Ini Akibatnya Kalau Mencampur Angin Ban Nitrogen dengan Angin Biasa

17/01/2020

Perawatan dan service

5 menit

Share this post:
Ini Akibatnya Kalau Mencampur Angin Ban Nitrogen dengan Angin Biasa
Ketika tekanan angin ban berkurang namun tidak tersedia pengisian angin nitrogen, apakah boleh mencampur angin ban nitrogen dengan angin biasa? Apakah ada bahayanya buat ban mobil Anda?

Mungkin Anda sudah mendengar banyak pendapat yang mengatakan, mengisi angin ban mobil dengan nitrogen lebih dianjurkan dibanding angin biasa. Beberapa kelebihan pun sering kali dijabarkan tentang penggunaan nitrogen pada ban mobil ini.

>>> Menggunakan Nitrogen untuk Ban, Apa Untungnya?

Namun adakalanya, saat ban mobil kekurangan tekanan angin, Anda kesulitan mendapatkan tempat pengisian nitrogen. Lantaran tidak semua toko ban di pinggir jalan menyediakan angin nitrogen. Selain itu, biasanya mengisi angin ban nitrogen lebih mahal biayanya dibanding pakai angin biasa.

1. Jika Nitrogen Dicampur Angin Biasa

tempat pengisian angin ban nitrogen

Tidak semua bengkel ban punya ketersediaan angin nitrogen

Ketika sulit mendapatkan nitrogen, apakah boleh mencampur angin ban nitrogen dengan angin biasa? Ternyata hal ini sebenarnya boleh saja. "Tapi kelebihan nitrogen akan tertutup dengan angin biasa," ucap Abeng, mekanik bengkel ban di kawasan Tangerang.

>>> Promo mobil baru terbaik untuk Anda ada semua disini

Ia menjelaskan, nitrogen memiiki beberapa keunggulan saat digunakan untuk mengisi tekanan angin ban. Antara lain tekanan pada ban lebih stabil dan angin tidak cepat menguap dibanding menggunakan angin biasa.

"Kalau sebelumnya pakai nitrogen kemudian diisi angin biasa, ya jadi seperti pakai angin biasa. Kalau pun mau pakai angin biasa, sebaiknya sementara saja. Kalau sudah ketemu tempat tambal ban yang pakai nitrogen, dikuras dulu angin biasanya kemudian isi lagi pakai nitrogen," ucap dia.

2. Perhatikan Tekanan Angin Ban

mengukur tekanan angin ban

Yang terpenting jangan sampai ban kekurangan tekanan angin

>>> Pilihan mobil bekas terbaik yang berkualitas dan terlengkap buat Anda ada disini

Yang perlu diperhatikan saat tekanan angin ban berkurang pesan Abeng adalah jangan sampai hal itu berlangsung lama. "Pastikan tekanan angin ban sesuai yang direkomendasikan pabrikan. jangan lebih jangan kurang," katanya.

"Antara nitrogen dan angin biasa cuma beda karakter saja. Yang penting ban jangan sampai kurang angin," kata dia. Hal ini untuk membantu merawat ban dan juga memberikan pengalaman berkendara yang lebih nyaman.

>>> Tips dan trik menarik lainnya ada disini

Share this post:
Penulis
Sudah menulis di media online sejak 2009, Pras sangat berpengalaman di bidang otomotif. Pria penggemar mobil modifikasi ini sudah mencicipi berbagai jenis mobil, mulai LCGC hingga Hypercar. Ia menjadi anggota tim redaksi Cintamobil.com sejak 2019.

Berita lain

Ini Kelebihan Nitrogen untuk Ban Dibandingkan Angin Biasa

14/11/2019

Perawatan dan service

3 menit

Selain pengisian angin biasa, di SPBU dan bengkel juga terdapat pengisian nitrogen untuk ban. Lalu mana yang lebih baik dari keduanya?

Lihat juga

Pakai Nitrogen Lebih Berkualitas, Tapi Tidak Menjamin Ban Mobil Lebih Awet

19/09/2019

Perawatan dan service

3 menit

Penggunaan Nitrogen untuk ban mobil semakin makin ngetrend. Selain mobil jadi lebih enak dikendarai, ada anggapan kalau menggunakan nitrogen membuat ban mobil lebih awet. Benarkah demikian?

Lihat juga

Ini Langkahnya, Simak 5 Tips Merawat Ban Tubeless Mobil

05/10/2019

Perawatan dan service

5 menit

Melihat tren saat ini yang mana ban Tubeless sudah banyak diaplikasikan pada mobil-mobil terbaru, maka tak heran, banyak dari pengendara bertanya bagaimana tips untuk merawatnya. Supaya lebih awet dan punya masa umur panjang, berikut 5 tips merawat ban Tubeless mobil.

Lihat juga

Detail Lengkap Perubahan Toyota Vios 1.5G 2018

06/04/2018

Editor rate:

Jika dulu Corolla menjadi model sedan terpopuler Toyota, maka sejak 15 tahun silam predikat tersebut telah diambil-alih oleh Toyota Vios. Begitu populernya, ditambah reputasi tangguhnya daya tahan mobil, membuat Toyota Vios juga diminati sebagai armada taksi. Mulai hadir sejak 2003, kini Toyota Vios telah memasuki model generasi ketiga, diluncurkan lima tahun silam. Apa spesifiaksi mobil sedan ini? Silahkan simak spesifikasi Toyota Vios 2018 Indonesia di bawah ini.

Lihat juga

Update/ Pembaruan harga mobil Honda Civic terbaru Oktober Di Indonesia

01/10/2020

Honda

Jika dilihat dari rekam jejaknya, Honda Civic memiliki perjalanan panjang. Tak heran, jika produk unggulan Honda ini diberikan perubahan besar-besaran pada bulan April 2016. Bagaimana tampilan terbarunya? Berapa harga Honda Civic terbaru 2020?

Lihat juga