Ingin Buru-Buru tapi Smart Key Ngadat? Ini yang Harus Anda Lakukan

Dewasa hampir semua mobil keluaran terbaru menggunakan teknologi smart key. Tapi, apa yang harus dilakukan ketika smart key ngadat?

Teknologi smart key mampu mempermudah pengemudi; tanpa perlu repot-repot mengeluarkan anak kunci, pintu akan otomatis terbuka hanya dengan satu sentuhan pada handel pintu. Sayangnya, ada saatnya smart key tidak berfungsi untuk membuka pintu atau menyalakan mesin. Meskipun banyak faktor yang bisa mempengaruhi, Cintamobil akan menunjukan apa yang harus dilakukan ketika smart key ngadat,

1. Gangguan gelombang

Smart key sama dengan teknologi pada remote TV biasa, yaitu menggunakan gelombang radio untuk melakukan apa yang kita perintahkan. Biasanya gelombang radio tersebut akan terganggu apabila mobil Anda parkirkan di daerah yang terdapat BTS. Gangguan ini bisa menyebabkan smart key tidak bisa digunakan untuk sementara.

Gambar yang menunjukan ilustrasi sinyal pada smart key

Menggunakan sinyal radio, terkadang sinyal pada smart key bisa hilang

Tapi jangan takut, Anda masih bisa menggunakan remote untuk tetap membuka pintu mobil Anda dengan cara mendekatkan remote ke arah modul. Modul biasanya berada di balik dasbor atau ada pula kendaraan yang meletakkannya di belakang dekat pilar C. Cukup dekatkan remote dengan tombol Start/Stop, mobil akan mengenali perubahan ini dan mesin pun akan langsung menyala.

>>> Merawat sistem kelistrikan mobil: hati-hati dan teliti

2. Baterai yang lemah

Salah satu penyebab paling umum ngadat-nya smart key adalah baterai yang melemah. Untuk mengetahui apakah baterai smart key Anda lemah cukup dengan memperhatikan lampu yang terdapat pada remote.

Gambar yang menunjukan smart key pada kendaraan dengan berbagai fitur

Baterai yang lemah bisa dilihat pada pancaran cahaya smart key yang meredup

Selain itu, melemahnya baterai bisa mengakibatkan respon remote untuk membuka kunci melambat. Biasanya, baterai smart key mampu bertahan hingga satu tahun pemakaian atau lebih. Jika baterai sudah melemah, Anda cukup melakukan pergantian baterai smart key yang serupa dengan baterai pada jam tangan.

>>> Ingin membeli mobil bekas terbaik di pasaran? Dapatkan informasinya di sini

3. Rolling code rusak

Selain baterai, kerusakan pada rolling code yang terdapat pada remote juga menjadi alasan kenapa smart key tidak berfungsi. Untuk diketahui, rolling code berfungsi sebagai pemancar gelombang radio dari remote kepada tuner yang ada di mobil.

Gambar yang menunjukan tangan pengemudi yang sedang memegang smart key

Hati-hati, masalah pada rolling code membuat Anda merogoh kocek lebih dalam

Jika telah terjadi kerusakan, mau tak mau Anda harus melakukan penggantian rolling code di bengkel resmi. Namun, jika rolling code sudah rusak, maka siap-siap untuk merogoh kocek yang cukup dalam. Meskipun berbeda-beda untuk setiap pabrikan, biasanya biaya pergantian rolling code mencapai 1 juta rupiah atau lebih.

>>> Dapatkan berbagai informasi tips perawatan mobil hanya di sini

4. Menggunakan kunci darurat

Beberapa produsen mobil masih menyertakan kunci darurat yang disematkan dalam smart key. Tentu saja, hal ini untuk mengantisipasi ketika terjadi kondisi darurat, misalnya saat smart key ngadat atau tidak berfungsi akibat terendam banjir sehingga merusak chip untuk fitur immobilizer.

Gambar yang menunjukan pengemudi yang menggunakan kunci darurat pada smart key

Gunakan kunci darurat ketika diperlukan

Ketika smart key ngadat, jangan buru-buru panik. Periksa kembali penyebab yang mungkin terjadi, seperti baterai yang lemah atau masalah internal pada smart key. Jika tidak bisa menggunakan smart key lagi, masih ada kunci darurat yang bisa Anda gunakan untuk membuka dan menghidupkan mobil Anda.

>>> Berbagai tips dan trik otomotif terpercaya hanya ada di Cintamobil.com

Pria asal Minang ini menjadi salah satu tim pelopor eksistensi Cintamobil.com di Indonesia dan bergabung sejak 2017. Dengan bekal ilmu SEO yang mumpuni, Padli menjadi salah satu spesialis SEO di Cintamobil.com.

Pertemuannya dengan Cintamobil terjadi pada Oktober 2017, kala Auto Portal sedang mencari penulis-penulis baru untuk mengisi laman berita dan tips di website Cintamobil.com. Masih berkutat dengan kepenulisan, ia mencoba ranah baru; yaitu menulis di bidang otomotif dengan pengetahuan yang bisa dibilang minim.
Mempelajari dunia otomotif memang bukan hal mudah. Tapi sedikit demi menggali informasi dan mulai mengenal penggiat dan media otomotif yang selalu memberi masukan, hingga akhirnya ia mengarungi lebih dalam dunia ‘petrolhead’ ini. Dan bulan demi bulan berlalu. Dari feelance, Padli akhirnya resmi bergabung dengan Cintamobil.com sebagai Content Writer pada bulan Desember 2018.
Berkenalan dengan nama-nama ‘gaek’ di ranah otomotif Tanah Air, ia mulai ditantang dengan lajur baru; fokus pada SEO (Search Engine Optimization) guna meningkatkan trafik dan kualitas website menjadi ‘mainan’ baru. Sampai saat ini, titelnya sebagai SEO Editor di Cintamobil.com menjadi tantangan terbaru mulai digeluti pemuda yang juga menyukai film dan buku ini.

 
back to top