Hindari Kebiasaan Aktifkan Rem Tangan Terlalu Lama Saat Parkir di Rumah

Share this post:
Hindari Kebiasaan Aktifkan Rem Tangan Terlalu Lama Saat Parkir di Rumah
Ternyata kebiasaan aktifkan rem tangan terlalu lama saat parkir di rumah bisa berakibat buruk pada rem mobil. Apa saja akibat negatifnya? Berikut pembahasan lengkapnya.

Rem tangan alias hand brake atau parking brake memang dibutuhkan pengemudi untuk beberapa situasi. Misalnya ketika mobil terparkir dan saat berhenti di jalan menanjak atau menurun. Dengan bantuan parking brake ini kemungkinan mobil meluncur tak terkendali bisa diredam.

Namun ternyata ada bahaya mengintai jika aktifkan rem tangan terlalu lama. Padahal mungkin tanpa sadar hal tersebut sudah jadi kebiasaan Anda saat memarkir kendaraan di garasi rumah contohnya.

Bisa Bikin Kampas Rem Copot

Parking Brake mobil

Ada risiko kampas rem menempel kalau rem tangan aktif dalam waktu lama

>>> Mengenal Jenis Parking Brake pada Mobil Modern

Apabila Anda terbiasa mengaktifkan rem tangan terlalu lama saat mobil terparkir di garasi, maka sebaiknya mulai kini kebiasaan itu dihilangkan. Karena parking brake yang terlalu lama aktif akan membuat kampas rem menempel dalam waktu lama dan kemudian menjadi lengket. Kalau lem sudah lengket dan Anda memaksakan agar mobil dapat melaju, maka kampas rem bisa seketika copot.

Dikutip Cintamobil.com dari laman Suzuki Indonesia, Selasa (28/07/2020), saat rem tangan aktif, maka kampas rem akan menempel kuat pada bagian dalam tromol. Biasanya ini terjadi pada mobil yang menggunakan rem tromol di roda belakangnya yang memiliki bidang kontak kampas rem lebih panjang ketimbang rem cakram. Apabila rem parkir aktif pada keadaan kampas rem basah maka risiko rem lengket bisa lebih besar.

Cara Mengatasinya Jika Rem Sudah Terlanjur Lengket di Tromol

Rem tromol mobil

Bongkar rem dan ganti kampas dengan yang baru

Supaya kejadian ini tidak menimpa mobil Anda, maka saat parkir dalam waktu lama, misalnya di garasi rumah, sebaiknya cukup ganjal roda mobil bagian depan dan roda belakang dengan batu atau balok kayu. Cara ini cukup efektif untuk membuat mobil selalu pada posisinya tanpa harus mengaktifkan rem tangan.

>>> Mengenal Teknologi E-Pedal Nissan, Praktis untuk Berkendara di Perkotaan

Lalu bagaimana jika kampas rem sudah terlanjur lengket menempel di tromol? Maka jangan paksakan agar mobil bergerak. Coba angkat tuas rem dengan kuat sembari menekan tombol rem tersebut. Setelah itu turunkan tuas rem dengan sangat cepat.

Lakukan beberapa kali percobaan sampai rem benar-benar terlepas dari tromol. Tapi kalau cara ini gagal, maka solusinya Anda harus membongkar ban dan lepaskan kampas rem secara manual. Kemudian ganti dengan kapas rem baru agar kinerja rem mobil kembali optimal.

Share this post:
Prasetyo Adhi
Penulis
Prasetyo Adhi
Sudah menulis di media online sejak 2009, Pras sangat berpengalaman di bidang otomotif. Pria penggemar mobil modifikasi ini sudah mencicipi berbagai jenis mobil, mulai LCGC hingga Hypercar. Ia menjadi anggota tim redaksi Cintamobil.com sejak 2019.

Berita lain

Perhatikan 4 Hal Ini agar Rem Mobil Tidak Blong

04/07/2020

Pengemudian

3 menit

Rem mobil begitu penting karena berfungsi untuk mengontrol laju kendaraan. Sebabnya perlu dilakukan merawat rem mobil untuk mengantisipasi terjadinya rem blong.

Lihat juga

Sering Dianggap Kuno, Ada Kelebihan Rem Tromol yang Wajib Diketahui

14/07/2020

Perawatan dan service

5 menit

Sudah mulai ditinggalkan oleh para produsen mobil, sebenarnya ada beberapa kelebihan rem tromol yang mungkin belum Anda ketahui.

Lihat juga

Begini Cara Parkir Mobil yang Benar Biar Rem Tak Cepat Jebol

05/05/2020

Perawatan dan service

4 menit

Memarkir mobil rupanya tak bisa sembarangan, melainkan ada prosedur yang bisa diikuti. Begini cara parkir mobil yang benar supaya rem tak mengalami kerusakan.

Lihat juga

Mobil Anda Tanpa ABS? Begini Teknik Pengereman yang Aman

03/04/2020

Pengemudian

4 menit

Fitur Anti-Lock Braking System (ABS) saat ini sudah menjadi fitur standar di mobil modern yang membantu pengemudi ketika melakukan pengereman. Jika mobil Anda tanpa ABS, bagaimana teknik mengerem yang aman?

Lihat juga

Mengenal Master Rem Mobil yang Tugasnya Cukup Penting

20/02/2020

Perawatan dan service

5 menit

Walau posisinya bukan di kaki-kaki, ternyata tugas master rem mobil cukup penting untuk membantu kampas rem dalam menghentikan laju mobil. Yuk mengenal komponen yang satu ini.

Lihat juga