Honda Civic Type R FK8 Spoon Bukan Cuma Tampilannya yang Galak

06/02/2021

Perawatan dan service

5 menit

Honda Civic Type R FK8 mendapat suplemen modifikasi dari Spoon. paket yang disediakan bukan hanya untuk penunjang penampilan, tapi juga pendongkrak performa mesin.

Honda Civic Type R FK8 memang kini banyak dimiliki bukan saja di negara lain tapi juga di Indonesia. Ini karena selain desainnya yang amat sporty, PT Honda Prospect Motor (HPM) juga secara resmi menjual Civic Type tersebut. Sehingga akses konsumen untuk memilikinya semakin mudah.

Akibat makin maraknya pemilik Honda Civic Type R ini, penyedia komponen aftermarket untuk mobil sport tersebut juga semakin bermunculan. Tentunya tak ketinggalan Spoon yang selama ini memang selalu menyediakan berbagai part untuk produk-produk Honda.

>>> Honda Civic Type R Limited Edition Jadi Mobil Safety Car WTCR

Tampilannya Makin Sangar

Honda Civic Type R FK8 Spoon

Sebagian besar perangkat tambahan ini menggunakan bahan serat karbon

Seperti yang selalu dilakukan oleh Spoon, pasti ada komponen yang dibuat untuk merubah penampilan pada setiap mobil Honda. Begitupun dengan Civic Type R ini, Spoon menyediakan bodykit yang menutup sekeliling tubuh mobil.

Dibagian depan misalnya ada gril baru, air scoop di kap mesin, lalu ada lip bumper spoiler, serta kisi-kisi udara juga terpasang perangkat tambahan. Sementara di samping ada sideskirt pada kedua sisinya, dan juga velg palang lima khas dari Spoon.  

Kemudian untuk bagian belakangnya, Spoon juga sudah membuat diffuser baru dan wing besar. Keberadaan komponen ini bukan hanya peningkat penampilan tapi juga untuk menambah kestabilan saat mobil dipacu dengan kecepatan tinggi. Dan semua bodykit yang menempel di Civic Type R FK8 Spoon ini menggunakan material serat karbon kecuali velg.

>>> Paket Bodykit Civic Type R FK8 dari Varis

Tenaganya Jadi 410 Hp dengan Tosi 540 Nm

Spoon Muffler Set Honda Civic Type R

Muffler set dari Spoon tinggal plug and play di Civic Type R Fk8

Komponen yang disiapkan Spoon untuk Civic Type R FK8 bukan sekedar aksesoris pendongkrak penampilan, namun juga peningkat performa mesin. Mulai dari pemasangan filter udara baru, penggantian sistem saluran gas buang, serta melakukan pengaturan ECU dari Hondata agar kinerja mesin leih optimal berkat penambahan beberapa perangkat baru tersbeut.

Hasilnya, tenaga Civic Type R Spoon ini diklaim naik 40 hp dibanding tenaga standarnya. Kondisi ini setelah dilakukan pula penyesuaian pengapian dan pemakaian bahan bakar oktan tinggi.

>>> Review Honda Civic FD 2006, Salah Satu Generasi Terbaik Civic Berdesain Timeless

Spoon Turbokit for Honda Civic Type R

Spoon juga siapkan perangkat penambah performa mesin

Kalau capaian tenaga tersbeut dirasa belum cukup, maka Spoon juga menyediakan satu set Big Turbocharger khusus untuk mesin Civic Type R FK8. Menggunakan turbo MHI terbaru, perangkat ini memakai teknologi paling anyar untuk mengoptimalkan kinerja kompresor dan turbin.

Diameter rongga turbo ini 65 mm sementara turbo standar 58 mm. Kemudian ukuran turbin juga lebih besar dari sebelumnya 47 mm menjadi 52 mm. Dengan ukuran turbo yang lebih besar dari turbo standar ini, maka tenaga di putaran atas juga lebih besar dan makin padat, tanpa perlu kehilangan tenaga di putaran bawah.

Pihak Spoon mencatat, dengan terpasangnya turbo tersbeut, terpasang ECU Hondata, flter udara Spoon, dan muffler set Spoon, maka tenaga Honda Civic Type R FK8 Spoon bisa tembus 410 Hp dengan torsi 540 Nm.

Sudah menulis di media online sejak 2009, Pras sangat berpengalaman di bidang otomotif. Pria penggemar mobil modifikasi ini sudah mencicipi berbagai jenis mobil, mulai LCGC hingga Hypercar. Pras menjadi anggota tim redaksi Cintamobil.com sejak 2019.

 
back to top