Ini Alasan Mengapa Jumlah Baut Velg di Mobil Beda-beda

02/03/2020

Perawatan dan service

4 menit

Ini Alasan Mengapa Jumlah Baut Velg di Mobil Beda-beda
Pernahkah Anda memperhatikan jika jumlah baut velg di mobil jumlahnya berbeda-beda? Ada 3 baut, 4 baut, 5 baut bahkan 6 baut. Ternyata ini alasannya secara teknis

Gambar menunjukkan Ban dan pelek Isuzu Traga

Jumlah baut pada velg mobil bervariasi dari mulai 3 baut hingga 6 baut

Baut velg di roda berfungsi untuk mengunci ban dan velg ke as roda agar kuat dan tidak mudah terlepas. Jumlah baut velg di roda ini juga bervariasi jumlahnya, ada yang 3 baut, 4 baut, 5 baut, bahkan 6 baut. Perbedaan jumlah baut di velg ini bukan sekadar memperkuat pegangan velg ke as roda, apalagi untuk gaya-gayaan semata, pabrikan sudah menghitung secara rinci jumlah baut di velg ini yang meliputi fungsi, jenis mobil, dan bobot mobil.

>>> Ternyata velg dapat menjadi biang keladi ban selalu kempis

BEDA PERUNTUKAN BEDA JUMLAH BAUTNYA

"Jumlah baut itu disesuaikan atau tergantung dengan tipe mobil, mesin dan bobotnya," jelas Totok Yulianto, selaku 4W Service Section Head PT Suzuki Indomobil Sales. Pria ramah ini juga menjelaskan perbedaan baut ini juga dipengaruhi untuk peruntukan mobilnya. "Misal Suzuki New Carry, itu pakai 5 buah jumlah baut pelek-nya, beda dengan Baleno misalnya yang hanya 4 buah," lanjut Totok Yulianto.

Gambar menunjukkan jumlah baut velg Suzuki New Carry

Karena peruntukannya untuk angkut beban, Suzuki New Carry pakai 5 baut velg

Hal yang sama juga disetujui oleh Anjar Rosjadi, selaku Technical Service Executive Coordinator PT Astra Daihatsu Motor, "Jumlah baut tergantung dengan tipe mobil dan bobotnya, makin berat biasanya makin banyak jumlah baut velgnya," paparnya kepada Cintamobil.com. Namun ternyata modifikasi tertentu yang diyakini dapat menambah kekuatan velg seperti menambah jumlah baut dengan cara ganti PCD (Pitch Circle Diameter) velg mobil tidak bisa sembarangan dilakukan.

BOLEHKAH GANTI PCD AGAR VELG MAKIN KUAT?

"Secara basic terbaiknya adalah sesuai standar, sehingga efisiensi ataupun performa terbaik bisa dicapai. Namun terkadang ada customer yang melakukan modifikasi dan itu tidak bisa dihindari. Yang penting pada ubahan atau modifikasi PCD velg mobil tersebut dipastikan kekuatan dan keamanannya," lanjut Anjar Rosjadi yang berkantor di kawasan Sunter, Jakarta Pusat ini.

Gambar menunjukkan Daihatsu Hi-Max

Daihatsu Hi-Max pakai ukuran PCD velg 4x100mm

Lebih lanjut untuk menentukan velg yang pas untuk mobil, perlu mengetahui pola PCD yang digunakan sebagai patokan awal. PCD sendiri menggunakan satuan ukuran dalam milimeter (mm). Misalnya, pada pelek Honda Jazz tertera ukuran PCD 4x100 mm. Artinya, angka ‘4’ menunjukkan bahwa pelek tersebut menggunakan konstruksi 4 baut. Sementara untuk angka ‘100’, menunjukkan bahwa pelek tersebut menggunakan pola 4 baut dengan jarak antar baut yang berukuran 100 mm. 

>>> Dapatkan tips lainnya seputar mobil hanya di rubrik tips n trick Cintamobil.com

Gambar menunjukkan ban dan pelek Suzuki XL7

Suzuki XL7 menggunakan velg baut 5 dengan PCD 5x114,3

Mobil dengan jumlah baut velg 5 juga kini makin ramai digunakan pada mobil keluaran anyar. Ambil contoh Toyota Sienta dengan PCD 5x100, lalu ada juga jagoan terbaru Suzuki yakni XL7 dengan velg buatan Enkei, ukuran PCD-nya dengan All New Suzuki Ertiga yaitu 5x114,3. So, jadi itulah alasan mengapa jumlah buat pada pelek berbeda-beda dan tidak bisa sembarangan mengganti PCD demi menambah kekuatan velg. Sebab pabrikan sudah menghitung secara seksama.

>>> Cari mobil baru atau second berkualitas? Situs Cintamobil.com tempatnya

Penulis
Mengawali karir sebagai jurnalis otomotif pada 2014, setahun kemudian Arfian menjadi test driver di sebuah tabloid otomotif nasional. Bergabung di Cintamobil.com sejak 2018, Kini ia menjadi Managing Editor Cintamobil.com
 
back to top