Hati-hati Pilih Pengharum Mobil, Kalau Salah Bikin Rusak Interior!

07/07/2019

Perawatan dan service

4 menit

Share this post:
Hati-hati Pilih Pengharum Mobil, Kalau Salah Bikin Rusak Interior!
Pilih pengharum mobil yang aman bukan sekedar memilih berdasarkan wangi dan kemasannya saja. Namun perlu juga dipertimbangkan apakah pengharum itu bisa merusak kabin mobil atau tidak.

Pengharum kabin mobil memang dibutuhkan agar suasana kabin selalu segar dengan aroma-aroma yang dikeluarkan dari pengharum tersebut. Pilihan aromanya pun bisa disesuaikan dengan selera Anda. Bisa wangi bunga, wangi natural, atau wangi buah-buahan.

>>> Pengharum Kabin Mobil Ini Bikin Badan Lebih Sehat

Namun Anda perlu hati-hati ketika pilih pengharum mobil. Karena kalau salah bisa membuat interior mobil Anda bukannya wangi, namun rusak akibat terkena noda dari pengharum tersebut. Berikut jenis-jenis parfum mobil yang bisa Anda pilih termasuk resikonya terhadap kendaraan Anda.

1. Gel

pengharum mobil tipe gel

Pengharum tipe gel dapat meninggalkan noda kuning di kabin

Sebagian besar pengharum mobil alias parfum mobil berbahan gen atau silikon. Pengharum jenis ini memang memiliki daya tahan wangi yang lebih lama. Namun perlu diwaspadai, karena gel akan berpotensi membuat interior mobil Anda bernoda kekuning-kuningan.

>>> Temukan promo mobil baru tiap bulan disini

Noda ini akan muncul jika pengharum dipakai untuk jangka waktu yang lama dan terkena panas matahari langsung, misalnya diletakkan di atas dasbor. Gel nantinya akan menempel pada dasbor dan meninggalkan noda yang cukup sulit dihilangkan. Terutama jika dasbor menggunakan bahan kulit.

2. Cair

pengharum mobil jenis cair

Pengharum cair akan berbahaya jika botolnya terbuka atau pecah

Beberapa parfum mobil menggunakan bahan cair yang biasanya cara pakainya ditempel atau dijepit pada kisi-kisi AC. Pengharum tipe ini cenderung lebih aman, karena cairan terlindung dengan menggunakan botol yang menggunakan penutup cukup rapat.

>>> Pilih mobil bekas impian Anda disini

Tetapi jangan sampai penutup botol ini terbuka atau botol pecah Karena jika cairan pengharum tumpah ke area kabin, maka nodanya juga akan sulit untuk dibersihkan.

3. Spray

pengharum mobil jenis spray

Pengharum tipe spray paling aman untuk kabin mobil

Selain pengharum ruangan, beberapa parfum mobil juga menggunakan bahan spray. Pengharum disemprot ke beberapa sisi interior, termasuk bagian bawah dan sudut-sudut kabin. Pengharum kabin mobil ini paling aman digunakan karena tidak meninggalkan bekas noda di kabin. Selain itu daya tahannya juga cukup lama.

Nah, demikianlah trik pilih pengharum mobil yang aman agar tidak meninggalkan bekas noda. Sementara soal wanginya, semua sesuai selera Anda.

>>> Tips & trik menarik seputar mobil ada disini

Share this post:
Penulis
Sudah menulis di media online sejak 2009, Pras sangat berpengalaman di bidang otomotif. Pria penggemar mobil modifikasi ini sudah mencicipi berbagai jenis mobil, mulai LCGC hingga Hypercar. Ia menjadi anggota tim redaksi Cintamobil.com sejak 2019.

Berita lain

Zat Berbahaya Dalam Pengharum Mobil Bisa Menyebabkan Kanker?

Apa yang Anda pikirkan ketika mendengar zat berbahaya dalam pengharum mobil bisa menyebabkan kanker? Meskipun membingungkan dan sebagian tidak percaya, ternyata fakta ini benar adanya.

Lihat juga

Lakukan 5 Hal Ini untuk Menjaga Kabin Mobil Tetap Dingin

15/05/2019

Perawatan dan service

4 menit

Menjaga kabin mobil tetap dingin mungkin idaman setiap pemilik kendaraan, termasuk juga Anda. Namun terkadang hal itu sulit untuk dilakukan karena Anda kerap kali berkendara di cuaca yang sangat terik atau mobil terparkir cukup lama di bawah sinar matahari langsung.

Lihat juga

Tips Menghilangkan Bau Bensin Di Kabin Mobil

Kopi, baking soda, cuka apel, sabun cair pencuci piring bisa atasi bau bensin di dalam kabin.

Lihat juga

Review All New Chevrolet Captiva 2019

03/04/2019

Editor rate:

Setelah men-discontinue generasi pertamanya, Chevrolet kembali menghadirkan wajah baru Captiva pada gelaran Bangkok International Motor Show (BIMS) 2019, 26 Maret-4 April 2019. Karena bodi mobil nampak tidak asing, Cintamobil.com tertarik untuk mereviewnya.

Lihat juga

Harga mobil Kona terbaru Januari 2021 & Promosi

01/01/2021

Hyundai

Peluncuran di Indonesia International Auto Show 2019 melengkapi jajaran SUV Hyundai di Indonesia. Harga Hyundai Kona cukup menarik di jajaran SUV Tanah Air.

Lihat juga
 
back to top