Hati-hati, Ini Dampak Buruk Memakai Ban Aus

30/07/2019

Perawatan dan service

2 menit

Salah satu komponen penting pada mobil adalah ban. Sebagai komponen yang bersentuhan langsung dengan jalan, kondisi ban harus rutin dipantai. Sayangnya masih ada yang menganggap sepele kondisi ban dianggap masih bisa digunakan. Padahal ada dampak buruk memakai ban sudah aus.

Salah satu ciri ban telah aus ialah bentuk alur ban juga akan menipis. Apabila alur pada permukaan ban ini hilang (habis) maka pada saat kendaraan melintasi jalanan yang tergenang air,  dapat mengakibatkan terjadi efek hydroplanning atau aquaplaning sebagai dampak buruk memakai ban aus.

>>> Banyak pilihan mobil bekas berkualitas disini

Hydroplanning atau aquaplaning artinya suatu kondisi dimana ban akan mengambang pada permukaan air sehingga gaya cengkram ban terhadap jalan semakin kecil. Gaya cengkram ban terhadap jalan yang semakin kecil ini akan membuat kendaraan akan lebih sulit dikendalikan dan dapat membahayakan pengendara atau orang lain.

Ban yang sudah aus dan baru

Daya cengkeram ban yang sudah aus berkurang dan berbahaya

Ban yang telah mengalami keausan berlebihan juga akan memungkinkan bagian carcass (bagian rangka yang keras) pada ban menjadi rusak. Apabila tread telah aus maka bagian carcass akan sangat mudah rusak karena akan berkemungkinan bersinggungan langsung terhadap jalan. Carcass yang rusak akan membuat ban dapat pecah ketika ban digunakan dan menjadi dampak buruk memakai ban aus.

>>> Tips Merawat Ban Mobil

Ban pecah saat digunakan berjalan tentunya akan sangat membahayakan baik untuk pengendara atau orang lain. Oleh sebab itu, untuk menghindari terjadinya resiko kecelakaan saat berkendara yang disebabkan oleh ban maka sebaiknya pada saat akan berkendara perhatikan kondisi ban Anda dari kemungkinan telah aus berlebihan dengan melihat indikator keausan ban atau TWI. Bila ban telah aus (permukaan ban sudah mencapai TWI) maka gantilah ban Anda dengan yang baru.

Kenali ban aus dengan tanda TWI

TWI (Tread Wear Indicator) menjadi acuan apakah ban sudah aus atau belum

Hindari penggunaan ban vulkanisir atau ban bekas karena hal ini dapat membuat ban menjadi tidak seimbang (balance) dan dapat mengakibatkan ketika kendaraan digunakan pada kecepatan tinggi akan membuat setir bergetar. Jadi bila Anda sudah menemui ban menyentuh TWI, siap-siap untuk ganti ban yang baru ya. Semoga bermanfaat artikel dari dampak buruk memakai ban aus dan hati-hati di jalan.

>>> Tips & trik lain bisa dibaca disini

 
back to top