Ini Alasan Mengapa Oli Encer Cocok Untuk Mesin Modern

23/01/2019
Pada mesin-mesin terbaru yang telah mengusung teknologi mutakhir membutuhkan pelumas dengan tingkat viskositas rendah. Hal ini berhubungan dengan spesifikasi komponen bergerak didalam mesin. Inilah alasan mengapa oli encer lebih cocok untuk mesin modern.

Rata-rata mesin modern saat ini menggunakan oli yang encer dengan viskositas rendah. Ada alasan mengapa pabrikan merekomendasikan oli encer ini untuk mesin mereka. Mesin kini cenderung dibuat dengan mempertimbangkan efisiensi ruang mesin. Celah antar komponen di dalam mesin dibuat seefisien mungkin sehingga membuat mesin lebih kompak (kecil) dimensinya.

>>> Selama Ini Kita Salah! Ini Cara Menuangkan Oli Dengan Benar Tanpa Berantakan

Viskositas rendah membuat oli bisa mengoptimalkan kinerja mesin

Viskositas yang rendah pada oli encer membuat mesin bekerja lebih optimal baik

Dengan kondisi demikian maka dibutuhkan pelumas yang mampu meresap ke setiap sela mesin dengan cepat dan menyeluruh. Performa yang tinggi akan membuat putaran mesin lebih tinggi, hal ini membutuhkan kinerja oli yang mampu melumasi seluruh bagian mesin dengan cepat pula. Pelumas dengan viskositas rendah adalah jawaban yang tepat untuk kondisi mesin seperti itu.

Sehingga putaran mesin yang lebih cepat maka akan tercipta gesekan yang lebih tinggi. Suhu mesin menjadi lebih tinggi karena kondisi tersebut, maka itu pelumas dengan viskositas rendah sangat direkomendasikan.

>>> Apabila Anda tertarik untuk mengganti mobil dengan baru, Anda bisa mengunjungi lapak kami yang banyak menjual mobil baru dengan harga ekonomis

Tidak hanya untuk mobil mewah, mobil massal juga pakai oli encer

Oli encer juga mulai banyak digunakan oleh mobil massal mengingat teknologinya yang semakin canggih

Harus diingat juga bahwa sifat oli yang lengket tetap wajib dimiliki oleh pelumas dengan viskositas rendah, maksudnya adalah meski encer, aliran oli encer tidak pernah putus untuk terus menjangkau seluruh komponen didalam mesin. Selain itu kelebihan lain dari pelumas dengan viskositas rendah adalah mengurangi beban putaran mesin, hal ini berdampak pada penggunaan bahan bakar yang menjadi semakin irit.

>>> Baca juga tips dan trik mobil lainnya disini

Mahmudi Restyanto

Ulasan anda

Apakah artikel ini bermanfaat untuk Anda?
0

berita lain