Ingin Pasang Kaca Film Sebelum Mudik? Kenali Dulu 4 Jenis Kaca Film Berikut Ini

15/05/2019
Jenis kaca film untuk mobil umumnya terbagi dalam empat tipe yaitu yang bisa menolak infrared, bisa menolak panas, menolak ultraviolet, dan mencegah cahaya matahari masuk ke kabin. Anda wajib tahu perbedaannya sebelum memasang kaca film tersebut di mobil kesayangan Anda.

Kaca film mobil memang memiliki tugas agar ruang kabin mobil bisa lebih adem ketika harus parkir atau berkendara di bawah sinar matahari langsung. Namun terkadang para pemilik mobil, atau Anda satu diantaranya, bingung ketika harus memilih dan memasang kaca film mobil yang baik.

>>> Cara Mudah dan Cepat Menyingkirkan Jamur pada Kaca, Bodi, dan Jok Mobil

Banyaknya merek dan tipe kaca film sebagai aksesoris mobil memang membuat masyarakat jadi bingung. Manakah diantara produk tersebut yang mampu menolak panas matahari, menghindari sinar ultraviolet, terhindar dari bahaya pecahan kaca hingga soal privasi di dalam mobil.

Kali ini, tim Cintamobil.com akan membahas setidaknya ada empat jenis kaca film yang sering dijual dipasaran.

1. Infrared Reflectance

Kaca film menolak panas dari sinar matahari

Kaca film IRR memiliki kemampuan menolak infrared

Jenis kaca film yang pertama yaitu Infrared Reflectance. Jenis kaca film ini mempunyai fungsi utama sebagai penolak sinar infra merah dari sinar matahari. Biasanya kemampuan Infrared Reflectance (IRR) tertulis dalam dengan besar kecilnya angka % IRR pada keterangan spesifikasi kaca film. Sehingga semakin tinggi bilangan % tentu semakin banyak menolak panas.

>>> Tips Membersihkan Kaca Mobil Dari Lapisan Minyak

2. Total Solar Rejected

kaca film menolak panas matahari

Pasang kaca film agar sinar matahari tak langsung ke kabin

Kaca film jenis ini berfungsi mencegah semua panas sinar matahari masuk ke ruang kabin mobil. Sama seperti IRR, kemampuan menolak panas dari kaca film Total Solar Rejected (TSR) juga ditentukan dengan besaran %.

>>> Ingin membeli mobil baru? Dapatkan daftarnya di sini

3. Visible Light Transmittance

Tingkat kegelapan kaca film

Kaca film gelap biasanya jenis VLT

Jenis kaca film Visible Light Transmittance (VLT) lebih mementingkan daya tolak cahaya sinar matahari. Dipasaran, kaca film tipe ini dikenal dengan kaca film 40, kaca film 60, kaca film 80 dan seterusnya. Semakin tinggi bilangan tersebut maka akan membuat kaca film semakin gelap.

>>> Temukan tips perawatan mobil lainnya di sini

4. Ultaviolet Transmittance

Kaca film bikin kabin sejuk

Kaca film punya tugas berat melindungi kabin

Kaca film Ultraviolet Transmittance (UVT) berfungsi untuk mencegah masuknya sinar ultraviolet matahari ke ruang kabin mobil. Semakin besar bilangan % UVT maka semakin besar sinar ultraviolet yang masuk. Dengan demikian Anda sebaiknya memilih jenis kaca film ini dengan spesifikasi % UVT paling kecil yaitu 1%.

>>> Tips dan trik lainnya bisa ditemukan disini

Prasetyo Adhi

Ulasan anda

Apakah artikel ini bermanfaat untuk Anda?
1

berita lain