Hati-hati, Ini Dampak Buruk Memakai Ban Aus

30/07/2019

Perawatan dan service

2 menit

Share this post:
Hati-hati, Ini Dampak Buruk Memakai Ban Aus
Salah satu komponen penting pada mobil adalah ban. Sebagai komponen yang bersentuhan langsung dengan jalan, kondisi ban harus rutin dipantai. Sayangnya masih ada yang menganggap sepele kondisi ban dianggap masih bisa digunakan. Padahal ada dampak buruk memakai ban sudah aus.

Salah satu ciri ban telah aus ialah bentuk alur ban juga akan menipis. Apabila alur pada permukaan ban ini hilang (habis) maka pada saat kendaraan melintasi jalanan yang tergenang air,  dapat mengakibatkan terjadi efek hydroplanning atau aquaplaning sebagai dampak buruk memakai ban aus.

>>> Banyak pilihan mobil bekas berkualitas disini

Hydroplanning atau aquaplaning artinya suatu kondisi dimana ban akan mengambang pada permukaan air sehingga gaya cengkram ban terhadap jalan semakin kecil. Gaya cengkram ban terhadap jalan yang semakin kecil ini akan membuat kendaraan akan lebih sulit dikendalikan dan dapat membahayakan pengendara atau orang lain.

Ban yang sudah aus dan baru

Daya cengkeram ban yang sudah aus berkurang dan berbahaya

Ban yang telah mengalami keausan berlebihan juga akan memungkinkan bagian carcass (bagian rangka yang keras) pada ban menjadi rusak. Apabila tread telah aus maka bagian carcass akan sangat mudah rusak karena akan berkemungkinan bersinggungan langsung terhadap jalan. Carcass yang rusak akan membuat ban dapat pecah ketika ban digunakan dan menjadi dampak buruk memakai ban aus.

>>> Tips Merawat Ban Mobil

Ban pecah saat digunakan berjalan tentunya akan sangat membahayakan baik untuk pengendara atau orang lain. Oleh sebab itu, untuk menghindari terjadinya resiko kecelakaan saat berkendara yang disebabkan oleh ban maka sebaiknya pada saat akan berkendara perhatikan kondisi ban Anda dari kemungkinan telah aus berlebihan dengan melihat indikator keausan ban atau TWI. Bila ban telah aus (permukaan ban sudah mencapai TWI) maka gantilah ban Anda dengan yang baru.

Kenali ban aus dengan tanda TWI

TWI (Tread Wear Indicator) menjadi acuan apakah ban sudah aus atau belum

Hindari penggunaan ban vulkanisir atau ban bekas karena hal ini dapat membuat ban menjadi tidak seimbang (balance) dan dapat mengakibatkan ketika kendaraan digunakan pada kecepatan tinggi akan membuat setir bergetar. Jadi bila Anda sudah menemui ban menyentuh TWI, siap-siap untuk ganti ban yang baru ya. Semoga bermanfaat artikel dari dampak buruk memakai ban aus dan hati-hati di jalan.

>>> Tips & trik lain bisa dibaca disini

Share this post:

Berita lain

Jadi Makin Pede Dengan Modifikasi, Ini Harga Ban Dan Velg Mobil Toyota New Fortuner

26/07/2019

Jual beli

8 menit

Kegiatan modifikasi memang cukup digemari oleh masyarakat Tanah Air. Selain memberi tampilan eksterior semakin garang, modifikasi juga dilakukan untuk menambah sensasi berkendara lebih nyaman. Sama halnya seperti Toyota New Fortuner yang punya bodi besar akan terasa lebih maskulin apabila menggunakan ban serta Velg yang besar pula. Berikut harga ban dan Velg mobil Toyota New Fortuner.

Lihat juga

Berkelas Dan Penuh Fitur, Harga Honda HR-V Bekas Surabaya Dibanderol Super Terjangkau

18/07/2019

Jual beli

5 menit

Mobil Crossover besutan Honda yakni HR-V, memang sangatlah layak untuk dijadikan kendaraan sehari-hari. Selain karena desainnya yang Eye Catching, Honda HR-V juga sudah dilengkapi performa mesin sekelas 1.5 Liter atau 1.8 Liter, sesuai pilihan Anda. Berkendara dalam kota maupun luar kota, terjawab dengan mudah lewat kelihaiannya. Pssst, ada info menarik seputar harga Honda HR-V bekas Surabaya, dijual super terjangkau.

Lihat juga

3 Cara Menyimpan Ban Mobil Biar Awet

15/07/2019

Perawatan dan service

4 menit

Banyak pemilik mobil yang salah dan tidak mengetahui cara penyimpan ban mobil di rumah. Padahal jika disimpan dengan baik dan benar, ban tetap bisa dipakai hingga lima tahun lho... Yuk perhatikan caranya!

Lihat juga

Ban Mobil Benjol, Apa Sih Penyebabnya?

05/07/2019

Perawatan dan service

4 menit

Ban mobil benjol bukan tanpa sebab, bahkan sering kali kondisi kerusakan pada ban ini akibat perilaku perawatan dan berkendara si pemilik mobil itu sendiri. Mau tau apa saja penyebabnya?

Lihat juga

Berapa Sih Tekanan Angin Ban Mobil Anda?

14/05/2019

Perawatan dan service

6 menit

Mengetahui angka tekanan angin ban mobil sebenarnya sangatlah mudah, yakni bisa melihat melalui buku petunjuk manual kendaraan tersebut atau pada plat informasi tekanan angin ban. Plat informasi tekanan angin ini berada di balik pintu pengemudi.

Lihat juga
 
back to top