Ingin Lampu Mobil Lebih Terang? Inilah Tips Memasang Lampu LED

Share this post:
Ingin Lampu Mobil Lebih Terang? Inilah Tips Memasang Lampu LED
Halogen merupakan salah satu jenis inovasi dari lampu bohlam. Teknologi halogen sudah cukup lama digunakan pada mobil. Namun saat ini telah hadir jenis lampu LED yang lebih terang. Simak tips memasang lampu LED.

Jenis lampu LED memang terlihat lebih cerah daripada halogen, namun daya jangkau lampu halogen lebih jauh daripada lampu LED. Hal ini disebabkan kekuatan lampu LED dalam menerangi obyek sebenarnya lebih rendah, ini sebanding dengan power yang dikonsumsinya.

Bersihkan area sekitar rumah lampu

Bersihkan area sekitar rumah lampu agar saat pemasangan tidak ada kotoran masuk

Sedangkan cahaya lampu dari LED bisa terlihat tampak terang menerangi obyek karena mempunyai sifat cahaya berwarna putih. Bila Anda berencana mengganti lampu LED jangan asal ganti. Ada beberapa hal yang harus diperhatikan agar pemasangan dan penggunaannya bisa optimal.

>>> Ingin menjaga mobil kesayangan Anda selalu seperti baru, bacalah artikel di link ini

Langkah pertama yang harus dilakukan adalah bersihkan area sekitar rumah lampu Anda sebelum mulai memasang LED. Tujuannya adalah agar debu-debu yang sebelumnya menempel tidak menimbulkan kerak pada sambungan kabel. Gunakan sabun cuci mobil. Hal ini agar isolasi pada cover lampu tidak mudah mengelupas.

Periksa kondisi aki apakah masih cukup untuk lampu LED

Periksa kondisi aki mobil apakah masih layak untuk penggunaan lampu LED

Setelah dibersihkan langkah selanjutnya adalah perhatikan juga kondisi aki sebelum mulai membeli. Kebutuhan arus listrik lampu LED pada tiap bagian berbeda-beda. Misalnya sein di belakang kaca spion butuh voltase rata-rata 12V DC. Pastikan daya tersebut masih cukup untuk menyuplai listrik pada mobil.

>>> Ingin membeli mobil bekas? Dapatkan berbagai listing dari Cintamobil.com

Selain itu, hindari memasang kabel yang berjuntai. Sebaiknya, rapatkan kabel menjadi satu dengan kabel ties kecil. Selain itu, pastikan pita isolasi pada sambungan kabel sudah benar-benar rapat. Hal ini untuk mencegah terjadinya korsleting ketika kabel terkena air atau penghantar listrik lainnya. Sebelum pemasangan cover lampu, sebaiknya coba dahulu lampu Anda, apakah sudah dapat bekerja dengan baik dan normal. Sering orang salah memasang kutub kabel sehingga lampu tak bekerja dan terjadi korsleting.

>>> Temukan berbagai tips dan trik otomotif terpercaya hanya di sini

Share this post:
 
back to top