Ingin Cat Lebih Kinclong? Yuk Pahami Teknik Dasar Poles Mobil

23/07/2019
Membuat cat mobil terlihat lebih kinclong bisa dilakukan dengan rajin memoles permukaan cat mobil Anda. Namun Anda harus memahami bagaimana teknik dasar poles mobil supaya mendapatkan hasil yang maksimal.

Jika ingin penampilan eksterior mobil terlihat lebih bersih dan segar sepanjang waktu, mencuci mobil saja tidak cukup. Butuh perawatan ekstra pada permukaan cat mobil kesayangan Anda. Yakni dengan cara poles mobil.

>>> Bagaimana Perawatan Cat Mobil dan Pemeliharaannya?

Guna mendapatkan hasil maksimal, poles mobil memang sebaiknya dilakukan oleh tenaga profesional di bidangnya. Tetapi jika Anda ingin melakukan sendiri di rumah, maka selain memiliki mesin poles pribadi, Anda sebaiknya memahami teknik dasar poles mobil.

1. Obat Poles

pilihan obat poles mobil

Perhatikan jenis obat poles dan kegunaannya

Untuk memoles permukaan cat mobil dibutuhkan obat atau cairan khusus. Obat poles ini terbagi dalam dua kategori, yaitu tipe wax dan tipe hard shell. Untuk tipe wax, aplikasinya terbilang lebih mudah, namun memiliki daya tahan yang tidak selama hard shell. Sebailknya, hard shell bisa bertahan hingga 1 tahun, tapi aplikasinya lebih sulit dan butuh ketelitian.

>>> Ini 3 Penyebab Cat Mobil Cepat Kusam

Sebenarnya ada juga hard shell yang berbahan dasar air (water base). Tipe obat poles mobil ini biasanya dipakai untuk membersihkan permukaan berbahan dasar plastik atau mika. Misalnya cover kaca spion, mika lampu depan atau mika lampu belakang.

Untuk memoles permukaan yang sudah menempel jamur, sebaiknya pilih cairan yang memiliki sifat tar remover. Namun perlu hati-hati saat menggunakan cairan ini, jangan sampai terkena mika lampu-lampu. Karena itu akan membuat mika menjadi kekuningan.

2. Teknik Poles

mobil sedang dipoles

Hati-hati dan konsentrasi saat memoles mobil

>>> Promo mobil baru terbaik ada disini

Melakukan poles mobil adalah pekerjaan yang butuh ketelitian tinggi. Salah sedikit saja, permukaan cat mobil bukannya kinclong tapi malah baret dan kusam. Karena itu, sebelum memulai, teknik dasar poles mobil yang perlu Anda ketahui adalah pastikan permukaan cat yang akan dipoles benar-benar bersih dari debu atau pasir halus.

Sedikit saja ada debu yang masih menempel dan ikut menempel ke mesin poles, maka seluruh permukaan cat akan mengalami baret halus. Karenanya poles mobil bagian per bagian, jangan langsung seluruh bodi sekaligus.

>>> Cari mobil bekas berkualitas disini

Poles mobil sebaiknya dilakukan mulai dari bagian bawah mobil kemudian bergeser ke bagian atas kemudian bagian depan baru ke bagian belakang mobil. Ini pun harus dilakukan segmen per segmen, misalnya bagian bawah pintu depan lalu naik ke bagaian atas, baru geser ke bagian bawah pintu belakang lanjut ke bagian atasnya, dan seterusnya.

Satu hal lagi yang perlu diperhatikan sebagai teknik dasar poles mobil adalah jangan menyentuh obat poles dengan tangan telanjang. Gunakan sarung tangan selama mengerjakan kegiatan ini, karena obat poles mengandung cairan kimi yang berbahaya buat kulit.

>>> Tips & trik lain bisa ditemukan disini

Prasetyo Adhi

Ulasan anda

Apakah artikel ini bermanfaat untuk Anda?
2

berita lain