Hati-Hati Kotoran Tersembunyi, Tips Optimalkan Kebersihan Kabin Mobil

Share this post:
Hati-Hati Kotoran Tersembunyi, Tips Optimalkan Kebersihan Kabin Mobil
Jangan meremehkan sampah sekecil apapun di dalam kabin. Jika terakumulasi bisa saja membuat mood berkendara menurun dan menjadi tidak nyaman di tempati. Berikut tips optimalkan kebersihan kabin mobil.

Selalu menjaga kebersihan eksterior tidak dapat dipungkiri membuat mobil kesayangan jadi sedap diapandang. Namun merawat kualitas interior secara rutin pun tak kalah penting agar nyaman ditempati dan tidak menjadi suatu masalah kelak. Kabin termasuk sebuah ruang tertutup, tapi ini tidak menjadi alasan untuk tidak masuk kotoran. Secara alam bawah sadar, si pemilik mobil lebih cepat mengungkapkan mobilnya kotor jika ada noda pada cat mobilnya dan itu terjadi di beberapa orang.

Akan tetapi bukan berarti kita bisa mennggampangkan hal-hal seperti aksi masuk-keluar mobil. Membawa benda atau makanan kedalam kabin, membuka daun jendela mobil hingga parkir di bawah tempat teduh pun terkadang membuat kebersihan kabin mobil berkurang. Mungkin minim sekali sampah atau kotoran masuk kedalam kabin ketika mobil lebih sering digunakan sendiri. Namun intenstitas kabin akan cepat kotor ketika anda sedang mengajak keluarga atau kerabat untuk berlibur.

>>> Baca juga: Ini Alasan Tidak Boleh Menggunakan Deterjen Pencuci Piring Untuk Mencuci Mobil

Kebiasaan makan di mobil menjadi penyebab interior mobil lebih cepat kotor

Sisa makanan di mobil menjadi salah satu sumber kotoran

Saat itu terwujud, sampah kemasan palastik ataupun kotoran di karpet mobil terkadang menjadi pemandangan yang biasa dijumpai selanjutnya. Anda hanya cukup membuang sampah palastik dan mencuci karpet dan masalah terselesaikan. Hanya saja jika itu terlalu sering, masalah baru pun muncul yaitu kotoran terselip. Bila sampah kecil ini dibiarkan terlalu lama, bisa memicu tumbuhnya jamur, bau tak sedap dalam waktu lama. Kotoran kecil itu umumnya bersumber dari banyak hal.

Sisa Makanan dan Cairan

Saat berkendara dengan waktu tempuh yang panjang, membeli stok makanan ringan dan minuman kemasan adalah hal paling lumrah dilakukan. Keduanya seolah menjadi menu utama saat berkendara dan sering di beli karena praktis. Karena kebanyakan tekstur makanan ringan itu mudah hancur saat hendak dimakan, remah-remahannya secara tidak sadar jatuh dan bisa tertinggal di sela-sela bangku. Untuk membersihkannya menggunakan vacuum cleaner adalah hal yang paling ideal. Selain pemakaiannya praktis juga menghemat waktu pengerjaan. Menariknya alat tersebut juga tersedia dalam bentuk portable dan berukuran compact.

>>> Semua tips perawatan mobil paling akurat hanya ada di sini

Gunakan vacuum cleaner untuk membersihkan kotoran yang berada di kolong jok mobil

Vacuum cleaner bisa mengoptimalkan kebersihan kabin mobil 

Sedangkan untuk kotoran cairan, ini terjadi biasanya ketika Anda menaruh minuman kemasan kaleng atau yang menggunakan sedotan. Meski sudah diletakan di tempat semestinya yaitu cup holder, karena tidak mempunyai tutup tetap saja cairan mudah keluar saat mobil berguncang. Anda bisa membersihkannya dengan kain chamois atau microfiber sebagai langkah awal. Namun jika itu tertumpah pada jok mobil karena ulah buah hati yang masih kecil, Anda bisa tambahkan aksi menyemprot pembersih khusus jok agar kebersihan kabin mobil lebih optimal. Sebaiknya jangan di semprot secara lansung pada bagian jok, tapi di kain microfiber  atau busa terlebih dahulu, kemudian menyeka permukan jok yang terkena tumpahan.

Koin

Koin memang tidak menyebabkan kotor atau bau, tapi tercecernya koin di sela-sela jok ataupun konsol tengah membuat kabin jadi tidak apik. Jika mobil Anda belum dilengkapi kompertamen khusus untuk menyimpan koin, Anda bisa menyiasatinya menggunakan coin holder. Nilai lebih dar aksesori ini adalah pertama koin akan lebih mudah di jangkau, dan yang kedua mata pecahan koin juga tersusun dengan baik. Sehingga akan mudah ketika ingin membayar uang parkir atau keperluan lain.

>>> Ingin membeli mobil baru, ikuti daftar harga yang ditawarkan oleh Cintamobil.com di sini

Sikat gigi bekas menjadi alat sederhana untuk membersihkan kabin mobil

Gunakan sikat gigi bekas untuk membersihkan kotoran pada sela jok mobil

Sampah

Untuk mencegah sampah plastik atau kertas masuk ke kolong jok mobil, menyediakan tempat sampah berukuran kecil merupakan solusi terbaik untuk kebersihan kabin mobil. Menggunakan kantung plastik sebenarnya bisa saja dilakukan, tapi tidak menutup kemungkinan untuk terselip juga jika isi kantung berupa sampah plastik. Bisa saja menjadi kempis dan berpindah tempat oleh gerak tubuh yang tanpa disadari.

Daun

Walaupun jarang terjadi dan sangat kecil kemungkinannya, daun bisa saja bersarang di sela-sela pintu meskipun tidak sampai masuk ke dalam kabin. Itu terjadi jika sering memarkirkan mobil di area terbuka yang dekat dengan pepohonan hingga waktu harian. Bila berada di area yang cukup sulit, Anda bisa memanfaatkan kuas berukuran kecil untuk menyapu daun untuk menajaga kebersihan kabin mobil. Cara lain Anda bisa menyemprotkan udara bertekanan tinggi sekaligus, sehingga tidak hanya daun namun debu ringan yang menempel juga ikut hilang.

>>> Tips terlengkap seputar mobil bisa ditemukan di Cintamobil

Share this post:

Berita lain

Kabin Lebih Sehat, Begini Cara Kerja Teknologi Pembersih Udara Kabin

28/01/2019

Pengemudian

Teknologi ini memang belum populer tapi sudah mulai banyak digunakan oleh pabrikan otomotif. Berkat teknologi ini maka kabin mobil Anda bisa lebih sehat. Berikut cara kerja teknologi pembersih udara kabin.

Lihat juga

Untuk Menjaga Kenyamanan, Berikut 5 Tips Mengatasi Aroma Tidak Sedap Pada Kabin

28/09/2018

Pengemudian

Kebersihan kabin kendaraan merupakan salah satu faktor dalam meningkatkan kenyamanan berkendara, salah satunya dengan menjaga kabin memiliki aroma tidak sedap.

Lihat juga

Tips Menghilangkan Bau Bensin Di Kabin Mobil

Kopi, baking soda, cuka apel, sabun cair pencuci piring bisa atasi bau bensin di dalam kabin.

Lihat juga

Suka Membawa Hewan Peliharaan Dalam Mobil? Simak Tips Membersihkan Kotoran Hewan di Mobil

Mempunyai binatang peliharaan seperti anjing atau kucing sangat menyenangkan. Khusus untuk anjing yang merupakan hewan paling setia dengan manusia membuat Anda akan sayang untuk meninggalkannya sendirian di rumah. Simak tips membawa hewan peliharaan di mobil.

Lihat juga

Kabin Mobil Kurang Dingin? Begini Tips Menjaga Kondisi AC Mobil Tetap Normal

Menjaga AC agar tetap dalam kondisi normal dan membuat kabin nyaman ternyata cukup mudah. Tidak perlu dibawa ke bengkel khusus, Anda bisa merawatnya dengan melakukannya sendiri.

Lihat juga