil.com jabarkan 5 alasan untuk melakukan servis mobil rutin seperti Cintamobil.com kutip dari laman Wuling Indonesia. 

1. Mendeteksi Kerusakan Komponen Lebih Dini 

Melakukan servis mobil secara rutin dapat mengurangi potensi mogok di jalan. Kerusakan pada mobil bisa dideteksi lebih dini sebelum kerusakan yang lebih parah terjadi. 

servis mobil rutin

Kerusakan bisa dideteksi lebih dini

Malfungsi komponen mobil juga bisa dicegah karena melakukan servis secara rutin. Para mekanik akan menemukan penyebabnya dan memperbaiki sebelum sesuatu hal yang lebih parah pada mobil bisa terjadi.

>>> 4 Cara Tak Biasa Merawat Mobil Agar Bisa Panjang Umur

2. Meningkatkan Performa Mobil

Melakukan servis mobil rutin dapat membuat performanya terus prima. Keseluruhan komponen akan dicek saat servis. Komponen yang terlihat rusak ataupun usang bisa segera diganti. Dengan begitu, mobil akan lebih responsif dan tetap nyaman untuk dikendarai.

3. BBM Bisa Lebih Hemat

Setiap mobil memiliki standar efisiensi bahan bakarnya sendiri. Namun yang sering terjadi, para pengendara mengeluhkan mobilnya boros bensin tidak sesuai dengan klaim pabrikan. Salah satu penyebabnya adalah karena mobil jarang diservis secara rutin.

servis mobil rutin

Turut berdampak terhadap efisiensi bahan bakar

Akibatnya, Anda harus mengeluarkan biaya ekstra ketika mengisi bensin. Padahal, dengan melakukan servis rutin, seluruh komponen mobil dapat bekerja dengan baik dan berpengaruh terhadap pengisian bahan bakar yang lebih hemat. 

>>> Rajin Servis Berkala ke Bengkel Bisa Bikin Pengendara Untung

4. Umur Mobil Lebih Panjang

Bila mobil menggunakan komponen yang kondisinya baik karena servis secara mobil rutin rupanya juga dapat berimbas terhadap efisiensi bahan bakar. Kondisi mobil yang baik juga turut berpengaruh terhadap seberapa panjang usia mobil tersebut.

5. Memastikan Keamanan di Jalan

Servis mobil secara berkala juga dilakukan guna memastikan keselamatan Anda. Kecelakaan bisa terjadi lantaran adanya kerusakan pada sistem pengereman, kurangnya oli mesin, ataupun karet wiper kaca rusak. 

Sederet hal sepele yang bisa menimbulkan kecelakaan itu sebenarnya bisa dihindari dengan rutin melakukan servis mobil. 

>>> Tips dan trik menarik lain ada di sini

Share this post:
Dina Rayanti
Penulis
Dina Rayanti
Berpengalaman sebagai jurnalis otomotif sejak 2016 di media mainstream ternama di Indonesia, Dina juga pernah menguji beragam jenis mobil dan mengunjungi pameran otomotif dunia. Saat ini Ia dipercaya sebagai Editor redaksi Cintamobil sejak awal 2020

Berita lain

Rapid Service ala Daihatsu, Servis Tanpa Harus Turun dari Mobil

18/08/2020

Pasar mobil

3 menit

PT Astra Daihatsu Motor mengenalkan layanan purna jual berupa Rapid Service. Dengan layanan ini, konsumen bisa melakukan servis tanpa harus keluar dari mobil.

Lihat juga

Ketahui 5 Tanda Mobil Sudah Harus Diservis

05/07/2020

Perawatan dan service

4 menit

Tak semua pengendara rutin membawa mobilnya ke bengkel untuk dilakukan servis. Mobil sebenarnya punya tanda tersendiri yang berarti sudah harus diservis.

Lihat juga

Perlukah Airbag Diservis?

08/07/2020

Perawatan dan service

4 menit

Airbag merupakan salah satu fitur keselamatan dalam mobil yang akan berfungsi ketika mobil mengalami benturan keras. Dengan demikian perlukah airbag diservis?

Lihat juga

Biaya Servis Di Bengkel Resmi Membengkak, Minta Penjelasan Dan Jangan Emosi Dulu

02/05/2019

Perawatan dan service

2 menit

Pernahkah Anda mengalami membawa mobil ke bengkel resmi untuk ganti oli dan servis ringan saja, tapi malah 'ditodong' untuk mengganti ini-itu sehingga biaya servis pun membengkak? Apa yang akan Anda lakukan, marah atau terima keadaan?

Lihat juga

6 Keuntungan Servis Mobil Secara Berkala Sesuai Jadwal

17/06/2020

Perawatan dan service

3 menit

Selain mempermudah klaim garansi, servis berkala menjaga mobil dalam kondisi terbaik. Berikut 6 keuntungan servis berkala sesuai jadwal yang direkomendasikan pabrik.

Lihat juga