Hentikan Kebiasaan Mencuci Mobil Pakai Sabun Cuci Piring

05/01/2020

Perawatan dan service

3 menit

Share this post:
Hentikan Kebiasaan Mencuci Mobil Pakai Sabun Cuci Piring
Boleh menjadi piranti paling gampang ditemukan di rumah, tapi sabun cuci piring sangat tidak direkomendasikan buat mencuci mobil maupun sepeda motor. Mengapa?

Biar mobil tampil menarik, kebersihan adalah nomor satu. Dan mencuci mobil menjadi aktivitas yang tidak bisa ditinggalkan. Bisa dilakukan sendiri, bisa juga dibawa ke tukang cuci mobil atau car wash. Untuk pilihan yang kedua ini sudah tentu ada harga yang harus dibayar, sebab Anda tinggal enak-enakan menunggu mobil akan bersih sendiri.

Tampilan kinclong Mazda CX-3

Mau tampil keren, mobil harus dicuci tiap kali kotor

Mencuci mobil sendiri

Kalau mau sedikit berhemat, Anda bisa mencuci sendiri di rumah. Tapi harus diperhatikan, perkakas yang digunakan untuk mencuci seperti sikat, spon atau kainnya harus yang baik dan halus. Lalu untuk efek busa gunakan shampo khusus mobil yang banyak dijual di pasaran, bukan sabun cuci piring. Memang harganya lebih murah, tapi sangat tidak direkomendasikan.

Menurut Chocky, pemilik Autodeptsideworks, Meguiars Indraprasta Bogor, seperti dikutip dari Kompas, (27/12/2019) mencuci mobil menggunakan sabun cuci piring secara berulang-ulang bisa merusak cat bodi mobil hingga akhirnya mobil jadi berkarat.

“Jangan pakai sabun cuci piring untuk cuci mobil, itu keras sekali bahannya,” tutur Chocky. “Memang pas pertama kali cuci mobil pakai sabun cuci piring hasilnya bersih, tapi kalau sudah pakai wax, langsung luntur semua wax yang ada di mobil,” tambahnya.

Kandungan sabun cuci piring hanya cocok digunakan untuk mencuci piring, gelas, mangkuk serta peralatan masak di rumah yang lain yang warnanya asli, bukan cat. Kalau untuk mobil yang paling tepat adalah menggunakan shampo khusus mobil.

>>> Mencuci Mobil Dengan Sunlight, Apakah Aman? Ini Fakta Sebenarnya

Foto saat mencuci mobil sendiri di rumah

Jangan gunakan sabun cuci piring untuk mencuci mobil

Shampo mobil terbaik

Memilih shampo mobil terbaik bukan soal merek, tapi kandungan pH dan Silikon yang terdapat dalam shampo tersebut. Minimal kandungan pH-nya 7 dan silikon 60 persen. Paling mudah untuk mengetahui, shampo mobil dengan silikon tinggi kalau sehabis dibilas akan terasa licin, bukan keset. Berbeda dengan sabun cuci piring yang langsung terasa keset saat habis dibilas.

“Kalau shampoo yang bagus untuk mobil itu yang kadar pH nya di atas 7 dan kandungan silikonnya minimal 60 persen, kalau di bawah itu biasanya kurang bagus,” ucap Chocky. “Shampoo yang keset ketika dibasuh, itu yang berbahaya, bahannya keras dan bisa merusak bodi,” tambahnya.

Mencari shampo khusus untuk mencuci mobil juga tidak terlalu susah karena sudah banyak dijual di pasaran. Jika ragu membeli di toko umum, Anda bisa membelinya di toko aksesoris dan perlengkapan mobil. Anda bisa juga membelinya secara online dari marketplace terpercaya.

>>> Tertarik membeli mobil baru yang kinclong, baca dulu ulasannya di sini!

Berikut beberapa merek shampo mobil yang bisa Anda pilih:

  • 3M™ Car Wash Soap Gold Series
  • Meguiars Ultimate Series
  • Chemical Guys Citrus Wash & Gloss
  • Gyeon Bathe
  • Sensha Body Clean Car Shampoo
  • Sonax Gloss Shampoo Concentrate
  • Bullsone First Class Car Shampoo
  • Auto Magic E-Z Suds Liquid Concentrate
  • Waxco Wash and Wax Car Shampoo
  • Kit Wash and Glow
  • Waxco Nano Super Wax Shampoo
  • Turtle Wax Ice Car Wash

>>> Tips dan trik lain tentang mobil ada di Cintamobil.com

Share this post:
Penulis
Satu-satunya anggota redaksi yang berbasis di Jawa Tengah. Bergabung di Cintamobil.com sejak 2017 sebagai Content Writer. Saat ini, kerap menulis berbagai informasi seputar lalu lintas dan perkembangan transportasi di Indonesia.

Berita lain

Berikut Tips Mencuci Velg yang Benar di Musim Hujan

04/01/2020

Perawatan dan service

4 menit

Tak hanya bodi mobil, kebersihan velg sangat penting terlebih di musim penghujan. Agar lebih optimal, kami akan berikan tips mencuci velg yang benar berikut ini

Lihat juga

5 Kesalahan Mencuci Mobil yang Membuat Cat Jadi Rusak

24/10/2019

Perawatan dan service

5 menit

Ada kesalahan mencuci mobil yang sering dilakukan orang. Padahal tanpa mereka sadari, tindakan itu bukan membuat mobil bersih, tapi malah cat mobilnya jadi rusak.

Lihat juga

Mencuci Mobil Dengan Sunlight, Apakah Aman? Ini Fakta Sebenarnya

08/10/2019

Perawatan dan service

6 menit

Mencuci mobil dengan Sunlight, nyatanya banyak dipertanyakan oleh Netizen, apakah aman atau tidak? Mencari hal tersebut, Cintamobil.com merasa tergerak untuk menjawabnya.

Lihat juga

Berapa Hari Sekali Idealnya Waktu Mencuci Mobil?

05/10/2019

Perawatan dan service

3 menit

Mencuci mobil menjadi ritual wajib yang harus dilakukan pemilik. Ini penting dilakukan agar tampilan mobil tetap bersih dan menjaga komponen tidak cepat aus. Untuk waktu pencucian, ada yang melakukannya secara rutin walaupun kondisi mobil tidak terlalu kotor. Ada juga yang malas mencuci hingga tampilan sudah terlalu kotor. Lantas berapa hari sekali idealnya mencuci mobil?

Lihat juga