Hindari Cat Rusak, Berikut Material Kain Pencuci Mobil Yang Aman Digunakan

Share this post:
Hindari Cat Rusak, Berikut Material Kain Pencuci Mobil Yang Aman Digunakan
Memiliki mobil yang bersih dan kinclong adalah salah satu kebanggan tersendiri bagi pemiliknya. Salah satu hal yang harus Anda perhatikan adalah kain yang digunakan saat mencuci mobil, material kain pencuci mobil apa saja yang aman digunakan?

Untuk mendapatkan tampilan mobil yang bersih dan kinclong, salah satu cara yang bisa Anda lakukan adalah mencucinya ketika mobil Anda kotor dan terlihat kusam. Banyak cara membersihkan yang bisa Anda lakukan, mulai mendatangi jasa cuci mobil, yang kini semakin canggih dengan teknologi cuci dengan mesin.

Seorang wanita mencuci BMW warna hitam

Kegiatan mencuci mobil sendiri dapat memberi rasa puas setelah melihat kendaraan bersih dan kinclong

Namun bagi Anda yang memiliki banyak waktu luang, mencuci mobil sendiri adalah opsi terbaik. Anda tahu setiap lekuk dan celah kendaraan Anda, sehingga lebih optimal dalam membersihkannya, belum lagi kepuasan tersendiri usai membersihkan mobil kesayangan.

>>> Mengapa deterjen pencuci piring tak bisa digunakan untuk mencuci mobil?

Namun demikian, ada baiknya menghindari penggunaan kemoceng saat membersihkan mobil Anda, karena dapat merusak cat mobil jika dilakukan secara rutin. Sebaiknya Anda menggunakan material kain pencuci mobil yang memang terbukti aman, apa saja?

1. Kanebo

Kain Kanebo Plas Chamois

Kelebihan Kanebo adalah mampu menyerap air dengan cepat dan dalam jumlah banyak

Material kain pencuci mobil pertama yang baik untuk mencuci mobil Anda adalah kain kanebo atau chamois. Kelebihan kain kanebo jika dibandingkan dengan kain biasa adalah kain kanebo mampu menyerap air dengan cepat dan dalam jumlah banyak. Terlebih, kain kanebo memiliki tekstur permukaan yang halus yang membuat cat mobil dan bodi mobil Anda tetap aman. Kain kanebo sering digunakan untuk mengeringkan mobil setelah dicuci, harga kain ini juga terbilang cukup terjangkau.

>>> Sedang mencari mobil untuk lebaran? Temukan daftarnya di sini

2. Microfiber

Kain Microfiber berbagai warna

Microfiber dapat mengambil kotoran yang menempel pada bodi mobil

Material kain pencuci mobil kedua yang baik untuk mencuci mobil Anda adalah kain microfiber. Kain microfiber memiliki ciri khusus, yakni terdapat adanya lubang mikro yang berisi celah benang berbentuk seperti kail. Adapun fungsi kain microfiber itu sendiri adalah untuk menghilangkan noda air yang terdapat pada bodi mobil Anda, sehingga kain microfiber cocok untuk Anda gunakan ketika ingin mencuci mobil.

>>> Temukan tips perawatan mobil lainnya di sini

Kain microfiber adalah kain yang terbuat dari serat halus yang mampu menyerap air sekaligus mengambil kotoran yang menempel pada bodi mobil. Kain microfiber memang sedikit lebih mahal jika dibandingkan dengan kain kanebo.

3. Wash Mitt

Kain wash mitt berwarna biru

Wash Mitt menggabungkan keunggulan dari kanebo dan microfiber

Selain dua material kain diatas, terdapat satu jenis kain yang memang baik untuk dijadikan material kain pencuci mobil yaitu kain wash mitt. Kain ini merupakan gabungan antara kain microfiber dengan kain kanebo dengan tekstur busa yang lembut di dalamnya.

Berikut tips pemilihan material kain pencuci mobil yang aman untuk mobil Anda. Ingin tahu tips mencuci mobil, atau perawatan mobil lainnya? Temukan semuanya di Cintamobil.com

Share this post:
Bergabung di Cintamobil sejak 2019, Derry adalah seorang penyuka kecepatan tulen. Pengalaman di salah satu situs motorsport global membuatnya khatam soal dunia balap. Masih mengejar gelar Sarjana, Derry juga sering memacu adernalin dengan go-kart.

Berita lain

Ingin Kinclong Lebih Lama? Simak Tips Mencuci Pelek Yang Benar Berikut Ini

Seperti layaknya komponen mobil lainnya, mencuci pelek tak bisa sembarangan, karena tampilan pelek menjadi taruhannya. Berikut tips mencuci pelek yang benar agar optimal dan kinclong lebih lama

Lihat juga

Sering Terlewat, Ini Pentingnya Mencuci Kolong Mobil

Mencuci kolong mobil sama pentingnya dengan bagian lain seperti eksterior, mesin, maupun interior. Karena kolong mobil adalah bagian yang pertama kali terkena kotoran dari jalan, namun disatu sisi ada komponen vital pada bagian ini yang bisa mempengaruhi kinerja mobil secara keseluruhan.

Lihat juga

Perhatikan Hal Ini Saat Cuci Mobil Dengan Teknologi Robotic

Seiring berkembangnya zaman, teknologi membuat segala hal menjadi semakin mudah, termasuk cuci mobil. Yang kini semakin mutakhir dengan teknologi cuci mobil robotic.

Lihat juga

Mencuci Mobil Sendiri yang Benar, Ini Tahapannya

Mencuci mobil sendiri sebenarnya mudah untuk dilakukan semua orang, namun Anda perlu memperhatikan beberapa tahapan yang benar, agar mobil bersih dan tidak meninggalkan kotoran atau malah cat jadi baret.

Lihat juga

Ini Alasan Tidak Boleh Menggunakan Deterjen Pencuci Piring Untuk Mencuci Mobil

08/12/2018

Perawatan dan service

4 menit

Musim hujan menuntut pemilik mobil lebih ekstra dalam memperhatikan kebersihan eksterior mobil. Mencuci mobil sendiri bakal makin sering jika tak ingin selalu keluar duit buat datang ke car wash. Jika Anda suka menggunakan busa pembersih, sebaiknya Anda hindari penggunaan deterjen cuci piring untuk mencuci mobil. Berikut alasannya!

Lihat juga
 
back to top