Hati-hati Insulator Busi Retak Akibat Asal Pasang

27/10/2020

Perawatan dan service

5 menit

Share this post:
Hati-hati Insulator Busi Retak Akibat Asal Pasang
Jika insulator busi retak maka proses kerja busi untuk memercikkan daya listrik yang dibutuhkan sata proses pembakaran di ruang mesin tidak sempurna. Akibatnya proses pembakaran tidak sempurna, bahkan mobil bisa mogok.

Busi pada kendaraan berfungsi untuk membantu proses pembakaran di ruang mesin. Busi akan memercikkan daya listrik yang dibutuhkan untuk proses pembakaran. Karena itulah busi diciptakan untuk bisa bertahan pada suhu panas yang ekstrim secara berulang. Dan salah satu komponen dibagian busi yang bisa menahan suhu panas ini dinamakan insulator.

Komponen tersebut umumnya terbuat dari bahan keramik alumina dengan proses pembuatan yang presisi dan kompleks. Ini bertujuan agar insulator memiliki sifat getas dan sangat keras sehingga mampu mengisolasi terhadap proses perubahan suhu yang cepat akibat apsokan daya listrik yang kuat saat busi memercikkan listrik untuk membantu proses pembakaran di ruang mesin.

Namun ternyata ada risiko insulator busi retak yang bisa membuat kinerja busi tersebut menjadi tidak optimal atau bahkan rusak. Kalau sudah seperti ini, tentunya proses pembakaran di ruang mesin juga ikut terganggu, bahkan mesin bisa saja menjadi tidak mampu bekerja.

>>> NGK LKAR6AGP, Busi Murah Buat Mobil Toyota dan Daihatsu

Penyebab Insulator Busi Retak

Insulator busi NGK

Insulator busi NGK terbuat dari keramik alumina yang sangat kuat

Dikutip dari keterangan resmi NGK Busi, Selasa (27/10/2020), untuk setiap busi yang diproduksi NGK, bagian insulatornya dibuat di Jepang. Walau demikian tetap ada risiko yang bisa menyebabkan bagian insulator pada busi menjadi retak atau bahkan mungkin sampai pecah.

Setidaknya ada dua penyebab retaknya insulator pada busi, yakni busi terbentur dengan amat keras oleh benda yang memiliki material lebih kuat dari bahan pembuat insulator. Atau bisa juga karena proses pemasangan busi ke ruang mesin yang tidak tepat dan menggunakan sembarang kunci busi.

>>> Jangan Panik, Lakukan Ini Ketika Mobil Mogok di Jalan Tol

Akibatnya Jika Insulator Pada Busi Rusak

Pemasangan Busi Tidak Tepat

Hati-hati saat pemasangan busi

>>> Review All New Toyota Rush G 2019: Medium SUV Keluarga Teraman di Tanah Air

Tentunya jika sudah rusak, maka insulator tidak bisa lagi berfungsi menahan tegangan listrik tinggi yang dialirkan koil ke elektroda pusat busi. Kondisi bocornya arus listrik pada busi ini membuat aliran daya listrik yang diperlukan untuk memercikkan busi menjadi tidak optimal. Tentu hal tersebut berujung dapat memicu terjadinya misfire atau proses pembakaran yang tidak sempurna di ruang bakar bahkan dapat juga mengakibatkan mesin gagal start.

Untuk menghindari insulator busi retak tentunya ada beberapa hal yang perlu diperhatikan utamanya saat proses pemasangan busi tersebut ke mesin:

  1. Busi harus dipasang secara hati-hati ke mesin;
  2. Lakukan pula proses handling dan pemasangan busi yang tepat;
  3. Gunakanlah kunci busi bermagnet;
  4. Jika pemasangan busi cukup sulit, gunakan extension baru yang paling pendek agar busi menempel sempurna;
  5. Pastikan pemasangan busi tidak miring atau selip yang mengakibatkan insulator rusak.
Share this post:
Prasetyo Adhi
Sudah menulis di media online sejak 2009, Pras sangat berpengalaman di bidang otomotif. Pria penggemar mobil modifikasi ini sudah mencicipi berbagai jenis mobil, mulai LCGC hingga Hypercar. Pras menjadi anggota tim redaksi Cintamobil.com sejak 2019.
 
back to top