Hati-hati Pilih Pengharum Mobil, Kalau Salah Bikin Rusak Interior!

07/07/2019

Perawatan dan service

4 menit

Pilih pengharum mobil yang aman bukan sekedar memilih berdasarkan wangi dan kemasannya saja. Namun perlu juga dipertimbangkan apakah pengharum itu bisa merusak kabin mobil atau tidak.

Pengharum kabin mobil memang dibutuhkan agar suasana kabin selalu segar dengan aroma-aroma yang dikeluarkan dari pengharum tersebut. Pilihan aromanya pun bisa disesuaikan dengan selera Anda. Bisa wangi bunga, wangi natural, atau wangi buah-buahan.

>>> Pengharum Kabin Mobil Ini Bikin Badan Lebih Sehat

Namun Anda perlu hati-hati ketika pilih pengharum mobil. Karena kalau salah bisa membuat interior mobil Anda bukannya wangi, namun rusak akibat terkena noda dari pengharum tersebut. Berikut jenis-jenis parfum mobil yang bisa Anda pilih termasuk resikonya terhadap kendaraan Anda.

1. Gel

pengharum mobil tipe gel

Pengharum tipe gel dapat meninggalkan noda kuning di kabin

Sebagian besar pengharum mobil alias parfum mobil berbahan gen atau silikon. Pengharum jenis ini memang memiliki daya tahan wangi yang lebih lama. Namun perlu diwaspadai, karena gel akan berpotensi membuat interior mobil Anda bernoda kekuning-kuningan.

>>> Temukan promo mobil baru tiap bulan disini

Noda ini akan muncul jika pengharum dipakai untuk jangka waktu yang lama dan terkena panas matahari langsung, misalnya diletakkan di atas dasbor. Gel nantinya akan menempel pada dasbor dan meninggalkan noda yang cukup sulit dihilangkan. Terutama jika dasbor menggunakan bahan kulit.

2. Cair

pengharum mobil jenis cair

Pengharum cair akan berbahaya jika botolnya terbuka atau pecah

Beberapa parfum mobil menggunakan bahan cair yang biasanya cara pakainya ditempel atau dijepit pada kisi-kisi AC. Pengharum tipe ini cenderung lebih aman, karena cairan terlindung dengan menggunakan botol yang menggunakan penutup cukup rapat.

>>> Pilih mobil bekas impian Anda disini

Tetapi jangan sampai penutup botol ini terbuka atau botol pecah Karena jika cairan pengharum tumpah ke area kabin, maka nodanya juga akan sulit untuk dibersihkan.

3. Spray

pengharum mobil jenis spray

Pengharum tipe spray paling aman untuk kabin mobil

Selain pengharum ruangan, beberapa parfum mobil juga menggunakan bahan spray. Pengharum disemprot ke beberapa sisi interior, termasuk bagian bawah dan sudut-sudut kabin. Pengharum kabin mobil ini paling aman digunakan karena tidak meninggalkan bekas noda di kabin. Selain itu daya tahannya juga cukup lama.

Nah, demikianlah trik pilih pengharum mobil yang aman agar tidak meninggalkan bekas noda. Sementara soal wanginya, semua sesuai selera Anda.

>>> Tips & trik menarik seputar mobil ada disini

Penulis
Sudah menulis di media online sejak 2009, Pras sangat berpengalaman di bidang otomotif. Pria penggemar mobil modifikasi ini sudah mencicipi berbagai jenis mobil, mulai LCGC hingga Hypercar. Pras menjadi anggota tim redaksi Cintamobil.com sejak 2019.
 
back to top