Hati-hati, Ada Risiko Hidupkan AC Saat Mesin Mati

17/09/2019
Pada beberapa jenis mobil, pendingin udara kabin (AC) bisa diaktifkan tanpa perlu menyalakan mesin. Saat posisi kunci sudah di 'On', Anda juga bisa langsung menyalakan AC hanya dengan menekan tombol pengaturnya. Tapi hati-hati, ada risiko yang harus Anda tanggung ketika hidupkan AC saat mesin mati.

Teknologi menghidupkan AC tanpa perlu menyalakan mesin sudah banyak dijumpai pad mobil-mobil modern. Cara ini dianggap bisa ‘mengutungkan’ pemilik mobil karena mengirit bahan bakar bensin. Tapi ternyata bila terlalu sering menggunakan cara ini bisa berakibat buruk kondisi mobil Anda.

Pengemudi menyalakan AC mobil

Nyalakan AC setelah mesin menyala agar komponen tetap terawat

Disarankan untuk setiap pemilik mobil menyalakan AC setelah mesin menyala atau dalam keadaan iddle. Menyalakan AC sebelum mengemudi memang membuat kabin terasa nyaman, terlebih saat mobil diparkir di ruang terbuka. Namun, saat AC mobil menyala tetapi mesin tidak menyala, berpotensi merusak kompresornya.

>>> Baca juga: Menjaga Tetap Sejuk, Berapa Kilometer Ideal Servis AC Mobil?

Akan ada efek yang merugikan baik pada mesin mobil dan khususnya kompresor AC. Hal ini karena posisi saat mesin mobil menyala kondisinya belum stabil, ditambah lagi harus menggerakkan kompresor AC, maka akan lebih berat kerjanya.

Pengemudi sedang menghidupkan atau starter mobil

Pastikan mesin dalam keadaan hidup saat AC dinyalakan

Selain itu, kebiasaan menghidupkan AC dengan mesin mati akan membuat aki mobil boros dan berisiko susah starter mesin dalam jangka panjang. Hal ini karena aki belum dapat suplai dari alternator tetapi sudah terpakai pada motor blower AC. Sehingga bisa berakibat susahnya menghidupkan atau starter mesin mobil.

>>> Klik di sini untuk membaca tips & trik lainnya

Mahmudi Restyanto

Ulasan anda

Apakah artikel ini bermanfaat untuk Anda?
0

berita lain