Ini Alasan Kenapa Harus Gunakan Suku Cadang Asli pada Mobil

26/03/2021

Perawatan dan service

3 menit

Share this post:
Ini Alasan Kenapa Harus Gunakan Suku Cadang Asli pada Mobil
Jika Anda tidak gunakan suku cadang asli dari pabrikan jangan berharap bisa mengajukan klaim warranty atau garansi dan harus bayar penuh biaya perbaikan.

Beberapa komponen mobil harus diganti baru akibat pemakaian atau usianya mencapai waktu untuk diganti guna menjaga kondisi mobil supaya tetap prima. Itulah alasan mengapa pemilik kendaraan untuk menjalankan servis berkala secara rutin guna mengecek kondisi mobil dan mengganti komponen yang sudah waktunya diganti tanpa perlu menunggu sampai rusak. 

>>> Memilih Warna Jok Mobil yang Bagus Agar Interior Makin Elegan

Gambar menunjukan Bengkel Autoo2000

Bengkel Auto2000

Alasan Harus Menggunakan Suku Cadang Mobil Asli

Anda sebaiknya mengganti suku cadang di bengkel resmi yang dimiliki oleh setiap pabrikan. Biasanya di bengkel resmi Anda akan mendapatkan garansi dan bisa mengklaimnya jika mengalami kerusakan. Tak bisa dipungkiri saat ini banyak toko suku cadang yang menawarkan barang namun tidak asli dan justru berdampak buruk pada mobil Anda.

Patut diingat, komponen tersebut spesifikasinya belum tentu sesuai untuk kebutuhan kendaraan Anda yang beredar di Indonesia. Berbeda dengan komponen yang dijual di bengkel resmi pasti sesuai untuk digunakan oleh mobil Anda dan memiliki kualitas yang dapat diandalkan.

Masalah timbul jika ternyata onderdil yang diganti di luar bengkel tersebut mengalami gangguan dan mobil dibawa ke bengkel resmi. Pihak bengkel akan menganalisa kerusakan yang terjadi, termasuk memeriksa asal-usul onderdil pengganti. Kalau ternyata ditemukan penyebab kerusakan adalah akibat parts yang diganti di luar bengkel, maka Anda tidak dapat mengajukan klaim warranty atau garansi dan harus membayar penuh biaya perbaikan sesuai estimasi service advisor.

Oleh karena itu, Anda disarankan untuk selalu melakukan penggantian komponen kendaraan di bengkel resmi agar kualitasnya terjamin. Selain jaminan kualitas orisinil yang andal dan terpercaya, biasanya terdapat warranty parts untuk kurun waktu tertentu.

>>> Deretan Mobil Toyota yang Dapat Diskon PPnBM

Gambar menunjukan Bengkel Auto2000

Harga jual kembali bisa bersaing

Harga Jual Mobil Bisa Tinggi

Di samping itu, apabila mobil Anda selalu melakukan perawatan dengan memakai komponen asli dan rutin menjalani servis berkala di bengkel resmi, maka jika mobil tersebut hendak dijual kembali, nilainya bisa tetap bertahan. Ini karena calon konsumen akan menilai jika mobil tersebut dalam kondisi selalu prima akibat mendapat perawatan yang tepat.

Anda juga bisa menghemat pengeluaran karena menggunakan suku cadang asli. Usia pakai suku cadang asli relatif lebih lama daripada barang KW atau replika, maka pada akhirnya Anda akan menghemat biaya perawatan kendaraan dalam jangka panjang. Karena proses penggantian komponen bisa lebih lama durasinya. Misalnya kalau pakai suku cadang asli komponen itu baru akan diganti 5 tahun lagi, tapi kalau pakai yang KW, setiap 1 tahun sekali komponen tersebut sudah jebol lagi.

>>> Mobil Kena Recall Pompa Bensin Tapi Belum Sempat Ganti, Aman Dikendarai?

Share this post:
Sejak kuliah, Rahmat telah bercita-cita menjadi seorang jurnalis. Sarjana Sastra Indonesia ini mulai menjadi jurnalis sejak 2013 dan terjun di media otomotif setahun kemudian. Rahmat bergabung dengan tim redaksi Cintamobil.com sejak 2019.
 
back to top