Hati-hati, Celana Anda Bisa Merusak Jok Kulit Mobil

Hati-hati, Celana Anda Bisa Merusak Jok Kulit Mobil
Menggunakan pakaian yang nyaman akan membuat mengemudi lebih fokus. Namun harus diwaspadai, ada beberapa jenis celana yang justru bisa merusak jok kulit mobil Anda.

Ada banyak faktor yang membuat aktivitas mengemudi lebih nyaman, salah satunya adalah pakaian yang digunakan. Terlebih saat Anda melakukan perjalanan jauh keluar kota. Pakaian yang nyaman bisa membuat perjalanan lebih menyenangkan dan tidak cepat lelah. Namun salah pemilihan pakaian justru bisa merusaj jok mobil Anda, khususnya jok kulit.

>>> Baca juga, Tips yang Perlu Diperhatikan untuk Merawat Jok Kulit

Menurut Jiwandana Nugraha, Owner JPAuto24 Body Repair and Detailing di kawasan Depok, Jawa Barat.ada beberapa jenis kain dan bahan celana yang bisa mempercepat kerusakan pada jok kulit. Salah satunya adalah bahan jeans yang mempunyai kanicng belakang. Akibat gesekan kancing dengan jok akan membuat baret sehingga merusak penampilan dan lebih parah bisa merobek jok kulit itu sendiri.

Posisi kancing di belakang celana bisa merusak jok

Kerap terabaikan, posisi kancing di celana belakang ternyata berpotensi merusak jok kulit

“Celana bahan jeans khususnya yang punya kancing belakang cenderung memberi gesekan pada jok. Akibatnya jok akan baret terlebih bila tidak diaplikasikan conditioner,” ujar pria yang akrab disapa Nugi tersebut. Selain itu celana jeans memakai pewarna pakaian bisa mengakibatkan dye transfer karena kualitas yang pewarna celana yang kurang baik. Meskipun pewarna pakaian ini bisa juga terdapat pada celana bahan kain bukan hanya jeans.

>>> Dapatkan berbagai informasi tips perawatan mobil hanya di sini

Efek yang ditimbulkan pada dye transfer dari celana ke jok kulit ini akan merusak penampilan khususnya untuk jok berwarna cerah seperti beige misalnya. Nugi merekomendasikan untuk pemilik mobil dengan jok berbahan kulit untuk mengaplikasikan conditioner secara rutin. Hal ini dilakukan untuk meminimalisir hal-hal tersebut.

Jok kulit terkena lunturan pewarna celana

Pewarna pakaian pada celana bisa luntur ke jok kulit berwarna cerah

Pastikan ketika mengemudi, celana Anda tidak terlalu banyak kancing atau klip yang bisa merusak penampilan jok. Kalaupun terpaksa harus menggunakan celana tersebut, Anda harus lebih berhati-hati saat duduk atau berdiri agar meminimalisir gesekan antara kancing dengan jok kulit. Jangan sampai Anda harus mengeluarkan biaya penggantian jok kulit hanya karena kesalahan pakaian.

>>> Baca juga tips dan trik lainnya hanya di Cintamobil.com

 
back to top