Hati-Hati, Empat Hal Ini Dapat Memicu Karat Mobil

12/12/2019

Perawatan dan service

4 menit

Hati-Hati, Empat Hal Ini Dapat Memicu Karat Mobil
Karat mobil, mendengar kalimat ini saja Anda tentu was-was apalagi jika hal tersebut mulai menggerogoti bodi mobil Anda secara perlahan. Tentu Anda ingin tahu apa yang memicu karat muncul di mobil Anda, memangnya apa saja sih?

Meski teknologi mobil terus berkembang baik secara fitur, safety, dan performa, tetap saja besi dan baja yang jadi bagian utama sasis mobil tidak berkutik melawan karat mobil.

Karat yang sudah menjalar ke bodi mobil

Karat dapat menimbulkan bodi mobil keropos

Memang, pabrikan sudah mengatasi hal tersebut dengan mencelupkan sasis dan bodi mobil dalam lapisan Anti karat atau sejenisnya, namun seperti bertarung melawan alam, pada akhirnya karat-karat tersebut muncul seiring berjalannya waktu.

>>> Cat mobil tetap kinclong meski terkena hujan dan panas? Bisa kok

Karat mobil memang sesuatu yang tidak bisa dihindari, dan akan datang sendirinya seiring umur mobil yang semakin tua. Namun, dengan memahami hal yang dapat memicu karat Anda bisa lebih berhati-hati saat merawat mobil kesayangan Anda.

Untuk lebih jelasnya, simak empat hal penyebab karat di bodi mobil di bawah ini:

1. Air laut

Jeep Wrangler berjalan di tepi pantai

Kandungan garam pada air laut dapat memicu karat

Kandungan mineral berupa garam merupakan katalis yang sangat ampuh dalam mempercepat proses tumbuhnya karat mobil. Makanya, mobil yang beroperasi dekat dengan laut seperti di wilayah Jakarta Utara punya risiko terkena karat lebih besar. Belum lagi udara di sekitar pantai punya tingkat kelembaban yang tinggi yang mempermudah terpicunya karat di bodi mobil.

2. Air hujan

Sebuah mobil sedang menerobos hujan

Meski tidak seperti air laut, air hujan juga punya sifat korosif

Air hujan kandungan garamnya tidak setinggi air laut, tapi kandungan mineral lain di air hujan juga tinggi. Mineral punya sifat korosif dan perlahan mengikis lapisan permukaan cat.  Dan jangan lupa, hujan di daerah perkotaan yang polutif punya tingkat keasaman yang tinggi. Saat bersinergi dengan udara lembab, potensi karat mobil berkembang kian besar.

>>> Lihat mobil pilihan kami di sini yuk

Karena malas atau belum ada waktu, bodi mobil yang basah akibat hujan tidak segera dikeringkan. Padahal ini membuat tingkat kelembaban jadi tinggi dan lingkungan seperti ini sangat disukai oleh karat.

3. Kotoran

Kondisi kolong mobil yang sudah dipenuhi karat

Kotoran yang menumpuk dan jarang dibersihkan merupakan salah satu pemicu karat

Kotoran yang menempel di bodi mobil tidak bisa dihindarkan. Area kolong menjadi bagian yang paling sulit dibersihkan. Campuran antara air dan mineral yang ada di dalam kotoran merupakan makanan empuk dan menjadi penyebab timbulnya karat di bodi mobil .

>>> Bagaimana cara memeriksa orisinalitas cat mobil?

Selain itu, kotoran yang mengeras relatif sulit untuk dibersihkan karena saat dibersihkan akan mengikis permukaan cat. Inilah pintu masuk terjadinya proses korosi yang menimbulkan karat.

4. Baret atau bekas kecelakaan

Mobil baret bekas kecelakaan

Jangan salah, baret mobil juga bisa jadi pintu masuk bagi karat

Kesannya sepele, tapi baret atau bekas kecelakaan bodi mobil bisa jadi penyebab timbulnya karat di bodi mobil. Ibarat luka di kulit manusia, ini jadi pintu masuk bagi proses oksidasi di permukaan baja bodi mobil yang kehilangan lapisan pelindung.

Karat mobil memang tak bisa dihindari, dan akan muncul seiring berjalannya waktu. Namun dengan pemeliharaan yang baik pada bodi mobil, kemunculan karat mobil dapat ditanggulangi. Untuk tips & trik lainnya bisa Anda lihat pada link di bawah ini.

>>> Tips & trik Cintamobil.com

Bergabung di Cintamobil sejak 2019, Derry adalah seorang penyuka kecepatan tulen. Pengalaman di salah satu situs motorsport global membuatnya khatam soal dunia balap. Masih mengejar gelar Sarjana, Derry juga sering memacu adernalin dengan go-kart.
 
back to top