[INFOGRAFIK] 6 Sistem Keamanan untuk Menjaga Mobil Saat PPKM Level 4

31/07/2021

Perawatan dan service

2 menit

Untuk menjaga mobil yang mungkin jarang dibawa keluar rumah saat PPKM Level 4 di Indonesia, berikut beberapa sistem keamanan yang bisa dipasang pada mobil.

Sistem keamanan kendaraan merupakan bagian dari aksesoris yang diperlukan bagi kendaraan. Terlebih di masa PPKM Level 4 yang membuat mobil terletak lebih lama di dalam rumah, memiliki sistem keamanan tersendiri tentunya bisa membuat rasa nyaman meninggalkan kendaraan. Untuk itu, simak beberapa sistem keamanan yang bisa Anda gunakan pada mobil Anda.

infografik mengenai sistem keamanan mobil pada kendaraan

1. Alarm

Sudah banyak ditemukan di berbagai mobil, sistem ini tak bisa dibilang efektif. Karena alarm hanya membuat bising untuk mengetahui ada yang mengutak-atik mobil Anda. Bahkan alarm sering berbunyi ketika mobil tabrakan atau bahkan getaran kecil akibat truk melintas.

>>> [Infografik] Ini Kendaraan dan Syarat Agar Tidak Disuruh Putar Balik

2. Immobilizer

Sama seperti saklar yang digunakan untuk mematikan mobil, maka immobilizer akan aktif ketika Anda mengunci mobil Anda dan menonaktifkan starter mobil. Fitur ini merupakan salah satu fitur keamanan standar yang diberikan kepada mobil baru dalam beberapa tahun belakangan.

3. Kunci Setir

Biasanya terbuat dari baja yang kokoh, perangkat ini dipasang ke roda kemudi. Sehingga akan menyulitkan ketika maling ingin membawa lari mobil ini. Harganya sendiri pun tak mahal, hanya dengan Rp 50 ribuan, Anda bisa menemukannya di bengkel maupun marketplace online.

>>> [Infografik] “Do and Don’t” dalam Menjaga Kebersihan Interior Mobil

4. Kunci Gembok Ban Mobil

Tidak hanya digunakan oleh polisi, pemilik mobil juga bisa menggunakan kunci roda untuk mencegah pencurian, Perangkat ini sangat berguna dengan mengunci roda mobil sehingga membuatnya semakin susah untuk dimaling. Harganya cukup bervariasi, dimulai dari Rp 200 ribuan.

5. Anti-Theft

Sistem anti-theft jatau anti theft system juga menjadi teknoloi baru yang diberikan kepada kendaraan. dirancang untuk mencegah kendaraan dicuri. Pada dasarnya, sistem ini bekerja dengan melalui pemutusan sirkuit listrik untuk mencegah aliran listrik. Sehingga mobil tidak akan hidup dan langsung mati.

>>> Wajib Tahu! 5 Perbedaan Antara PPKM Level 4 dan Level 3

6. GPS tracker

Perangkat pelacak GPS akan sangat membantu ketika semua sistem kamanan mobil di atas tak mempan dan mobil Anda tetap dicuri. Sistem ini akan memungkinkan pemilik mobil dan polisi untuk mengetahui lokasi mobil dengan mudah. Harganya mulai dari Rp 250 ribuan.

>>> Dapatkan harga mobil terbaru dan promo terbaik tahun 2021 di sini

Pria asal Minang ini menjadi salah satu tim pelopor eksistensi Cintamobil.com di Indonesia dan bergabung sejak 2017. Dengan bekal ilmu SEO yang mumpuni, Padli menjadi salah satu spesialis SEO di Cintamobil.com.

Pertemuannya dengan Cintamobil terjadi pada Oktober 2017, kala Auto Portal sedang mencari penulis-penulis baru untuk mengisi laman berita dan tips di website Cintamobil.com. Masih berkutat dengan kepenulisan, ia mencoba ranah baru; yaitu menulis di bidang otomotif dengan pengetahuan yang bisa dibilang minim.
Mempelajari dunia otomotif memang bukan hal mudah. Tapi sedikit demi menggali informasi dan mulai mengenal penggiat dan media otomotif yang selalu memberi masukan, hingga akhirnya ia mengarungi lebih dalam dunia ‘petrolhead’ ini. Dan bulan demi bulan berlalu. Dari feelance, Padli akhirnya resmi bergabung dengan Cintamobil.com sebagai Content Writer pada bulan Desember 2018.
Berkenalan dengan nama-nama ‘gaek’ di ranah otomotif Tanah Air, ia mulai ditantang dengan lajur baru; fokus pada SEO (Search Engine Optimization) guna meningkatkan trafik dan kualitas website menjadi ‘mainan’ baru. Sampai saat ini, titelnya sebagai SEO Editor di Cintamobil.com menjadi tantangan terbaru mulai digeluti pemuda yang juga menyukai film dan buku ini.

 
back to top