Ini 5 Barang Berbahaya Jika Ditinggal di Mobil

22/02/2021

Perawatan dan service

3 menit

Perlu diketahui ada barang-barang berbahaya jika ditinggal di dalam mobil. Barang ini bisa berpotensi meledak dan juga membuat interior mobil Anda kotor.

Meninggalkan barang di mobil bisa memicu tindak kejahatan. Maka dari itu setiap pengendara diimbau untuk tak meninggalkan barang di dalam mobil guna menghindari tangan jahil beraksi. 

Tapi rupanya meninggalkan barang di dalam mobil juga dilakukan demi keamanan si mobil itu sendiri. Terlebih kalau mobil terparkir di bawah sinar matahari langsung dan terdapat barang yang memicu meledak saat terkena panas. Berikut ini 5 barang berbahaya jika ditinggal di mobil saat terparkir dikutip laman Hyundai Indonesia, Selasa (23/2/2021). 

>>> Hindari Kerusakan, Barang yang Tidak Boleh Diletakkan di Dalam Garasi

1. Korek Gas 

Beberapa pengendara seringkali tak sadar meninggalkan korek gas di dalam mobil. Tapi hal ini perlu dihindari dan diwaspadai. Bahan bakar gas dengan wadah berbahan plastik jika kena panas akan meningkatkan tekanan gas dan melelehkan plastiknya. Bahkan jika panas dalam mobil mencapai 100 derajat, bisa meledak dan terlempar keluar hingga memecahkan kaca. 

korek gas

Periksa kembali sebelum turun dari mobil

2. Botol Minum Plastik

Botol minuman plastik dapat dengan mudah meleleh di dalam mobil dan diparkir di bawah terik matahari. Apabila botol minuman itu terisi air, sebaiknya jangan dilanjutkan meminumnya. Karena reaksi kimia dari plastik yang tertinggal di dalam mobil ikut larut ke dalam air minum dan bisa membahayakan tubuh. 

>>> Bahaya Menyimpan Makanan di Dalam Mobil

3. Lipstik, Crayon, Coklat 

lipstick bisa meleleh

Meninggalkan barang di mobil sejenis lipstik, crayon, dan juga coklat memang tak memberi dampak signifikan dan membuat mobil meledak. Tetapi ketiga barang itu berpotensi meleleh kalau ditinggalkan di mobil. Saat mobil diparkir di lokasi yang panas, suhu kabin meningkat dan melelehkan lipstik, crayon dan coklat. Hal ini bisa mengotori kabin mobil dan meninggalkan noda yang susah dibersihkan. 

4. Minuman Soda

minuman soda

Minuman soda bisa meledak

Panas menyebabkan penumpukan tekanan dan bisa mengakibatkan kaleng minuman soda meledak. Minuman berkarbonasi sebaiknya dijaga dalam suhu kamar atau dingin. Peningkatan suhu di luar kaleng akan mengakibatkan peningkatan suhu minuman di dalamnya dan meningkatkan tekanan ke dan berpotensi meledak. 

5. Barang Elektronik

barang di mobil

Meninggalkan barang seperti kamera bisa berbahaya

Meninggalkan barang elektronik di dalam mobil menjadi pemicu tangan jahil untuk mengambilnya. Untuk itu, elektronik menjadi satu barang berbahaya jika ditinggal di mobil. Barang elektronik sejenis ponsel, kamera digital, dan lainnya tidak tahan terhadap panas di kabin yang berlebihan, terutama baterainya.  Baterai yang digunakan sebagai sumber energi pada gadget dapat mengalami kebocoran karena panas. 

>>> 5 Barang Wajib Ada di Mobil Saat Musim Hujan

Lulusan Universitas Trisakti ini mengawali karir jurnalis otomotif di salah satu media ternama di Indonesia sejak 2016. Sebagai jurnalis di bidang otomotif, tentu dituntut untuk mengetahui ragam informasi yang berkaitan dengan mobil, motor, hingga lalu lintas kendaraan. Tidak cuma memiliki pengetahuan soal industri otomotif Tanah Air, bekerja di media mainstream artinya dituntut juga untuk menyajikan berita secara cepat dan akurat. Dengan kemampuan yang dimiliki, sejak saat itu pula mulai dipercaya untuk mengetes ragam mobil baru di Indonesia maupun luar negeri. Tak cuma itu, aneka pameran otomotif berskala nasional dan internasional di berbagai negara juga telah dihadirinya. Pada tahun 2020, memutuskan untuk bergabung dengan Cintamobil.com sebagai Editor. Roles Sebagai Editor di Cintamobil.com, Dina berperan menulis sekaligus mengedit tulisan agar lebih enak untuk dibaca dan juga mengontrol pemberitaan yang lebih layak. Di samping itu, tetap memantau pergerakan berita di industri otomotif nasional dalam dan juga luar negeri. Specialities Memantau pergerakan berita di industri otomotif sekaligus menulisnya dengan cepat Mengedit berita Experience - GIIAS 2016, 2017, 2018, 2019 - IIMS 2017, 2018, 2019 - IMOS 2016, 2018 - Geneva International Motor Show 2017 - Tokyo Auto Salon 2019

 
back to top