Ingin Pasang Lampu LED Aftermarket? Simak Tips Amannya Berikut ini

20/01/2020
Aplikasi lampu LED aftermarket tak hanya sekedar estetika atau mementingkan pancaran cahaya yang lebih terang, namun juga perhatikan keamanan pemasangannya.

Di balik menjamurnya tren aplikasi lampu LED aftermarket, tak jarang pemilik mobil atau penggemar modifikasi yang belum memahami dengan baik seputar pemasangan lampu LED. Padahal, sangat penting untuk memastikan pemasangan dengan cara yang baik dan aman. Tujuannya, selain untuk memastikan lampu LED dapat berusia panjang, juga untuk mencegah kerusakan akibat salah pemasangan.

Foto ilustrasi lampu LED Aftermarket

Jangan asal terang, namun LED aftermarket juga perlu diperhatkan penempatannya agar tak mengganggu pengendara lainnya

>>> Awal Tahun 2020 Autovison Luncurkan Empat Produk Lampu LED Terbaru

Istilah LED sendiri merupakan singkatan dari (Light Emitting Diode), artinya bohlam lampu tak lagi menggunakan gas dan filament untuk menyala, melainkan menggunakan rangkaian diode yang disusun hingga menjadi sebuah lampu. “Oleh karena itu, lampu LED lebih efisien dalam penggunaan daya sekaligus lebih terang jika dibanding dengan lampu konvensional lainnya seperti halogen hingga HID,” ujar Ricky, Marketing Manajer Sampurna Part Niaga, selaku produsen lampu LED merek Autovision. 

Foto paket lampu LED aftermarket dari Autovision

Pilih lampu LED aftermarket yang berkualitas agar aman dan awet

>>> Niat Ganti Klakson Mobil? Pahami Dulu Tipe dan Harganya

Namun kelemahan lampu LED adalah panas yang dihasilkan cukup tinggi, sehingga membutuhkan komponen pendingin dalam rangkaian lampu LED. Untuk itu, peletakkan lampu LED aftermarket menjadi sangat penting untuk diperhatikan. Jika ingin menggunakan LED untuk lampu depan, pastikan pemasangan yang benar dan jauhkan jalur rangaiannya dari kemungkinan terkena hawa panas mesin. Selain itu, karena LED membutuhkan daya listrik lebih kecil, maka membutuhkan ballast khusus untuk membuatnya bekerja dengan optimal. “Rangkaian LED modern yang dijual di pasaran memang sudah bisa langsung terpasang, karena ballast sudah menjadi satu kesatuan. Namun tak ada salahnya untuk kembali memastikan kualitas dari komponen pendukungnya sebelum terpasang,” wanti Ricky.

Foto jenis lampu LED untuk setiap kendaraan

Kini LED aftermarket tersedia beragam jenis untuk berbagai keperluan, mulai dari lampu utama hingga aksesoris interior

Selain itu, karakter sinar lampu LED yang berwarna putih terang, sehingga jika menggunakan lampu LED aftermaket secara sembarangan, berpontesi membuat silau pengguna jalan lainnya, khususnya pengemudi dari arah berlawanan. Untuk itu sangat disarankan untuk mengatur kembali arah sinar lampu setelah memasang lampu LED, jika digunakan sebagai lampu depan. Jika pemasangannya tepat, maka anggapan bahwa pancaran sinar lampu LED tak sebaik lampu halogen saat hujan pun bisa terhindarkan. “Selama penggunaan tipe lampu LED tepat dan arah pancaran sinarnya diatur seoptimal mungkin, lampu LED akan optimal sinarnya dalam berbagai kondisi cuaca,” pungkas Ricky. 

>>> Simak artikel tips dan trik lainnya di sini

Pratomo FJ

Ulasan anda

Apakah artikel ini bermanfaat untuk Anda?
0

berita lain